www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Gubri Minta Satpol PP Bersikap Santun pada Masyarakat Saat Pantau PPKM Level 4
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Tahun Ini, Disdukcapil Bengkalis Siapkan 55 Ribu Keping KIA
Kamis, 17 Juni 2021 - 16:40:18 WIB

BENGKALIS – Pada 2021 ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis menyiapkan sebanyak 55 ribu keping Kartu Identitas Anak (KIA). Jumlah ini mengacu pengalaman tahun sebelumnya dimana antusias masyarakat menguruskan KIA sangat tinggi.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Dukcapil Bengkalis, Ismail melalui Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Suiswantoro, Kamis (17/6/2021).

Suiswantoro mengatakan, tahun 2020 lalu, Dinas Dukcapil Kabupaten Bengkalis menargetkan penerbitan KIA sekitar 25 ribuan anak. Namun tingginya antusias orang tua yang menguruskan KIA untuk anaknya sangat tinggi, maka jumlah yang dicetak melebih target.

Secara rinci, Kecamatan Bengkalis sebanyak 11.172 keping, Bantan 7.212 keping, Bukit Batu 3344 keping, Mandau 8.465 keping, Rupat 4.577 keping, Rupat Utara 2.980 keping, Siak Kecil sebanyak 4206 keping. Selanjutnya Kecamatan Pinggir 3227 keping, Bandar Laksamana 2.053 keping, Talang Muandau 2.237 keping, Bathin Solapan 4.411 keping.

“Pada tahun ini, KIA yang kami siapkan sebanyak 55 ribu keping,” ungkap Suis.

Ditanya total KIA yang sudah dicetak sejak 2020 lalu, Suis mengatakan, dari Agustus 2020 hingga pertengahan Juni 2021 sudah menerbitkan 53.884 keping KIA.

Pada kesempatan itu, Suis mengimbau orang tua yang anaknya belum memunyai KIA agar segera mengurus ke Disdukcapil atau UPT Disdukcapil yang ada di masing-masing kecamatan.
Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 tahun 2016, mewajibkan setiap anak yang berusia 0 hingga 17 tahun memiliki KIA. Kartu ini adalah bukti identitas resmi untuk anak di bawah 17 tahun yang berlaku selayaknya Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Suis menegaskan masa berlaku KIA berbeda berdasarkan usia. Masa berlaku untuk anak di bawah usia 5 tahun akan berakhir ketika sudah menginjak usia 5 tahun, sedangkan anak di atas usia 5 tahun anak berakhir ketika berusia 17 tahun.

Manfaat KIA di antaranya memudahkan anak untuk mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan contohnya saat mendaftar BPJS, untuk persyaratan mendaftar sekolah, untuk membuat paspor, dan untuk transportasi.

Adapun, persyaratan untuk membuat KIA terbagi dua. Untuk anak berusia 0-5 tahun melampirkan fotocopy akta kelahiran 1 lembar, fotocopy Kartu Keluarga (KK) 1 lembar, fotocopy KTP orangtua/wali. Sedangkan untuk anak berusia 5-17 tahun melampirkan fotocopy akta kelahiran 1 lembar, fotocopy KK 1 lembar, fotocopy KTP orangtua/wali dan pas foto anak berwarna ukuran 2x3 sebanyak 2 lembar.

Untuk pengadaan fotonya tidak dilakukan teknis perekaman seperti KTP, foto yang dibutuhkan tersebut tercetak dengan ukuran 2x3 dan nantinya akan di-scan dan diletakkan pada kartu KIA.

Penulis: Zulkarnaen
Editor: Rico


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Gubri saat melepas Satpol PP memantau pelaksanaan PPKM Level 4 di Pekanbaru.Gubri Minta Satpol PP Bersikap Santun pada Masyarakat Saat Pantau PPKM Level 4
Kepala Kanwil Dirjen Pemberdaharaan (DJPb) Provinsi Riau, Ismed SaputraRealisasi Penyaluran Bantuan Program PEN di Riau Capai Rp 2,24 Triliun
Foto: IstPPKM Level 4 Diperpanjang, Pusat Registrasi Resi Gudang Patikan Petani Tetap Bisa Registrasi
Kepala Balai PPW Riau, Ichwanul Ihsan foto bersama disela vaksinasi yang digelar Selasa (27/7/2021).Pegawai PUPR dan Masyarakat Antusias Vaksinasi di Balai PPW Riau
Gubernur Riau H Syamsuar (tengah) ketika melakukan peninjaun jalan yang rusak di sejumlah daerah di Riau.Gubri Peringatkan Truk Over Kapasitas Tak Lintasi Jalan Provinsi
  Ketua Umum Hipmi Pekanbaru Rizky Bagus Oka Apresiasi Revisi Aturan PPKM Level 4, Hipmi Pekanbaru Sebut Jadi Napas Baru Bagi Pengusaha
Anggota DPR RI dari PKB dimint perjuangkan Blok Rokan untuk Rohil.Bupati Berharap Anggota DPR RI dari PKB Perjuangkan Blok Rokan untuk Rohil
Program Desa Bebas Api atau Fire Free Village Program (FFVP) tahun 2021.PT RAPP Luncurkan Inovasi Holistik Program Desa Bebas Api di Siak
IlustrasiTerus Naik, Harga TBS Sawit Riau Tembus Rp2.643/Kg
Rapat Paripurna DPRD Inhu.Rapat Paripurna DPRD Inhu, Bupati Sampaikan Pidato Pertamanya
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Peserta Antusias Vaksinasi di Balai PPW Riau
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved