www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Harga CPO Naik, Indonesia dan Malaysia Lawan Kampanye Hitam Sawit
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pemkab Bengkalis Sambut Positif Peluncuran Peta Mangrove 2021
Rabu, 13 Oktober 2021 - 18:58:55 WIB
Peluncuran peta mangrove secara virtual.
Peluncuran peta mangrove secara virtual.

BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyambut positif peluncuran peta mangrove nasional tahun 2021. Dengan adanya peta tersebut, maka bisa menjadi acuan kondisi awal dalam pengambilan kebijakan terhadap ekosistem mangrove secara efektif dan efisien.

Hal itu itu disampaikan Bupati Bengkalis melalui Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Alfakhrurrazy usai menghadiri acara peluncuran peta mangrove nasional tahun 2021 yang berlangsung secara virtual, Rabu (13/10/2021).

"Apalagi di Kabupaten Bengkalis sendiri menjadi salah satu lokasi terluas target rehabilitasi kawasan pesisir yang masuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mangrove 2020-2021 di Provinsi Riau, dengan luas mencapai 1.292 ha,” ujar pria yang akrab disapa Razy tersebut.

Acara peluncuran peta mangrove nasional tahun 2021 digelar di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk, Jalan Garden House, Kamal Muara, Jakarta Utara, Rabu (13/10/2021). Dalam acara ini hadir pula Menko Marves Luhut Pandjaitan sekaligus meluncurkan secara resmi Peta Mangrove Nasional 2021. Kemudian turut hadir Menteri LHK Siti Nurbaya, dan sejumlah perwakilan dari Badan Restorasi Gambut, Kementerian Kelautan dan Perikanan, BRIN, serta Badan Informasi Geospasial.

Sementara dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis, selain Alfakhrurrazy, turut hadir Sekretaris Bappeda Bengkalis Rinto, Kepala Bidang Tata Lingkungan DLH Bengkalis Zulkifli, dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Rati Jusliyanti. Pemkab Bengkalis menghadiri peluncuran peta mangrove nasional tahun 2021 secara virtual ini di ruang rapat Bappeda Bengkalis.

Dalam peluncuran tersebut, Luhut meminta semua pihak saling bekerja sama untuk melakukan rehabilitasi mangrove di Indonesia. Dia berharap semua pihak yang terlibat mulai dari pemerintah hingga ahli bekerja terpadu agar manfaat dari menanam mangrove di pantai di Indonesia bisa dirasakan.

Sebelumnya, Plt Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (PDASRH) KLHK, Helmi Basalamah selaku ketua panitia pelaksana melaporkan, peta mangrove nasional 2021 disusun KLHK bersama Badan Restorasi Gambut, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Informasi Geospasial, BRIN yang didukung Kemenko Marves.
Penyusunan peta mangrove telah disusun secara bertahap sejak tahun 2013 dimulai Pulau Jawa, Sumatera hingga Papua pada tahun 2019.

Dikatakan, hasil peta mangrove nasional 2021 adalah memetakan mangrove existing dengan 3 kelas mangrove yaitu mangrove jarang, mangrove sedang, dan mangrove lebat. Kemudian Peta Mangrove Nasional kali ini terdapat potensi habitat mangrove yang merupakan informasi tambahan yang secara karakteristik sesuai untuk tumbuh mangrove.

Adapun mangrove lebat luasnya 3,1 juta hektar, mangrove sedang  luasnya 188 ribu hektar, dan mangrove jarang seluas 54 ribu hektar. Adapun luas potensi habitat mangrove yaitu lahan yang  secara karakteristik sesuai dengan habitat mangrove namun kondisi saat ini tidak terdapat vegetasi mangrove  mencapai 756 ribu hektar. Salah satunya adalah tambak seluas 631 ribu hektar lebih atau sekitar 85 persen dari lahan potensi habitat mangrove.

Penulis: Zulkarnaen
Editor: Rico




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
IlustrasiHarga CPO Naik, Indonesia dan Malaysia Lawan Kampanye Hitam Sawit
IlustrasiLahan Tol Pekanbaru - Bangkinang yang Belum Dibebaskan Tinggal 750 M
Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut AMSI Nilai Hoaks Pengaruhi Tingkat Kepercayaan Publik terhadap Media Massa
Kadisparekraf Provinsi Riau Roni RakhmatKadisparekraf Riau Berharap Ekonomi Masyarakat Bangkit dengan Hadirnya Desa Wisata
IlustrasiRealisasi Transfer Dana Desa Se-Riau Capai Rp15,96 Triliun
  IlustrasiPolisi Diduga Kriminalisasi Petani, Koalisi Desak Kapolres Kampar Dicopot
Adi Putra terpilih secara aklamasi sebagai ketua PWI Kabupaten Bengkalis dalam Konferkab V, periode 2021 - 2024.Adi Putra Terpilih Jadi Ketua PWI Bengkalis
IlustrasiSebaran Corona di Indonesia 23 Oktober: Riau Cuma Tambah 9 Kasus
Jonatan ChristieAnthony Ginting dan Jonatan Christie Mundur dari French Open 2021, Ini Penyebabnya
IlustrasiKapolsek yang Perkosa Anak Tersangka Akhirnya Dipecat!
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penyambungan Pipa Proyek IPAL di Simpang Jl Teratai-Jl Ahmad Dahlan
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved