Siak
Pemkab Siak | DPRD Siak
 
+ INDEX BERITA

12:04 - Pemkab Muara Enim Sumsel B...
18:55 - Anggota Diminta Bantu Pera...
15:01 - Bupati Siak: Pengabdian An...
11:33 - Penerapan Sinovik 2017 Dih...
09:48 - Siak Lulus Uji Performan B...
13:12 - Siak Ditunjuk Jadi Pilot P...
15:02 - Bupati Siak ke Peserta Dik...
17:05 - 2020, Harus Ada Grand Mast...
15:23 - Galeri Foto Tour de Siak 2...
11:03 - Harga Mahal, Warga Siak Ta...
11:02 - 2017, RS Siak Akan Jadi Ti...
14:35 - Meriah, Porseni PGRI 2016 ...
22:11 - Pembalap Vietnam Tak Terbe...
22:03 - Syamsuar Pertanyakan Kontr...
22:03 - Gelar KBM di Siak, Mahasis...
11:55 - Ribuan Masyarakat Ikuti Fu...
13:49 - Kapolres Siak Pimpin Serti...
10:29 - KIA Dinilai Jadi Beban Bag...
10:20 - Bupati Siak Minta Romario ...
08:27 - Mekanisme Penjemputan Jama...
 
16 Tahun Kabupaten Siak
Hasilkan Banyak Prestasi dan Pembangunan
Senin, 12/10/2015 - 17:55:13 WIB
TERKAIT:
 
  • Hasilkan Banyak Prestasi dan Pembangunan
  • Siak Mampu Berkembang di Usia Belia
  • PNS dan Swasta Diimbau Berpakaian Melayu
  •  

    Di usia ke-16 tahun Kabupaten Siak, berbagai capaian pembangunan dan program serta kegiatan prioritas pelayanan publik diberbagai sektor yang telah dilaksanakan hingga saat ini dalam mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Siak tahun 2011-2016.

    "Sektor pendidikan, sudah ada Peraturan Daerah (Perda) wajib belajar 12 tahun, kita harapkan tidak ada lagi anak-anak putus sekolah dari SD sampai SMA/SMK di Siak," kata Bupati Siak, Drs H Syamsuar, Msi.

    Selain itu juga dilakukan pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) dan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) dari tahun 2011-2015. Di samping tingkat pendidikan dasar dan menengah, Pemkab Siak juga berusaha memajukan jenjang pendidikan tinggi melalui Akademi Komunitas Siak (AKS) yang dimulai tahun 2014 sebanyak 96 mahasiswa untuk 2 jurusan yaitu Teknik Kimia dan Teknik Mesin. Pada tahun 2015 ini AKS kembali menerima 144 mahasiswa, dan saat ini juga sedang dilaksanakan pembangunan fisik AKS serta pengiriman mahasiswa berprestasi Kabupaten Siak ke Perguruan Tinggi melalui beasiswa yang jumlahnya mencapai 224 orang.

    http://www.halloriau.com/foto_berita/1hutsiak.jpg
    Bupati Siak H Syamsuar bersama Kapolres Siak dan rombongan tinjau bazar usai pembukaan Bhayangkara KB Kesehatan

    Dibidang kesehatan, lanjut Bupati, berbagai upaya telah dilakukan guna meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui beberapa kegiatan antara lain, pembangunan sarana prasarana kesehatan dari tahun 2011-2015. Pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat melalui  program Jamkesda sejak tahun 2012. Sampai saat ini, Pemkab Siak telah mengadakan kerjasama dengan 8 rumah sakit rujukan antara lain, RSUD Siak, RS Selasih Pelalawan, RS Arifin Ahmad Pekanbaru, RS Ibnu Sina Pekanbaru, RSJ Tampan Pekanbaru, RS Jantung Harapan Kita Jakarta, RS Cipto Mangunkusumo Jakarta dan RS Ortopedi Solo.

    http://www.halloriau.com/foto_berita/2hutsiak.jpg
    Bupati Siak H Syamsuar menandatangani prasasti rumah layak huni

    Sektor kemiskinan, jelas Bupati, Pemkab Siak menetapkan strategi dan program penanggulangan kemiskinan melalui Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2012 tentang Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Siak. Beberapa program penanggulangan kemiskinan antara lain, bantuan sosial terpadu berbasis keluarga, seperti subsidi raskin, sembako murah, pembangunan rumah layak huni rata-rata 180 unit per tahun, beasiswa keluarga miskin, bantuan peralatan sekolah keluarga miskin berupa seragam sekolah, sepatu dan tas, bantuan sosial bagi fakir miskin dan penyandang cacat, bantuan untuk rumah tangga miskin lansia terlantar per bulan Rp200 ribu serta bantuan sosial kepada yatim piatu.

    http://www.halloriau.com/foto_berita/3hutsiak.jpg
    Bupati Siak menerima Penghargaan WTP dari Menkeu RI

    Selain itu juga terdapat program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat, penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil dengan penyediaan permodalan berupa UED-SP dan KUR, penyelenggaraan promosi produk dan peningkatan kemitraan usaha.

    http://www.halloriau.com/foto_berita/4hutsiak.jpg
    Bupati Siak tinjau pembangunan jalan poros antar desa yang ada dikecamatan lubuk dalam saat melakukan safari ramadhan

    "Melalui upaya mengembangkan mengembangkan sektor periwisata di Kabupaten Siak itu, kita sejatinya tidak sedang mengkomersilkan identitas kebudayaan bagi kemajuan perekonomian daerah semata. Namun yang jauh yang lebih penting daripada itu, melalui kemajuan sektor pariwisata, dengan sendirinya secara tak langsung kita juga turut serta merawat dan mengekalkan eksistensi kebudayaan, agar tetap terpelihara ditengah masyarakat. Sehingga dengan karakter dan kearifan kebudayaan lokal inilah, akan menjadi pijakan bagi kita untuk membangun Sumber Daya Manusia, dengan mendidik dan memperkenalkan generasi muda kita, agar mengenal dan menjiwai nilai-nilai tunjuk ajar dalam kebudayaan melayu. Sehingga dengan generasi serta peradaban melayu yang terus hidup inilah, Siak akan terus dikenal dari zaman ke zaman," paparnya.

    http://www.halloriau.com/foto_berita/5hutsiak.jpg

    Pada tahapan inilah ia berharap, melalui tagline Siak Negeri Melayu yang Sebenarnya, Kabupaten Siak akan menjadi pusat pengembangan kebudayaan melayu baik di Indonesia maupun ditingkat regional Asia Tenggara. Hal ini sesuai dengan Visi Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Siak yaitu "Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Siak Yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera Dalam Lingkungan Masyarakat Yang Agamis Dan Berbudaya Melayu Serta Mewujudkan Pelayanan Publik Terbaik di Provinsi Riau Tahun 2016".

    Berbagai bentuk ikhtiar menjabarkan visi dan misi Pembangunan tersebut kedalam berbagai program dan kebijakan pembangunan, yang sekaligus juga diikuti upaya evaluasi,tentunya terus kita perlukan untuk dapat melaksanakan dan mengukur seberapa jauh capaian kinerja yang menjadi tanggungjawab kita. Hal ini harus dilakukan sejalan, karena tantangan yang dihadapi sangat berat dan beragam, yang dalam perjalanannya memerlukan tindakan dan keputusan serba cepat dan tepat. Untuk itu, dalam rangka memajukan Kabupaten Siak yang kita cintai ini, Pemerintah Kabupaten Siak senantiasa membuka diri untuk setiap saran, kritik, maupun masukan yang bersifat konstruktif, sebab tugas memajukan negeri ini memang tidak mampu dilakukan Pemerintah Daerah sendiri, tapi dengan kerjasama yang baik dengan berbagai mitra pemerintah daerah, serta dengan didukung oleh masyarakat yang sadar akan hak dan kewajibannya, InsyaAllah Siak akan semakin maju dan sejahtera. 

    Memasuki tahun ke-4 dari RPJMD Kabupaten Siak tahun 2011-2016 ini, Pemkab Siak telah berupaya melaksanakan pembangunan diseluruh sektor pembangunan. Alhamdulillah atas ridho Allah SWT, serta dukungan dan doa masyarakat serta sinergi yang hebat dengan instansi mitra pemerintah daerah, progres pembangunan Kabupaten Siak telah menunjukkan kemajuan menggembirakan.

    Berbagai kemajuan pembangunan itu tidak hanya dapat dilihat dari berbagai dampak dan manfaat yang sama-sama kita rasakan pada saat ini. Namun berbagai kemajuan pembangunan itu, diluar dugaan ternyata banyak mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, diantaranya Pemerintah Pusat sebagai pembina penyelenggaraan pemerintah daerah di Indonesia. Terkait apresiasi yang diberikan pemerintah pusat terhadap ikhtiar kita bersama dalam memajukan Siak.

    "Memasuki 4 tahun perjalanan realisasi RPJMD ini, Alhamdulillah sebanyak 129 penghargaan dari berbagai Kementerian dan Instansi Pusat dihadiahkan untuk Kabupaten Siak atas upaya mengaktualisasikan visi jangka menengah Kabupaten Siak tahun 2011-2016,yang dijabarkan dalam 6 prioritas pembangunan Kabupaten Siak, yaitu Peningkatan Status Kesehatan Masyarakat, Tingkat Kecerdasan Masyarakat, Pengembangan Perekonomian Daerah dan Peningkatan Ekonomi Kerakyatan,Pariwisata dan Kebudayaan, Pembangunan Infrastruktur Dasar Daerah, serta Reformasi Birokrasi dan Inisiasi Pelayanan Publik," ungkapnya.

    http://www.halloriau.com/foto_berita/6hutsiak.jpg

    Diantara 129 penghargaan yang diraih Kabupaten Siak tersebut, sepanjang tahun 2015 ini Kabupaten Siak mendapatkan beberapa penghargaan dari pemeintah pusat, diantaranyaPenghargaan Upakarya Wanua Nugraha atas penilaian pembinaan desa dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Penghargaan opini WTP dari BPK-RI dari Menteri Keuangan Republik Indonesia, Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dari Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama dari Presiden Republik Indonesia, Penghargaan Kebudayaan Nasional kategori Pemda dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

    Selain itu, Penghargaan Kategori Pembina BAZNAS Daerah sangat baik dari BAZNAS Pusatjuga diraih Kabupaten Siak dari Menteri Agama Republik Indonesia, Anugrah Pangripta Nusantara (APN) Kabupaten/Kota Tahun 2015dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Kepala Bappenas Republik Indonesia, Penghargaan Dalam Upaya Pencegahan (KARHUTLA) dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, serta Penghargaan Bina Perencanaan Tahun 2015  terbaik se-Provinsi Riau yang diberikan oleh Gubernur Riau.

    Semua prestasi dan apresiasi itu tentulahdapat kita capai berkat kerja keras seluruh aparatur pemerintah daerah yang didukung oleh seluruh komponen masyarakat Kabupaten Siak.

    "Atas dedikasi kita semua, perkenankanlah saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Siak, dan seluruh mitra kerja kami diantaranya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Siak, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Instansi Vertikal, seluruh satuan kerja dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, para pimpinan partai politik, Camat dan Upika, UPTD, para Lurah dan Kepala Desa, Pengurus BPD, Lembaga Swadaya Masyarakat dan NGO, rekan-rekan pers, pelaku dunia usaha, dan seluruh komponen masyarakat yang tak dapat kami sebutkan satu-persatu. Mari kedepan kita tingkatkan kinerja demi kemajuan daerah. Semoga bakti kita untuk negeri istana yang kita cintai ini dicatat oleh Allah SWT sebagai amal ibadah," paparnya.

    Namun disamping euforia dan sukacita yang dirasakan atas pencapaian prestasi itu, saat ini kita dihadapkan pula pada berbagai tantangan dan permasalahan. Tantangan tersebut membutuhkan kerjakeras dan perhatian ekstra kita semua untuk segera dicarikan jalan keluarnya. Diantara beberapa hal yang masih menjadi pekerjaan rumah kita semua, penanganan bencana kabut asap menjadi perhatian khusus disamping tingkat kriminalitas yang menunjukkan trend peningkatan.

    http://www.halloriau.com/foto_berita/8hutsiak.jpg
    Wabup Siak H Alfedri santuni anak yatim di masjid An Nur Kampung Teluk Merbau Kec Dayun

    "Kita telah dan terus akan berupaya menangani musibah kabut asap serta penanggulangan dampak buruk yang dihasilkannya bagi masyarakat. Diantaranya menerjunkan petugas dan relawan karhutla, membuka posko kesehatan untuk bantuan tindakan medis, memberikan dukungan dan koordinasi bagi penegakan hukum oleh aparatur terkait, mensosialisasikan bahaya upaya membuka lahan dengan membakar, serta meningkatkan koordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat," ungkapnya.

    Disamping berbagai ikhtiar itu, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Siak, saya mengajak kita semua untuk senantiasa memohon ampunan dan kasih sayang Allah SWT bagi negeri ini. Mari kita berdoa agar cobaan dan ujian ini lekas berlalu, dan kita semua hingga generasi berikutnya dapat terhindar dari dampak buruk atas musibah yang dipicu tangan-tangan tidak bertanggungjawab ini.

    "Disaat kesabaran dan keimanan kita diuji ini, kita harus tetap optimis melihat kedepan, menghadapi tantangan dan peluang kedepan. Yakinlah bahwa InsyaAllah Badai lekas berlalu. Yakinlah bahwa Allah takkan memberikan ujian diluar kemampuan hamba-hambanya. Karena itu apapun kesulitan yang tengah kita hadapi, mari sesudah menunjukkan ikhtiar terbaik, kita persembahkan tawakkal dan doa yang sempurna hanya kepada Allah SWT, sebagai sebaik-baik penguji, dan sebaik-baik pemberi solusi," ungkapnya.

    "Tak lama lagi kita juga akan menghadapi peristiwa yang amat penting bagi perjalanan sejarah demokrasi di Kabupaten berjuluk negeri istana ini. Dimana nantinya kita semua akan melaksanakan helat pesta demokrasi untuk memilih figur yang akan menahkodai Kabupaten Siak ini kedepan. Agar proses penting dan bersejarah ini dapat berjalan dengan baik. Pemerintah Kabupaten Siak mengajak seluruh pihak dan masyarakat luas agar dapat kiranya menjaga keamanan dan ketertiban di daerah kita cintai ini.  Mari kita dukung terwujudnya Pilkada yang demokratis sebagaimana kita harapkan, karena akan memberikan dampak bagi kita semua tanpa terkecuali selama 5 tahun kedepan," pungkasnya.(ADV)


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
    via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
    bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
    (mohon dilampirkan data diri Anda)

     
    Berita Lainnya :
  • Diduga Banyak Reklame Rokok Langgar Aturan di Inhu
  • Talkshow Word AIDS Day Eka Hospital Pekanbaru Kupas Tuntas HIV/AIDS
  • 26 Kasus Pungli Ditangani Polda Riau, Dumai Terbanyak
  • Berburu Ayam Hutan, Pria Paruh Baya Tewas Terkena Tembakan Senjata Sendiri
  • Bupati Bengkalis Keluarkan Instruksi Pengawasan Pungli
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi Disclaimer Pedoman
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved