www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Pasien Covid-19 Sembuh di Riau Hari ini Tambah 35 Orang
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Strategi Komunikasi Humas dalam Meningkatkan Citra Positif Pemerintah Kabupaten Bengkalis
Kamis, 30 Juni 2022 - 19:09:47 WIB
Egia Yulriana
Egia Yulriana

STRATEGI komunikasi yang baik dalam  pemerintahan sangat penting untuk meningkatkan kapasitas  kinerja pemerintah terutama untuk membangun kepercayaan publik kepada masyarakat guna untuk mendukung program pemerintah dalam sektor  ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya maupun infrakstruktur pembangunan kabupaten bengkalis melalui program pemerintah.

Komunikasi  sangat penting rencana komunikasi yang komprehensif. Pemerintah tidak bisa bergerak sendiri, selama ini pemerintah telah membangun komunikasi yang baik melalui program kabupaten bengkalis yang bermarwah maju dan sejahtera . kepada masyarakat bahkan publik melalui program keluarga harapan (PKH) untuk meningkatkan ekonomi dan pendidikan untuk menjadikan taraf hidup yang layak untuk masyarakat bengkalis . Pemerintah Kabupaten bengkalis melakukan kegiatan penentuan penerapan program yang berkaitan dengan Kabupaten bengkalis seperti layanan publik dan pembangunan infrastruktur untuk mempercepat peningkatan kapasitas layanan publik.

Di samping itu bupati bengkalis baru saja melaunching layanan aplikasi “ bengkalis bermassa “ yaitu aplikasi yang berisi tentang Bupati Bengkalis Kasmarni resmi meluncurkan (Launching) Aplikasi Bantuan Keuangan Khusus untuk Program Desa Bermasa pada Pemerintah Desa (BKK 1 Miliar 1 Desa).Peluncuran Aplikasi ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Bupati Kasmarni, di Aula Politeknik Negeri Bengkalis. Aplikasi ini merupakan program kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dengan Polbeng, tujuannya agar publik bisa melihat secara transparan penggunaan dana Rp1 Miliar yang dikucurkan, serta memudahkan Pemkab Bengkalis untuk mengevaluasi.

Rasa bangga dan gembira tentunya, hari ini kita dapat launching aplikasi bantuan keuangan khusus untuk program desa bermasa, yang telah di prakarsai oleh DPMD bekerjasama dengan Polbeng."Tentunya ini merupakan inovasi baru yang perlu kita berikan apresiasi serta kita dukung bersama," ucap Kasmarni saat memberikan sambutan di Aula Politeknik Negeri Bengkalis , Rabu (18/5/2022).

Program Bantuan Keuangan Desa Bermasa ini, menjadi komitmen untuk dilaksanakan secara baik, transparan, akuntabel, dan harus tepat sasaran dengan tetap memperhatikan output dan outcome pelaksanaan program unggulan bantuan dana desa bermasa, harus berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat, serta memberi dampak yang luas terutama pada aspek pendapatan dan lapangan berusaha, guna mengangkat taraf hidup masyarakat.

Tidak hanya dinobatkan sebagai daerah informatif, ternyata Kabupaten Bengkalis memboyong tiga kategori penghargaan pada pemberian Anugerah Komisi Informasi Provinsi Riau, Senin 29 November 2021.Ketiga penghargaan tertinggi dalam kasta Keterbukaan Informasi Publik (KIP), yakni sebagai badan publik atau daerah informatif. Kedua penghargaan Figur Pimpinan Badan Publik (Achievement Motivation Person) kepada H. Bustami HY. Ketiga penghargaan kepada Kepala Desa Sebanga Kecamatan Bathin Solapan. Penghargaan pertama yakni sebagai badan publik atau daerah informatif, Kabupaten Bengkalis naik kelas dari tahun sebelumnya yakni menuju informatif. Negeri Junjungan dinilai transparan dalam menyajikan informasi anggaran, kegiatan maupun program pembangunan di Kabupaten Bengkalis.

Kemudian anugerah Figur Pimpinan Badan Publik (Achievement Motivation Person) diberikan kepada H. Bustami HY. Anugerah ini diberikan karena Sekda sebagai Atasan Langsung PPID dinilai mempunyai dedikasi, motivasi dan komitmen untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik pada badan publik Kabupaten Bengkalis.

Sedangkan anugerah ketiga berupa Figur Pimpinan Badan Publik (Achievement Motivation Person) kepada Kepala Desa Sebanga Kecamatan Bathin Solapan Ahmad Syahdan.

Penobatan anugerah sebagai daerah informatif pada ajang Anugerah Komisi Informasi Provinsi Riau, Senin 29 November 2021, tak lepas dari kolaborasi seluruh badan publik atau perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.



Keberhasilan Pemkab Bengkalis meraih penghargaan sebagai daerah informatif tak lepas dari kerja sama dan kolaborasi dari badan publik atau perangkat daerah. Untuk itu, kami memberikan apresiasi atas peran humas dan perangkat daerah yang komitmen memberikan informasi dengan cepat, dan tepat kepada masyarakat.

keterbukaan informasi publik dapat memberikan jaminan terhadap semua orang untuk memperoleh informasi. Hal ini untuk mewujudkan serta meningkatkan peran aktif masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan. Sesuai undang-undang Keterbukaan Informasi Publik, menegaskan akses informasi merupakan hak asasi manusia. melalui penghargaan ini, dapat menambah kepercayaan masyarakat kepada pemerintah daerah khususnya Pemkab Bengkalis dalam memberikan informasi kepada publik.

Pemkab Bengkalis  berharap Badan Publik melalui PPID Utama dituntut untuk menggelorakan semangat keterbukaan dan akuntabilitas informasi, mengingat hal ini bagian dari upaya membangun kepercayaan dan dukungan masyarakat.

Keberhasilan dan penghargaan yang di dapat dari pemerintah  ini tak terlepas dari strategi dan kerja keras Humas untuk membantu pemerintah menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten bengkalis.

EGIA YULRIANA
Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi , Fakultas Fisipol Universitas Riau




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi.(int)Pasien Covid-19 Sembuh di Riau Hari ini Tambah 35 Orang
Gubernur Riau Syamsuar menerima uang Rupiah kertas baru TE 2022 dari Kepala BI Perwakilan Riau M Nur usai peluncuran 7 uang Rupiah kertas baru TE 2022 secara virtual.(foto: mcr)Gubri Minta BI Riau Gencar Sosialisasi Uang Rupiah Kertas Baru TE 2022
Kepala BI Perwakilan Riau, M Nur.(foto: mcr)Uang Rupiah Kertas Baru TE 2022 Lebih Sulit Dipalsukan dan Ramah Tunanetra
Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil melakukan peninjauan lahan perkebunan kelapaPulau Rangsang, Kepulauan Meranti Akan Dibangun Sentra Kelapa
Tersangka korupsi, Bos Duta Palma Surya Darmadi menggunakan kursi roda usai jalani pemeriksaan kasus korupsi di Kejagung.(foto: bayu/halloriau.com)Surya Darmadi Sakit Usai Diperiksa Kejagung, Besok Giliran KPK Periksa Bos Duta Palma
  Bos PT Duta Palma Group, Surya Darmadi menggunakan kursi roda keluar dari gedung Jampidsus Kejagung usai jalani pemeriksaan terkait kasus korupsi dan penyerobotan lahan di Inhu.(foto: int)KPK Berencana Gabungkan Penuntutan Surya Darmadi dengan Kejagung
Proses evakuasi 3 crew kapal tongkang dari dalam tangki pelampung kapal.(foto: bayu/halloriau.com)3 Crew Kapal Tongkang Terjebak di Tangki Pelampung, Satu Tewas Kehabisan Oksigen
Gubernur Riau Syamsuar di kebun cabai di Siak.(foto: int)Gubri Bakal Datangkan Cabai dari Sumut dan Gerakkan BUMDes Tekan Inflasi
Heli Water Bombing.(foto: int)BPBD Riau Siagakan 2 Heli Water Bombing di Dumai
Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana.(foto: int)Kasus Duta Palma di Inhu Terus Berlanjut, Kini Kejagung Periksa 2 Saksi Baru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Balai PPW Riau Semarakkan HUT ke-77 RI
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved