Siak
Pemkab Siak | DPRD Siak
 
+ INDEX BERITA

16:18 - Libur Nyepi, Istana Siak R...
19:25 - Soal Isu Bupati Siak 'Ngum...
17:54 - Perangkat Kampung di Siak ...
16:07 - Siapa Bilang Kubis hanya T...
10:39 - Ketua SPS Riau Prihatin Ka...
08:11 - Komunitas Reptil Minas Tar...
10:52 - Sururi: Gerakan Pramuka di...
05:16 - Tahun Ini, Pemkab Siak Bak...
10:54 - Alfedri Harapkan MTQ Bukan...
17:20 - Panglima TNI Bakal ke Siak...
16:30 - Camat Siak Resmi Menjadi K...
19:00 - Masyarakat Siak yang Terda...
19:05 - Menpan RB: Kabupaten Siak ...
17:07 - Pemkab Siak Tambah Kuota E...
16:08 - Kampung Dalam Juara Umum M...
14:32 - Wabup: Pramuka sebagai Pem...
14:41 - Olah Limbah Sawit, Pemkab ...
12:10 - Bupati Syamsuar: Kalian Ge...
09:56 - Siak Bakal Olah Limbah Saw...
21:22 - Bupati Syamsuar Apreasi Ba...
 
Peringatan Hari Ibu, HKSN, Hari Bela Negara, dan Hari Nusantara
Alfedri: Perempuan Masa Kini Sadar Hak dan Kewajiban yang Sama dengan Laki-laki
Selasa, 20/12/2016 - 14:35:00 WIB
Wabup Alfedri menyerahkan hadiah kepada juara I lomba kecamatan Sayang Ibu Tingkat Kabupaten Siak
Wabup Alfedri menyerahkan hadiah kepada juara I lomba kecamatan Sayang Ibu Tingkat Kabupaten Siak
TERKAIT:

SIAK - Wakil Bupati Siak Alfedri pimpin upacara Peringatan Hari Ibu ke-88, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Ke 52 Hari Bela Negara Ke 68 dan Hari Nusantara Tahun 2016 di halaman kantor Bupati Siak, Selasa (20/12/2016). Turut hadir saat itu unsur Forkompimda Siak, Asisten III Jamaluddin, sejumlah pejabat di lingkungan pemkab Siak, Ketua Forikan Siak Rasidah Alfedri, ketua Bhayangkari Polres Siak, serta jajarannya.

Dalam amanatnya Wabup mengatakan perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki. Prinsip kesetaraan yang mendasari tentang pentingnya pembagian tugas, peran dan tanggung jawab yang seimbang antara perempuan dan laki-laki mulai dari lingkup keluarga, masyarakat bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Perempuan dan laki-laki keduanya adalah "parthnership" sekaligus sumber daya insani yang menentukan keberhasilan pembangunan nasional. Bertepatan dengan PHI ke-88 Tahun 2016 ini telah diusung tema: "Kesetaraan Perempuan dan Laki-Laki untuk mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan".

"Untuk itu harapan saya, Peringatan Hari Ibu ke-88 Tahun 2016 ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki pada setiap aspek kehidupan baik di dalam keluarga, masyarakat, maupun bangsa dan negara untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong," kata Wabup.

Pada kesempatan ini kita juga memperingati hari kesetiakawanan sosial (HKSN), wabup mengajak semua agar peduli dan berbagi oleh, dari dan untuk masyarakat baik sendiri-sendiri maupun secara bersamaan berdasarkan nilai kemanusiaan, kebersamaan, kegotongroyongan dan kekeluargaan yang dilakukan secara terencana, terarah dan berkelanjutan menuju terwujudnya Indonesia Sejahtera (INDOTERA).

"Peringatan HKSN diharapkan dapat menjadi "alat pengungkit" untuk menggerakkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang ada dimasyarakat, yang dilaksanakan ditingkat pusat, propinsi dan kabupaten/kota dengan berdasarkan pada tiga prinsip, yaitu Prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat, yang berarti bahwa kegiatan Peringatan HKSN memerlukan peran aktif seluruh unsur masyarakat, antara lain TNI dan Polri, organisasi sosial/lembaga swadaya masyarakat, unsur generasi muda, lembaga pendidikan, dunia usaha, media massa, pemuka masyarakat dan agama, relawan sosial dan masyarakat secara umum yang didayagunakan untuk kepentingan masyarakat, " katanya lagi.

Di samping itu, pada hari juga diperingati Hari Nusantara, Momen Hari Nusantara ini selain bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari yang hidup di negara kepulauan bercirikan nusantara, juga dimaksudkan untuk mengubah mindset terhadap ruang hidup dan ruang juang dari matra darat menjadi matra laut, serta meningkatkan pemahaman wawasan kelautan kepada masyarakat.

"Hal ini tentunya ditujukan untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mampu mengelola potensi sumberdaya alam laut bagi kesejahteraan masyarakat, sebagaimana visi pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,"tambahnya.

Pada kesempatan itu diserahkan hadiah dan piala lomba kecamatan sayang ibu, lomba kelompok bina keluarga balita, dan lomba desa binaan peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera (P2WKSS) tingkat Kabupaten Siak.

Lomba kecamatan sayang ibu juara I diraih oleh kecamatan Koto Gasib, Juara II kecamatan Sungai Mandai dan Juara III kecamatan Pusako. Lomba kelompok bina keluarga Balita Juara I dari kelompok BKB Mekar Sari kampong Tasik Seminai kecamatan Koto Gasib, Juara II dari kelompok BKB Buah Hati kampong Maredan Barat Kecamatan Tualang dan Juara III dari kelompok BKB Flamboyan kampong Bencah Umbai kecamatan Sungai Mandau.

Sedangkan lomba Desa Binaan P2WKSS juara I dari kampong Sengkemang kecamatan Koto Gasib, Juara II dari kampong Teluk Merempan kecamatan Mempura dan Juara III dari kampung Laksamana kecamatan Sabak Auh. Pada kesempatan itu juga diserahkan saguh hati untuk ibu-ibu yang telah menjanda.

Selain itu juga diserahkan penghargaan Adiwiyata 2016 untuk sekolah antara lain, SDN 04 Minas Jaya kecamatan Minas, SDN 15 Belutu kecamatan Kandis dan SMPN 3 Tualang kecamatan Tualang.

Di penghujung acara tersebut sempena peringatan hari Ibu ke 88 ikatan guru taman kanak-kanan persatuan Guru Republik Indonesia (IGTKI - PGRI) kabupaten Siak menampilkan atraksi senam masal yang diikuti 650 anak TK se kecamatan Siak dan Mempura dengan tema Ibu Cerdas Anak Sehat dan Ceria.

Editor : Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Rumah Sakit Putra Spesialis Malaka Beri Kemudahan dan Pelayanan Berobat Warga Riau
  • DLH Bengkalis Diminta Buat Bank Sampah
  • Libur Nyepi, Istana Siak Ramai Pengunjung
  • Hina Raja Salman, Pejabat Kuwait Dipenjara 46 Tahun
  • DPRD Pelalawan Tetapkan Perubahan Alat Kelengkapan Dewan
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved