Siak
Pemkab Siak | DPRD Siak
 
 
+ INDEX BERITA

16:01 - Berlangsung Semarak, Bupat...
20:07 - Resmikan Gedung Baru Ponpe...
12:32 - Apel Pagi, Bupati Siak Alf...
11:39 - Festival Gasing Internasio...
16:13 - Siak Raih Penghargaan Past...
14:23 - Tahniah Alfedri untuk Seti...
15:39 - Jadi Irup Upacara HUT ke-7...
17:05 - Penanaman 1.000 Bibit Mang...
16:14 - Peringatan Harganas 2019, ...
20:20 - Tepung Tawar dan Pelepasan...
17:32 - Bupati Siak Launching Prog...
21:10 - Alfedri Ingatkan Bapekam h...
14:33 - Tahun ini, Baznas Siak Khi...
13:06 - Bupati Siak Alfedri Lepas ...
20:44 - Bulan Ini, Festival Gasing...
17:26 - Buka Manasik Haji, Alfedri...
15:32 - Hadir di Acara Pramuka, Al...
15:00 - Halal bi Halal Ikatan Masy...
13:10 - Pemkab Siak Kaji Pola Kemi...
19:04 - Perdana di Siak, Dinsos Sa...
 
PT AA-SMF/IKPP Gandeng Marta Tilaar Latih Ibu-ibu Program DMPA
Kamis, 25/04/2019 - 19:17:36 WIB
Program pelatihan Pengenalan Pembuatan Toga (Pembuatan obat-obatan/herbal) dan Pelatihan Beautiful Class.
Program pelatihan Pengenalan Pembuatan Toga (Pembuatan obat-obatan/herbal) dan Pelatihan Beautiful Class.
TERKAIT:

PERAWANG - Rasa kagum dan happy dirasakan perserta Pelatihan Pemberdayaan Perempuan Ibu-Ibu se-Kecamatan Tualang Perawang Kabupaten Siak ketika mendapatkan pelatihan Pengenalan Pembuatan Toga (Pembuatan obat-obatan/herbal) dan Pelatihan Beautiful Class. Pelatihan ini  langsung diberikan oleh tenaga Expert (Tenaga Ahli) dari Perusahaan Perusahaan Produk Kecantik dan Obat-obatan Marta Tilaar Jakarta.

Ini tergambarkan dari antusiasme dari ibu-ibu peserta yang berjumlah 100 orang. Salah seorang peserta Indriawati (40) malah berkeinginan pelatihan ini jangan berhenti hingga 
di sini saja.

Pelatihan Pemberdayaan Perempuan dilaksanakan bertempat di Aula Kantor Desa Perawang Barat Kecamatan Tualang Perawang Kabupaten Siak. Sebanyak 100 orang ibu-ibu berasal dari delapan desa dan kelurahan se Kecamatan Tualang yang juga tergabung sebagao anggota PKK Tualang Perawang. 

Program Pelatihan Pemberdayaan Perempuan yang merupakan salah satu Program DMPA (Desa Makmur Peduli Api) PT Arara Abadi – Sinar Mas Forestry (PT AA-SMF) Region Riau dan CD/CSR PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (PT IKPP) Perawang mengandeng Perusahaan Marta Tilaar. 

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari 23 hinhga 25 April 2019, yang terdiri dari dua event, yaitu event  Pelatihan Obat-obatan dan Pelatihan Beautiful Class (kelas kecantikan). Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua dan Koordinator DMPA SMF Jos Rinaldi serta Miswanto dan Dedi serta Humas PT AA-SMF  Nurul Huda.

"Selama Kami mengikuti pelatihan ini, kami merasakan banyak manfaatnya, karena selama ini tanaman-tanaman yang kami anggap rumput atau Gulma (tanaman yang tidak diinginkan tumbuh pada lahan pertanian atau pekarangan rumah) ternyata bisa diolah menjadi aneka macam makanan, obat-abatan menjadikan kita sehat. Karena tidak mengandung pestisida. Dua hari pelatihan kini kami menjadi tahu, malahan bisa dijadikan olahan kue, aneka minuman, jamu, dan lain-lain dan juga bisa menambah perekonomian dengan menjual hasil olahan dari tanaman-tanaman yang kami anggap tidak bermanfaat tadi," jelas Indriawati.

Beauty Class yang dilatih hari ini, lanjutnya, merupakan pengetahuan dasar yang didapat hari ini. Pengetahuan  bertambah dan dapat menambah income (pendapatan) dari merias kecil-kecilan di lingkungan rumah. Karena itu ia  sangat berterimakasih sekali kepada perusaahaan Group Sinar Mas (PT AA-SMF dan IKPP) atas kegiatan ini. Dan diharapkan kegiatan ini terus ada, berlanjut serta tepat sasaran dan tidak berhenti sampai di sini untuk pemberdayaan perempuan. 

”Program yang kita laksanakan ini Program Pemberdayaan Wanita Tani DMPA bergabung dengan Ibu-ibu PKK se Kecamatan Tualang Perawang. Pesertanya dari Ibu-Ibu di sekitar areal operasional PT AA di Kecamaatn Tualang. Ada 60 orang dan 40 orang dari sekitar Mill Pabrik Group Perusahan kita IKPP dengan total jumlah 100 orang," jelas Koordinator DMPA SMF, Miswanto. 

Kegiatan hari pertama berupa Pelatihan Pengenalan Toga (Tanaman obat-obatan/herbal) dan hari kedua praktek masak-memasak bagiamana cara pembuatan Toga, seperti pembuatan Obat-obatan, Extract, Juice. Berbagai macam manisan, bubur dan kue-kue dengan memanfaatkan tanaman-tanaman yang ada di sekitar rumah dan operasional perusahaan.

"Pada hari terakhir dilaksanakan Beautiful Class untuk Ibu-ibu. Kita berharap dengan adanya kegiatan pelatihan Ibu-ibu ini, akan membantu perekonomian keluarga peserta pelatihan. Ibu-ibu dapat memanfaatkan lahan-lahan milik mereka dengan berbagai macam tananam obat-obatan dengan cara membersihkan lahan. Tentunya nantinya ibu-ibu tidak melakukan praktek pembakaran," kata Miswanto menjelaskan. 

Sementara itu Salah seorang tenaga Expert yang menangani Event specialis dari Marta Tilaar, Sherly Noviansari (27) Kepada media menjelaskan ia melihat para peserta Beautiful class yang di Perawang sangat antusias, sangat berbeda dengan peserta-peserta daerah lainnya yang selama ini ia beri pelatihan.

"Ini terlihat dari sikap dan keinginan peserta yang benar-benar untuk latihan. Dan kami melihat peserta di Perawang ini sangat berbeda dengan kota-kota lainnya, peserta memang benar-benar antusias untuk belajar,” kata Sherly. (rilis)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Bupati Inhil Tinjau Lokasi Kebakaran Pasar Sungai Salak, Tempuling
  • Duh! Parkir di Depan Rumah Tetangga, Mobil Malah Terbakar
  • UIR Terima 34 Mahasiswa UiTM Perlis untuk Internship Programme
  • Tahfiz 10 Juz Rohul Bayu Wibisono Sabet Juara II Nasional STQN XXV di Pontianak
  • Komitmen Dukung Program JKN-KIS, RAPP Raih Penghargaan dari BPJS Kesehatan
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved