www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Deretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur Akhir 2021: Ada Avanza hingga Xpander
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Tegas! ASN yang Menolak Vaksin di Bengkalis Dilarang Dinas
Selasa, 06 Juli 2021 - 18:01:51 WIB
Sekretaris Diskominfotik Bengkalis saat menjalani vaksinasi dosis kedua.
Sekretaris Diskominfotik Bengkalis saat menjalani vaksinasi dosis kedua.

BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis menegaskan akan memberikan sanksi bagi aparatur sipil negara (ASN) yang enggan divaksin. Salah satunya adalah dilarang melakukan perjalanan dinas.

"Bagi ASN yang tidak melaksanakan vaksinasi akan diberi sanksi tidak dibenarkan melakukan perjalanan dinas keluar daerah, ini sebagai upaya melakukan penegakan disiplin guna mengurangi penyebaran Covid-19 sesuai ketentuan yang berlaku," kata Sekretaris Daerah, Bustami, Senin (5/7/2021)

Tidak hanya ASN, lanjut Bustami, masyarakat umum juga dikenakan sanksi jika melanggar protokol kesehatan. Sementara vaksinasi untuk masyarakat umum, ibu hamil, dan anak usia 12 sampai dengan 18 tahun sudah mulai dilaksanakan.

Sementara itu, Pegawai ASN dan Tenaga Honorer Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis telah mengikuti program vaksinasi Covid-19 tahap kedua.

Pemberian vaksin Sinovac tersebut dilakukan oleh Tim Kesehatan dari UPT Puskemas Kecamatan Bengkalis, bertempat di Halaman Kantor Diskominfotik, Selasa (6/7/2021).

Vaksinasi dilakukan sekitar pukul 08.00 WIB. Adapun nama petugas dari UPT Pukesmas Kecamatan Bengkalis sesuai dengan Surat Perintah Tugas Nomor: 445/BKS/TU/02/2021, di antaranya Yurnita Kurniawati, dr. Teddy Rakhmadia, Dr Bauty Yudhian, Ners. Sri Wahyuni, Yulia Sari, M. Roby Hardiansah, Sartina dan  Ruziva Vera.

Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini sama seperti dengan vaksinasi tahap pertama, yaitu wajib mengisi kartu kendali pelayanan vaksinasi.

Kemudian, pengecekan suhu, tekanan darah dan skrining riwayat penyakit. Usai disuntik, peserta vaksinasi diharuskan melakukan registrasi melalui aplikasi Primary Care BPJS di meja tiga.

Berikutnya, pegawai yang sudah disuntik juga dilakukan observasi selama 15 menit. Hal ini dilakukan guna memastikan tidak ada efek samping pasca-disuntik vaksin Covid-19.

Kepala Diskominfotik Johansyah Syafri mengatakan, vaksinasi selain bertujuan menyukseskan program pemerintah, yang tak kalah penting guna meningkatkan imunitas kekebalan tubuh stafnya.

"Apalagi kita merupakan pelayan publik yang boleh dikatakan sering turun ke lapangan yang mempunyai potensi untuk tertular Covid-19," ujarnya.

Namun diakui mantan Kabag Humas Setda Bengkalis itu, dari 80 pegawai Diskominfotik, masih ada yang tidak mengikuti program vaksinasi dikarenakan faktor kesehatan dan halangan lainnya.

"Dalam rangka menyukseskan program vaksinasi ada sekitar 80 pegawai kita yang hari ini mengikuti kegiatan tersebut, akan tetapi tidak semuanya bisa vaksin karena berbagai faktor kesehatan," paparnya.

Bagi yang tidak bisa divaksin ditahap pertama atau kedua, sambungnya, bisa dilakukan vaksinasi di Puskesmas Kecamatan Bengkalis yang dilaksanakan setiap hari.

Lantas, bagi yang tidak mau divaksin tanpa alasan yang dibenarkan oleh faktor medis, pihaknya akan melakukan berbagai tindakan.

"Pertama dengan pendekatan, tetapi apabila memang tidak mau tanpa alasan yang dibenarkan secara medis, tentunya akan kita berikan teguran dan sanksi terhadap yang menolak program ini," ujarnya.

Dia mengimbau masyarakat untuk tidak takut di vaksin karena vaksin sangat penting guna menghindarkan diri dari terpapar Covid-19.

Pantauan lapangan, pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini tidak hanya diikuti para ASN dan tenaga honorer Diskominfotik Bengkalis, namun juga diikuti sejumlah instansi lainnya.

Penulis: Zulkarnaen
Editor: Rico


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
ilustrasiDeretan Mobil Baru yang Bakal Meluncur Akhir 2021: Ada Avanza hingga Xpander
Mitsubishi XpanderMenanti Kejutan Baru dari Mitsubishi Xpander di Segmen Low MPV
Polisi Rusia menahan seekor kucing karena mencoba menyelundupkan narkoba ke penjaraCoba Selundupkan Narkoba ke Penjara, Seekor Kucing Ditahan Polisi Rusia
intHasil Lengkap Liga Champions, Bayern-Chelsea Pesta Gol, Man United Menang Dramatis
Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI M Syech SE MHanLAMR Rohul Pinang Danrem 031/WB Tabalkan Datuk Panglima Ompu Alam Bosa
  ilustrasiRamalan Zodiak Hari Ini: Aries, Leo dan Pieces Siap-Siap Bertemu Cinta
Gubri Syamsuar bersama Wagubri Edy Natar Nasution melakukan peninjauan tugu perbatasan antara Provinsi Riau-Sumbar.Tinjau Tugu Perbatasan Rohul-Pasaman, Ini Kata Gubri
ilustrasiKasus Covid-19 Melandai, Durasi Pembelajaran Tatap Muka di Pekanbaru Ditambah
ilustrasi15 Kecamatan di Kota Pekanbaru Masuk Zona Kuning Risiko Covid-19
ilustrasiHindari Terjebak Pinjol Ilegal, Begini Cara Ngeceknya
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penyambungan Pipa Proyek IPAL di Simpang Jl Teratai-Jl Ahmad Dahlan
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved