Meranti
Pemkab Rohil | DPRD Rohil
 
+ INDEX BERITA

17:24 - Maju Sebagai Cabup, Hamuli...
16:20 - Bupati Sukiman Resmikan Pa...
15:06 - Ratusan Jemaah dan Ormas d...
21:04 - Bupati Sukiman Bangga Wisa...
19:36 - Kunjungi Masjid Agung Isla...
16:32 - Diduga Peras dan Aniaya Wa...
06:21 - Bupati Sukiman Perintahkan...
19:30 - Ini 19 Desa di Rohul yang ...
18:08 - ‎Bupati Sukiman Sebut As...
14:55 - Bupati, Kapolres, dan PMI ...
06:30 - Dukung Program Bupati, Sat...
22:26 - Disnakbun Rohul Bersama Ti...
18:57 - Bupati Sukiman Kunjungi Si...
06:27 - Sukiman Ikut Penjaringan B...
05:19 - Bupati Sukiman Lomba Pacu ...
16:06 - Asap Mulai Pekat, BPBD dan...
18:21 - Sekda Launching Desa Teluk...
18:13 - 41 Penderita TB Paru Dapat...
17:47 - Angin Kencang Disertai Huj...
17:21 - Disdikpora Beri Bonus untu...
12:59 - Dua Orang Pelaku Curat Jun...
12:42 - 70 ASN di Rohul Ikut Ujian...
12:19 - Bantuan DAK 2019, Empat It...
11:58 - Kunker ke Rohul, Ketua Bha...
09:41 - Jamin Daging Sehat dan Aka...
19:54 - Wisata Suligi Hill Rohul M...
17:00 - Pemkab Rohul Bantu Warga K...
21:05 - Sambut 443 JH, Bupati Su...
17:13 - 443 Jemaah Haji Rohul Tiba...
15:34 - Diduga Lakukan Penipuan, M...
21:54 - Dihadiri Bupati, Tradisi R...
19:45 - Bupati Sukiman Berharap 45...
15:14 - Desa Teluk Aur Jadi Percon...
12:13 - Bupati Resmikan Tiga Unit ...
09:18 - DPP Gerindra Tunjuk Novliw...
18:11 - Polres Rohul Bakal Tindak ...
17:59 - Pemkab Rohul Terus Matangk...
16:55 - Pemdes Sialang Jaya Lakuka...
18:03 - Kades Basron Berharap Babu...
17:50 - Setiap Tahun Inilah Bantua...
15:29 - Diangkut 11 Bus, Jemaah Ha...
14:20 - Bupati Sukiman Teken MoU L...
15:35 - Sosialiasi Tertib Berlalin...
14:54 - 80 PNS Pemkab Rohul Ikuti ...
14:16 - Sekwan Akui Sudah ‎Surat...
12:29 - Ratusan Anak Rohul Ramaika...
11:54 - Pembahasan RAPBD-P 2019 Ka...
18:46 - Diskes Rohul Catat 1.243 K...
15:53 - PNS Pengadilan Agama Pasir...
16:10 - Seorang Jadi Tersangka, Ti...
15:12 - Asap Kiriman Kabupaten Tet...
21:18 - Ketua Timsel Sebut Akan Se...
17:22 - HUT ke 68, IBI Rohul Gelar...
16:44 - Mahasiswa Kukerta Unri 201...
16:21 - Tim Satgas Karlahut Rohul ...
20:35 - Tim Penilai HKG Provinsi A...
16:49 - MPW PP Riau Jelaskan Terka...
06:08 - Bupati Sukiman Sebut Pembe...
09:18 - Festival Pesona Danau Sipo...
06:07 - 100 Persen Desa Berlistrik...
 
Tanoto Foundation dan Smeru Teliti Stunting
Sekda Rohul Berharap Masalah Stunting Bisa Teratasi
Kamis, 25/07/2019 - 17:30:42 WIB
Sekda Rohul Abdul Haris, dapat brosur program Tanoto Foundation, didampingi Kepala Bappeda Rohul Nifzar, dan Pihak Smeru Research Institute Asep Kurniawan, di kegiatan Diseminasi Hasil Penelitian Penyusunan Peta Status Gizi Balita di Indonesia.
Sekda Rohul Abdul Haris, dapat brosur program Tanoto Foundation, didampingi Kepala Bappeda Rohul Nifzar, dan Pihak Smeru Research Institute Asep Kurniawan, di kegiatan Diseminasi Hasil Penelitian Penyusunan Peta Status Gizi Balita di Indonesia.
TERKAIT:
 
 

PASIR PANGARAIAN - Pihak Tanoto Foundation gandeng Smeru Research Institutet, lakukan penelitian permasalahan stunting, atau gangguan pertumbuhan kronis pada anak akibat kekurangan nutrisi dalam waktu lama‎ di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Kegiatan itu dikemas saat acara Diseminasi Hasil Penelitian Penyusunan Peta Status Gizi Balita di Indonesia, diprakarsai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rokan Hulu, di Sapadia Hotel Pasir Pangaraian, Kamis (25/7/2019).

Kegiatan dibuka Bupati diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rohul H Abdul Haris SSos, MSi, Kepala Bappeda Rohul Nifzar, Head‎ of Hearly Childhood Education and Development Tanoto Poundation Sri Kusuma Hartini dan rombongan.

Kegiatan juga dihadiri perwakilan dari Smeru Research Institute Asep Kurniawan, perwakilan dari Universitas Riau dan Universitas Pasir Pengaraian, para Kepala Dinas dan Badan di lingkungan Pemkab Rohul, dan lainnya.

‎Sekda Rohul Abdul Haris mengatakan, sangat berterima kasih atas kehadiran pihak Tanoto Foundation, Smeru Research Institute, dan Bunda Nasional yang telah memberikan perhatian khusus ke Kabupaten Rohul dalam mengatasi permasalahan stunting.



Kata Sekda, kehadiran Tanoto Foundation dan Smeru Research Institute di Kabupaten Rohul untuk melakukan penelitian permasalahan stunting itu sangat membantu, mengingat Pemkab Rohul tidak punya sumber daya manusia (SDM) untuk penelitian dan anggaran.

Kemudian tambah Sekda, nantinya dari hasil penelitian diharapkan bisa menjadi acuan bagi Pemkab Rohul dalam menentukan langkah dan rencana-rencana strategis, dan rencana aksi dalam penanggulangan stunting ke depannya.

Dimana Penelitian dilakukan Tanoto Foundation, melalui Smeru Research Institute‎ yang merupakan sebuah lembaga penelitian independen dan terpercaya, ungkap Sekda, memakai pola small area estimation.

Dimana Pola penelitian dari skala-skala kecil mulai desa dan kecamatan, dan mengacu data yang sudah ada sebelumnya, baik mengacu data secara nasional, secara provinsi, dan secara kabupaten‎.

"Hasil penelitian itulah yang dijadikan telaah bagi peneliti, sehingga kita bisa menentukan di beberapa desa itu sebaran-sebaran terutama sebaran penyebab stunting ini," harap Abdul Haris, didampingi Kepala Bappeda Rohul Nifzar, Kamis (24/7/2019).

Sekda beharap, dari hasil penelitian dilakukan Smeru Research Institute di lapangan, membantu Pemkab Rohul dalam mengetahui langkah-langkah yang dilakukan dalam penanggulangan permasalahan stunting ini, apalagi ada sepuluh desa di daerahnya yang masuk kategori stunting.

‎Abdul Haris mengaku, upaya mengatasi permasalah stunting yang tengah dihadapi, Pemkab Rohul telah melakukan upaya-upaya sebelumnya, mulai pembenahan regulasi, menentukan data, dan lainnya, dengan melibatkan lintas sektoral.

"Mulai dari mengkampanyekan apa penyebab stunting ini melalui Dinas Kominfo. Dinas Kesehatan juga melakukan pelayanan kesehatan dengan akses yang lebih mudah dijangkau masyarakat, terutama di sekitar desa desa yang kita mendapatkan data stunting," kata Sekda.

"Juga sudah dilakukan untuk pembenahan-pembenahan lingkungan oleh OPD terkait, karena masalah lingkungan di desa-desa yang cenderung ditemukan stunting ini juga menjadi perhatian khusus bagi pemerintah daerah," tambahnya.

Abdul Haris yang pernah menjabat Kepala Dinas Sosial Rohul mengaku, Kabupaten Rohul kekurangan sumber daya manusia (SDM) khusus dan anggaran untuk penelitian stunting‎ yang dilakukan secara ilmiah dan menggunakan pola small area estimation, merupakan pola penelitian yang terstruktur baik.

‎"Makanya kita berharap dengan bantuan Tanoto, hasil ini kita tidak lagi mengeluarkan biaya dari daerah dan keterbatasan untuk SDM-nya sudah diatasi," ujarnya.

Upaya mengatasi stunting di Kabupaten Rohul, sebut Sekda, sudah beberapa pihak memberikan perhatian, baik dari Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, dan Dinkes Rohul sebelumnya juga telah melakukan upaya penanggulangan stunting.

Abdul Haris berharap, bantuan dari berbagai pihak, termasuk dari Tanoto Foundation dan Smeru Research Institute, maka permasalahan stunting yang terjadi di Kabupaten Rohul segera teratasi.

Kepala Bappeda Kabupaten Rohul, Nifzar, juga berterima kasih kepada pihak Tanoto Foundation dan Smeru Research Institute yang telah membantu daerahnya untuk penelitian permasalahan stunting.

Tanoto Foundation dan lembaga Smeru Research Institute‎, jelas Nifzar, melakukan pemetaan status gizi dan penelitian stunting di 100 daerah yang masuk kategori stunting di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Rohul.

"Rohul masuk dalam salah satu kabupaten dari 100 kabupaten di Indonesia yang masuk kategori stunting dan mendapatkan intervensi program nasional untuk menuntaskan status stunting," kata Nifzar.

"Dati hasil penelitian ini akan menjadi dokumen kita menjadi titik berangkat kita untuk menetapkan intervensi program kegiatan yang terkonsolidasi, konvergensi dengan program pusat provinsi dan kabupaten," tambahnya.

Nifzar menyatakan, cukup banyak program yang harus difokuskan oleh pemerintah, khususnya Pemkab Rokan Hulu dalam upaya penuntasan stunting, melibatkan lintas sektoral.

"Ini program nasional dan kekepedulian dari Tanoto Foundation yang menambah departemen terkait kepedulian SDM dimulai dari anak usia dini," terangnya.

Nifzar mengakui, dari hasil penelitian nanti menjadi titik berangkat bagi daerah dalam menyusun rencana aksi penuntasan stunting di desa-desa yang ada di Kabupaten Rohul ke depannya. (Adv/ Pemkab Rokan Hulu)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Kejari Kuansing Akan Tarik Kendaraan Dinas yang Dikuasai Mantan Pejabat
  • Bersama HIPGABI Riau, PPNI Meranti Bagikan Masker N95 di Selatpanjang
  • Gelar Aksi Damai, Massa Cipayung Nilai Gubri Lamban Atasi Karhutla
  • Diduga Akibat Asap Tebal dan Sarat Muatan, Kempang Bermuatan BBM Karam di Selat Air Hitam
  • Eka Hospital Pekanbaru Peringati The First World Patient Safety Day 2019
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved