www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Rapat Paripurna DPRD Inhu, Bupati Sampaikan Pidato Pertamanya
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Tim KLHK Tinjau Kebun Binatang Selatbaru Bengkalis
Jumat, 18 Juni 2021 - 17:12:08 WIB
Wabup Bagus Santoso mendampingi Tim dari KLHK saat meninjau Kebun Binatang Selatbaru. 
Wabup Bagus Santoso mendampingi Tim dari KLHK saat meninjau Kebun Binatang Selatbaru. 

BENGKALIS – Tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) serta Ditjen Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) meninjau Kebun Binatang Selatbaru, Kabupaten Bengkalis. Mereka ingin memastikan keberadaan fisik satwa serta lokasi Kebun binatang tersebut.

Mengawali kunjungannya, Tim Kementerian LHK dan BB KSDA Riau didampingi Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, melihat dari dekat kondisi bekas kandang binatang yang dulunya digunakan di kebun binatang berdekatan dengan Pantai Selatbaru. Hasil survei meninjau kebun binatang, masih dihuni dua ekor buaya dan seekor kura-kura yang sehat. Selain itu, turut terlihat gerombolan monyet-monyet liar yang mencari makan di sekitaran bekas taman wisata ini.

Pengendali Ekosistem Hutan Ditjen KSDAE Herdiana mengatakan, kebun binatang yang sudah terbentuk ini memerlukan sentuhan perbaikan, karena di dalam kandang tidak memiliki unsur dekoratif yang membantu memberikan kesan alami bagi kebutuhan biologis dan psikologis hewan. Selain kandang, Herdiana menyarankan perlu ditambahkan paket hiburan lainnya. "Sebaiknya dibarengi dengan pengelolaan merchandise, restoran atau resort, agar tidak hanya mengandalkan tiket saja," ungkapnya.

Kementerian LHK turut menyarankan untuk dikelola oleh pihak ketiga yang mana diharapkan akan lebih maju dan berkembang. "Kenapa kami tidak menyarankan taman satwa dikelola oleh dinas, karena ketika dinas, maka otomatis pangannya akan diambil oleh APBD. Permasalahannya dana tidak akan keluar jika sisa bayar tidak menjadi aset. Nah di situ, tidak bisa satwa yang dilindungi menjadi aset Pemerintah Daerah," jelas Herdiana saat kunjungannya, Kamis (17/6/2021)

Sementara itu, Wabup Bagus Santoso mengatakan akan mendorong perbaikan secara menyeluruh di kebun binatang milik Bengkalis ini.

"Ini merupakan penghormatan dan penghargaan besar bagi kami pasangan Kasmarni-Bagus Santoso (KBS) atas sinergitas Pemerintah Provinsi serta pemerintah pusat yang matching in line untuk kembali menghidupkan fungsi dari wisata Selatbaru ini," ungkap Bagus Santoso.

Bagus berharap sinergitas tersebut akan terjalin baik sehingga terwujudnya keinginan bersama berfungsinya kembali kebun binatang Selatbaru.

Selain Pengendali Ekosistem Hutan Ditjen KSDAE Herdiana, ikut bersama saat meninjau Kebun Binatang Selatbaru Staf Ditjen Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH) Leny Hapsari Dewi serta Kepala seksi Pemanfaatan Dan Pelayanan BB KSDA Riau Arry Purnama Setiawan.

Penulis: Zulkarnaen
Editor: Rico


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Rapat Paripurna DPRD Inhu.Rapat Paripurna DPRD Inhu, Bupati Sampaikan Pidato Pertamanya
Telkomsel dan Gojek kembali melanjutkan kolaborasi dengan menghadirkan Paket Data Telkomsel khusus bagi mitra UMKM GoFood.Sinergi Telkomsel dan Gojek Terus Perkuat Produktivitas Mitra UMKM Hadapi Pandemi
Walikota Dumai H Paisal membagikan masker kepada PKL di Jalan Sukajadi Dumai baru-baru ini.
Walikota Dumai Keluarkan Surat Edaran PPKM Level 3, Mulai Berlaku Hari Ini
Petugas berjaga saat pemberlakuan One Way di Selatpanjang Dishub Kepulauan Meranti Hentikan Pemberlakuan One Way di Selatpanjang
Ilustrasi3 Zodiak Ini Bakal Ketiban Rezeki Agustus Mendatang, Kamukah?
  Foto: DetikTimnas Jerman Tolak Pakai Seragam Mini, Lawan Seksualisasi Olahraga Senam
IlustrasiSaat Terpapar Covid-19 di Hari Keberapa Hilang Penciuman? Berapa Lama Terjadinya?
IlustrasiButuh Booster, Antibodi Sinovac Memudar 6 Bulan
Kapolda Riau resmikan pembukaan Diktukba Polri.Diktukba Polri Resmi Dibuka, Kapolda Riau: Bentuk Ketrampilan, Pikiran dan Sikap Polri Sejati
IlustrasiGubri Keluarkan SE Atur Sistem Kerja ASN Pemprov Riau Saat PPKM Level 4
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Balai PPW Riau Gelar Vaksinasi Massal
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved