Traveling
BREAKING NEWS :
Optimis Mendaftar sebagai Balon Bupati, Kasmarni Melangkah dengan Bismillah
 
Tujuh Fakta di Balik Penurunan Harga Tiket Pesawat
Senin, 24/06/2019 - 08:13:27 WIB

JAKARTA - Pemerintah akan segera menurunkan tarif tiket pesawat khusus penerbangan murah atau Low Cost Carrier (LCC) domestik untuk merespons masih mahalnya harga tiket transportasi udara tersebut. Penurunan tiket pesawat LCC domestik nantinya hanya khusus jadwal penerbangan tertentu.

Keputusan tersebut diambil usai dilakukan rapat koordinasi tentang tiket pesawat pada siang hari ini. Dalam rapat tersebut, dihadiri Menteri Koordiantor bidang Perekonomian Darmin Nasution, lalu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dilansir dari Okezone, berikut fakta-fakta menarik terkait menurunkan tarif tiket pesawat khusus penerbangan murah atau Low Cost Carierr (LCC) domestik, Senin (24/6/2019).

1. Turunkan Harga Tiket Pesawat, Maskapai Bakal Raih Insentif dari Pemerintah

Pemerintah segera menurunkan tiket pesawat khusus penerbangan low cost carrier (LCC) domestik untuk rute tertentu. Sebagai gantinya, pemerintah akan menyiapkan insentif fiskal bagi para maskapai yang menurunkan harga tersebut.

Pemberian insentif bertujuan untuk menekan biaya operasional dari pihak maskapai. Pasalnya, biaya operasional yang tinggi membuat maskapai enggan menurunkan tarif lagi.

Menteri Koordiantor bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, saat ini persiapan insentif sedang dalam tahap finalisasi. Diharapkan dalam waktu dekat bisa segera keluar.

2. Maskapai Akan Sediakan Penerbangan Murah di Jam Sepi

Pemerintah menyatakan penurunan tarif tiket pesawat khusus untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC) akan menunggu usulan dari pihak maskapai. Pekan depan pihak maskapai akan memberikan usulan jadwal penerbangan yang tarifnya diturunkan.

"Kita minta maskapai untuk buat satu penerbangan murah di jam-jam tertentu, nanti minggu depan diajukan kepada Pak Menko (Darmin Nasution)," ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono di kantornya.

3. Tiket Pesawat Turun Pekan Depan, Bagaimana Dukungan Pengelola Bandara?

Pemerintah akan menurunkan tarif tiket pesawat khusus penerbangan berbiaya murah pada jam-jam tertentu. Penurunan tiket ini akan dilakukan paling lambat pada pekan depan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, turunnya tiket pesawat pada jam-jam sibuk nantinya akan didukung oleh sejumlah stekholder penerbangann lainnya. Misalnya untuk otoritas Bandara, baik Angkasa Pura I maupun II akan memberikan insentif untuk landing fee.

“Dukungan stekholder AP I dan II ada misalnya landing fee,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordiantor bidang Perekonomian, Jakarta.

4. Tekan Harga Tiket Pesawat, Operator Bandara Siap Turunkan Biaya Jasa

Pemerintah berupaya mendorong penurunan harga tiket pesawat yang tinggi sejak awal tahun 2019. Hal itu dilakukan dengan perubahan tarif batas bawah maupun atas, hingga meminta maskapai menyediakan jadwal penerbangan khusus bertarif murah.

Pihak dari PT Pertamina sebagai penyedia avtur yang merupakan bahan bakar pesawat, juga diminta untuk bisa menekan biaya avtur. Upaya melalui sisi operator bandara juga dilakukan, dengan meminta menekan biaya jasa.

"Seluruh pihak tadi komitmen untuk sama-sama menurunkan biaya. Ini sharing pain (berbagi beban), bersama-sama sehingga tidak kemudian satu pihak saja (maskapai) yang pikul ini, karena sudah tidak bisa," kata Menko Perekonomian Darmin Nasution di kantornya, Jakarta.

5. Penantian Panjang, Akhirnya Harga Tiket Pesawat Turun

Setelah mengevaluasi secara berkala penurunan Tarif Batas Atas (TBA) harga tiket pesawat yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 106 Tahun 2019 dan berlaku efektif sejak 18 Mei 2019, pemerintah memutuskan untuk menurunkan harga tiket penerbangan Low Cost Carrier (LCC) domestik untuk jadwal penerbangan tertentu.

“Pemerintah bersama seluruh pihak terkait tengah memfinalisasi kebijakan untuk memberlakukan penurunan harga tiket penerbangan Low Cost Carrier (LCC) domestik untuk jadwal penerbangan tertentu. Kebijakan ini akan berlaku efektif dalam satu minggu ke depan,” kata Menko Perekonomian Darmin Nasution seperti dilansir setkab, Jakarta.

6. Harga Tiket Pesawat Turun, Menhub: Mari Kita Tunggu

Para stakeholder terkait memberikan dukungannya dan kesiapannya untuk bekerjasama dalam upaya menurunkan harga tiket pesawat.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, dalam satu minggu ini para airlines akan mengumumkan tarif baru tiket pesawat yang sudah disepakati turun untuk penerbangan LCC (low cost carier) atau tarif murah domestik.

“Ini satu hal yang baik, marilah kita tunggu dalam satu minggu ini para airlines akan mengumumkan dengan dasar arahan-arahan Bapak Menko Perekonomian,” kata Menhub seperti dilansir setkab.

7. Menteri Rini Minta Garuda Hitung-hitungan Penurunan Harga Tiket Pesawat

Pemerintah akan segera menurunkan tarif tiket pesawat khusus penerbangan murah atau Low Cost Carierr (LCC) domestik untuk merespons masih mahalnya harga tiket transportasi udara tersebut.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno mengatakan bahwa dirinya belum dengar dengan adanya hal tersebut. Bahkan pihaknya, belum mendapatkan laporannya.

"Terus terang hari ini akan kita bicarakan, saya belum dapat laporannya. Tapi saya tekankan bahwa tolong dihitung lah, kita transparan kok, dihitung cost kita seperti apa, nah cost structure ini apalagi kita sebagai flight carrier paling utama kita harus menjaga keamanan dan keselamatan dari pesawat, dari penerbangan. Dan kenyamanan untuk servis kepada pelanggan, ini semua harus kita jaga," ujar Rini di Kementerian BUMN Jakarta. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • 10 Deretan Desa Terindah di Dunia, Ternyata Dua Ada di Indonesia
  • Di Pulau Miangas, yang Petik Kelapa Sembarangan Dapat Hukuman Adat!
  • Saudi Bolehkan Pasangan Turis Belum Menikah Menginap di Kamar di Hotel yang Sama
  • Enam Destinasi Dunia untuk Pengalaman Liburan Gap Year yang Beda
  • Flatey Island, Pulau Terbaik di Dunia yang Penduduknya Cuma Enam Orang
  • Bos AirAsia Pamer Pramugari Cantik Umur 40 Tahun, 'Saya Bangga'
  • Terbang ke Da Nang, Jetstar Tingkatkan Frekuensi di Tahun Kelimanya
  • Air Surut, Pengunjung Objek Wisata Telaga Sarangan Merosot
  • Lima Hari di Vietnam, Rombongan PWI Riau Bakal Kunjungi VJA dan Lokasi-lokasi Ini
  • Telkomsel Hadirkan Jaringan Telekomunikasi Berkualitas Melalui 118 BTS
  • PO NPM Buka Rute Baru Perawang - Padang
  • Segera Launching, The Zuri Hotel Dumai Tawarkan Konsep Millenial dan Mewah
  • Agar Suligi Hill Tetap di Peringkat Pertama, Kadisparbud Rohul Minta Dukungan Masyarakat Riau
  • Lion Air Beri Pilihan Perjalanan Umrah bagi Masyarakat Riau
  • Jetstar Tingkatkan Layanan hingga 36 Penerbangan Mingguan Melbourne - Bali di Musim Panas Ini
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved