www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur Akhir 2021: Ada Avanza hingga Xpander
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Hasil Asesmen Situasi Covid-19, Bengkalis Susul Pekanbaru
Sabtu, 31 Juli 2021 - 17:12:04 WIB
Hasil asesmen situasi Covid-19 Kabupaten/Kota di Riau per 30 Juli 2021
Hasil asesmen situasi Covid-19 Kabupaten/Kota di Riau per 30 Juli 2021

BENGKALIS – Hasil asesmen situasi Covid-19 yang dilakukan Kementerian Kesehatan per 30 Juli 2021, Kabupaten Bengkalis menyusul Pekanbaru, berada pada tingkat 4. Hasil ini mengacu kepada  beberapa indikator asesmen yang berlaku secara nasional.

Sebagaimana terpampang di website Kemkes RI, dengan URL https://vaksin.kemkes.go.id/#/sckab, per 30 Juli 2021, asemen situasi Covid-19 di Kabupaten Bengkalis meningkat berada pada Tingkat 4. Penetapan ini berdasarkan kepada beberapa hasil penilaian sejumlah indikator yaitu TK Kasus Konfirmasi 4, TK Pasien Rawat Inap RS  3, TK Kematian 3, Transmisi Komunitas 4, TK Testing Terbatas, TK Tracing Terbatas, TK Treatment Sedang dan Kapasitas Respon Terbatas.

Untuk penilaian Kasus Konfirmasi misalnya berada pada angka 155,70. Kemudian untuk Pasien Rawat Inap RS sebesar 16,41. Untuk Kematian berada pada skor 2,64. Selanjutnya Testing berada pada skor 48,58. Selanjutnya Tracing dan Treatment masing-masing 1,97 dan 64,94.

Masih mengacu kepada data dari Kemkes, selain Bengkalis, daerah lain di Riau yang hasil asesmennya berada  pada tingkat 4 adalah Kota Dumai. Bahkan Dumai memiliki TK Pasien Rawat Inap dan TK Kematian yang sama  dengan Kota Pekanbaru yaitu 4.

Menyinggung tentang  hasil asesmen tersebut, Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bengkalis, Ismail saat dihubungi mengatakan, secara teknis dirinya kurang memahami hasil asesmen tersebut terhadap kenaikan level PPKM Kabupaten Bengkalis. Data-data tersebut sifatnya dinamis dan yang paling faham tentu ahli epidemilogi.

“Bagi kita, sebagaimana tertuang dalam Instruksi Bupati Bengkalis Nomor 5 Tahun 2021, dan Surat Edaran (SE) Nomor 066/SE/SATGAS/2021 tentang Pedoman Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Kabupaten Bengkalis, saat ini  Bengkalis masih berada pada Level 3 hingga 2 Agustus mendatang. Artinya kalau ada perubahan pun, tentu menunggu setelah tanggal 2 Agustus,” ujar Ismail.

Terkait langkah antisipasi kalau kemungkinan Level PPKM Bengkalis naik ke tingkat 4, Ismail mengatakan selama ini Pemerintah Kabupaten Bengkalis secara kontinu melakukan  langkah-langkah antisipasi. Baik melalui penegakan disiplin prokes di lapangan, maupun kebijakan-kebijakan lain sesuai dengan aturan yang berlaku. “Termasuk melakukan refocusing anggaran untuk Covid-19, itu juga bagian dari langkah nyata yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bengkalis,” katanya.

Ismail mengingatkan bahwa  untuk menurunkan penyebaran Covid-19 pada level terendah mungkin, tidak hanya bisa dilakukan oleh Pemerintah. Namun butuh kerja sama dari masyarakat. Pemerintah melalui Satgas Covid-19 memiliki personil maupun kemampuan yang terbatas dan tidak mungkin bisa mengcover seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis agar bisa taat dengan protokol kesehatan.

“Masyarakat juga seharusnya secara sadar ikut gotong royong membantu Pemerintah menerapkan protokol kesehatan kapan dan di manapun. Terutama di lingkungan terkecil yaitu keluarga, karena dari data penambahan kasus harian, penyebaran Covid-19 terbesar itu di lingkungan keluarga,” papar Ismail.

Untuk itu, kalau masyarakat ingin pandemi Covid-19 cepat berakhir, maka  kerja sama dari masyarakat sangat dibutuhkan. “Tidak perlu level-levelan, yang pasti saat ini pandemi belum berakhir, maka mari sama-sama kita disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Kalau ada gejala segera periksakan diri dan isolasi agar tidak menular ke yang lain,” ujar Ismail.

 

Penulis: Zulkarnaen


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
ilustrasiDeretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur Akhir 2021: Ada Avanza hingga Xpander
Mitsubishi XpanderMenanti Kejutan Baru dari Mitsubishi Xpander di Segmen Low MPV
Polisi Rusia menahan seekor kucing karena mencoba menyelundupkan narkoba ke penjaraCoba Selundupkan Narkoba ke Penjara, Seekor Kucing Ditahan Polisi Rusia
intHasil Lengkap Liga Champions, Bayern-Chelsea Pesta Gol, Man United Menang Dramatis
Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI M Syech SE MHanLAMR Rohul Pinang Danrem 031/WB Tabalkan Datuk Panglima Ompu Alam Bosa
  ilustrasiRamalan Zodiak Hari Ini: Aries, Leo dan Pieces Siap-Siap Bertemu Cinta
Gubri Syamsuar bersama Wagubri Edy Natar Nasution melakukan peninjauan tugu perbatasan antara Provinsi Riau-Sumbar.Tinjau Tugu Perbatasan Rohul-Pasaman, Ini Kata Gubri
ilustrasiKasus Covid-19 Melandai, Durasi Pembelajaran Tatap Muka di Pekanbaru Ditambah
ilustrasi15 Kecamatan di Kota Pekanbaru Masuk Zona Kuning Risiko Covid-19
ilustrasiHindari Terjebak Pinjol Ilegal, Begini Cara Ngeceknya
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penyambungan Pipa Proyek IPAL di Simpang Jl Teratai-Jl Ahmad Dahlan
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved