www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Apresiasi Revisi Aturan PPKM Level 4, Hipmi Pekanbaru Sebut Jadi Napas Baru Bagi Pengusaha
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Buah Ketekunan Desa Kuala Alam, Ribuan Nenas Tembus Pasar Jakarta
Sabtu, 19 Juni 2021 - 14:43:47 WIB
Wabup Bengkalis Bagus Santoso saat menghadiri panen raya.
Wabup Bengkalis Bagus Santoso saat menghadiri panen raya.

BENGKALIS – Acungan jempol patut diberikan kepada Desa Kuala Alam Kecamatan Bengkalis. Berkat ketekunan masyarakatnya dan didukung oleh Pemerintah Desa serta Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kuala Alam, hasil perkebunan berupa nenas sudah menembus pasar Jakarta, jumlahnya ribuan.

"Hari ini kita panen 7.000, besok sekitar 6.000 akan kita panen dan kirim ke Jakarta langsung," kata Zulkifli, Direktur Bumdes Kuala Alam kepada Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso, Jumat (18/6/2021).

Bagus Santoso sengaja datang ke desa tersebut untuk menyaksikan langsung panen nenas di lahan seluas 10 hektar. Hari itu, telah dipanen sebanyak 60.000 nenas dari total sebanyak 211.000 bibit nenas yang ditanam.

"Hari ini bersamaan kedatangan Wabup Bagus Santoso merupakan hari perdana buah nenas akan kirimkan ke Jakarta dan insyaallah kedepan kita akan terus melakukan pengiriman. Ketika masyarakat menanam maka telah terjamin akan dibeli," ujar Zulkifli lagi.

Direktur Bumdes yang kerap menjadi pembicara bahkan dijadikan percontohan atas keberhasilan Bumdesnya ini menuturkan bahwa kini kelompok tani tengah bersemangat menanam nenas, karena telah mendapatkan pengepul yang menjamin penampungan nenas dari Desa Kuala Alam.

Zulkifli menjelaskan, kalau yang dijual ke Jakarta adalah nenas-nenas yang hampir matang, sementara nenas yang telah berwarna kuning cerah ini akan dijadikan keripik, karena akan busuk jika dikirim ke Jakarta. "Terhadap nenas yang telah masak ini, kita jadikan keripik, kita menggunakan sistem reseller, dimana di desa-desa itu bakal menampung untuk di jual kembali," ujar Zulkifli lagi.

Produse Nenas

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Kuala Alam Sudihartono yang turut menghadiri kegiatan panen nenas berharap Desa Kuala Alam menjadi produsen nenas. Tentunya butuh dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis. "Kita kerja bersama warga semoga Desa Kuala Alam bisa menjadi "Desa Nenas" penghasil nenas, bahkan bukan hanya Kuala Alam, tapi juga di Kecamatan Bengkalis nya sendiri," ujar Kades.

Hartono mengatakan, dengan melibatkan Bumdes Kuala Alam, Sampai sekarang Bumdes menjalankan 4 unit usaha. Yakni selain simpan pinjam, juga ada perkebunan, pengolahan dan penjualan. "Target kedepan bukan hanya nenas, nanti juga ada prodak yang akan tumbuh disini seperti kelapa, karet dan lainnya. Namun untuk saat ini kita fokuskan di nenas," ujarnya.

BRGM RI Perwakilan Riau telah memberikan dukungan sejumlah bantuan perkembangan kebun nenas dengan anggaran 100 juta untuk 5 hektar nenas. "Kemudian bantuan lainnya yang diberikan BRGM, sekat kanal guna menghindari kebakaran, bantuan alat untuk pengelolaan kripik nenas yang mana saat ini kapasitas baru 8 kg per hari kedepan kita targetkan bisa mencapai 70 kg per hari atau 1000 buah perhari," ujar BRGM RI Perwakilan Riau Muthoin.

Penulis : Zulkarnaen
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Ketua Umum Hipmi Pekanbaru Rizky Bagus Oka Apresiasi Revisi Aturan PPKM Level 4, Hipmi Pekanbaru Sebut Jadi Napas Baru Bagi Pengusaha
Anggota DPR RI dari PKB dimint perjuangkan Blok Rokan untuk Rohil.Bupati Berharap Anggota DPR RI dari PKB Perjuangkan Blok Rokan untuk Rohil
Program Desa Bebas Api atau Fire Free Village Program (FFVP) tahun 2021.PT RAPP Luncurkan Inovasi Holistik Program Desa Bebas Api di Siak
IlustrasiTerus Naik, Harga TBS Sawit Riau Tembus Rp2.643/Kg
Rapat Paripurna DPRD Inhu.Rapat Paripurna DPRD Inhu, Bupati Sampaikan Pidato Pertamanya
  Kepala Kanwil Dirjen Pemberdaharaan (DJPb) Provinsi Riau, Ismed SaputraRealisasi Penyaluran Bantuan Program PEN di Riau Capai Rp 2,24 Triliun
Foto: IstPPKM Level 4 Diperpanjang, Pusat Registrasi Resi Gudang Patikan Petani Tetap Bisa Registrasi
Kepala Balai PPW Riau, Ichwanul Ihsan foto bersama disela vaksinasi yang digelar Selasa (27/7/2021).Pegawai PUPR dan Masyarakat Antusias Vaksinasi di Balai PPW Riau
Gubernur Riau H Syamsuar (tengah) ketika melakukan peninjaun jalan yang rusak di sejumlah daerah di Riau.Gubri Peringatkan Truk Over Kapasitas Tak Lintasi Jalan Provinsi
Foto: DetikTimnas Jerman Tolak Pakai Seragam Mini, Lawan Seksualisasi Olahraga Senam
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Peserta Antusias Vaksinasi di Balai PPW Riau
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved