www.halloriau.com


Ekonomi
BREAKING NEWS :
Jelang Iduladha, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Jamin Stok LPG Aman di Riau
 
136 Desa di Bengkalis Implementasikan Siskeudes-Link Lewat CMS BRK Syariah
Jumat, 03 Mei 2024 - 17:50:39 WIB

PEKANBARU – PT Bank Riau Kepri (BRK) Syariah (Perseroda) mendukung sepenuhnya aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) melalui Cash Manajemen Sistem (CMS) BRK Syariah.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bengkalis, tercatat 136 desa akan mengimplementasikan Siskeudes-Link CMS BRK Syariah ini.

Itu disampaikan Bupati Bengkalis Kasmarni melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Andris Wasono. Ia hadir di acara penandatangan perjanjian kerja sama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis dengan Bank Riau Kepri Syariah Cabang Bengkalis di ruangan Syariah Digital Centre Menara Dang Merdu, Jumat (3/5/2024).

“Dukungan seperti ini tentunya menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami pemerintah daerah, sebagai wujud partisipasi BRK Syariah. Guna memberikan kemudahan kepada pemerintah desa dalam bertransaksi," kata Andris.

"Agar pencatatan penerimaan dan belanja dalam APBDesa menjadi lebih tepat dan akurat, serta terciptanya pengelolaan anggaran yang lebih efisien sehingga dapat memberikan keamanan data maupun transparansi transaksi dana DD dan ADD,” sambungnya.

Selanjutnya, melalui pertemuan dalam agenda Perjanjian kerjasama terkait dengan mekanisme pelaksanaan transaksi non tunai, Andris menyampaikan harapan Bupati Bengkalis agar BRK Syariah dapat memperluaskan layanannya, terutama dengan memperbanyak layanan ATM, Mobile ATM atau bahkan pembukaan Kedai BRK Syariah di desa-desa dalam wilayah Kabupaten Bengkalis.

“Ini menjadi kebutuhan yang penting saat ini karena kedepannya, untuk pembayaran gaji dan tunjangan perangkat desa maupun BPD di Kabupaten Bengkalis tidak lagi menggunakan uang kartal melainkan melalui transfer atau CMS BRKS,” kata Andris.

Ia juga meminta Dinas PMD untuk terus melakukan tindakan preventif dan akuntabilitas agar desa dapat mengelola anggaran desanya dengan lebih baik, terukur, tepat sasaran dan akuntabel.

Masih dalam kesempatan yang sama, Pemimpin Divisi Dana dan Digital Banking BRK Syariah, Imran mengatakan perjalanan Siskeudes ini cukup panjang dan BRK Syariah percaya oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengelola Siskudes wilayah Riau dan Kepulauan Riau.

Di mana Kabupaten Bengkalis juga mendapat amanah dari Kemendagri sebagai Pilot Projek dalam Implementasi Siskeudes-Link ini.

“Selama tahun 2023 proses awal itu banyak Kabupaten yang minta didahulukan seperti Kampar, Air Molek sudah siap untuk implementasi Siskeudes ini. Tapi dari Kemendagri Kabupaten Bengkalis dan Lingga Ditunjuk sebagai pilot projek,” kata Imran.

Dengan adanya Siskuedes ini, lanjut Imran, tidak hanya dapat mempermudah dari siss Perdes nya saja, tetapi dari sisi Ekspektoratnya akan lebih mudah melakukan pengecekan penggunaan anggaran desanya. Sehingga pejabat di PMD sedikit lebih tenang, karena minimnya resiko kecurangan dalam penggunaan anggaran.

“Saya melihat di Bengkalis masing-masing desa punya Bumdes, renacannya akan kita bekali dengan agen. Ini merupakan perpanjangan layanan bank hingga ke pelosok. Kami sedang mengadakan 1275 EDC terbaru yang sedang dalam proses, EDC ini akan disebar di Desa-desa. Sehingga nasabah bisa transaksi di sana, sedangkan untuk penambahan mesin ATM, BM Bengkalis dapat mengajukan ke Umum,” kata Imran.

Hadir juga dalam acara tersebut Plt. Kadis PMD Ismail dan beberapa Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama serta Pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Branch Manajer BRK Syariah Cabang Bengkalis, Badraini serta perwakilan Desa di Kabupaten Bengkalis. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi stok LPG di Riau aman (foto/int)Jelang Iduladha, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Jamin Stok LPG Aman di Riau
Puluhan anggota HMI Cabang Pekanbaru gelar aksi unjuk rasa di DPRD Riau, Jumat (14/6/2024) (foto:rinai/halloriau) HMI Pekanbaru Gelar Aksi Tolak Tapera di DPRD Riau
Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto resmikan Cafetaria Harmoni (foto/Andi)Kapolres Pelalawan Resmikan Harmoni Center, Inovasi Kantin Menjadi Cafetaria Modern
  Pasangan bacalon bupati dan wakil bupati Bengkalis, Khairul Umam-Indra Gunawan Eet sambangi DPW PKS Riau, Jumat (14/6/2024) (foto:ist) Pasangan Khairul Umam-Indra Gunawan Eet Pastikan Maju Pilkada Bengkalis
Hadirkan Ragam Perlombaan, Capella Honda Tampilkan Matic Premium (foto/ist)Ada Banyak Perlombaan, Capella Honda Tampilkan Matic Premium untuk Konsumen Pekanbaru
Surat Rekomendasi DPP Hanura, buat Darnil mantap menuju Pilkada Pekanbaru 2024 (foto/ist)Sah! Darnil Terima Dukungan Penuh DPP Hanura Maju Pilkada Pekanbaru 2024
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Pj Gubri SF Hariyanto Resmikan Jembatan Desa Rantau Kasih
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved