Marhaban Ya Ramadhan
 
Lima Tips Cegah Ngantuk saat Siang Hari Setelah Semalaman Itikaf
Senin, 03/06/2019 - 14:05:26 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Meskipun harus begadang, banyak umat muslim yang rela beriktikaf semalaman suntuk, terutama pada 10 malam terakhir di Bulan Ramadan. Risikonya, tidak jarang rasa kantuk melanda saat siang hari ketika beraktivitas.

Tak perlu khawatir, kamu bisa beritikaf semalaman tanpa aktivitas siang harimu terganggu karena mengantuk dengan beberapa tips ini berikut yang sudah dirangkum detikHealth dari berbagai sumber.

1. Makan makanan penangkal ngantuk
Kita perlu memerhatikan apa yang kita makan pada saat sahur selain untuk menambah energi. Agar tidak mengantuk saat siang hari, saat sahur bisa mengonsumsi makanan penangkal ngantuk, seperti pepaya, alpukat, bayam, kacang-kacangan, yogurt rendah lemak, ikan, daging tanpa lemak, edamame, kale, dan buah ceri.

2. Tidur siang
Nggak ada salahnya kok untuk tidur siang saat puasa. Menurut pakar kesehatan Brad Stulberg dan Steve Magness, tidur siang membuat bagian otak yang selalu aktif diberikan kesempatan untuk beristirahat. Sementara itu, tidur siang juga memiliki manfaat untuk konsentrasi otak dan memulihkan energi serta bisa membuat seseorang lebih fokus, produktif, dan kreatif. 

Namun manfaat itu bisa dirasakan bila tidur siang tidak lebih dari setengah jam, kira-kira 15-20 menit. Jangan kelamaan ya!

3. Bekerja di ruangan cukup bercahaya
Bekerja di tempat dengan intensitas cahaya yang terang bisa memengaruhi rasa kantuk seseorang. Bekerja di tempat yang minim pencahayaan bisa membuat tubuh kelelahan dan memunculkan rasa kantuk.

Penelitian menunjukkan bahwa paparan cahaya dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan. Terangilah tempat kerjamu.

4. Bergerak
Beritikaf semalaman dan harus bekerja seharian penuh ditambah berpuasa pastinya melelahkan. Tapi jangan jadikan itu sebagai alasan untuk malas bergerak. Bergerak justru membantu tubuh melawan rasa kantuk yang menyerang.

Sebuah penelitian yang dilakukan seorang profesor di California State University, Robert Thayer, PhD menemukan bahwa berjalan 10 menit bisa meningkatkan energi tubuh selama dua jam. Hal ini dikarenakan berjalan dapat memompa oksigen melalui pembuluh darah, otak, dan otot.

5. Mengalihkan pandangan
Bukan mengalihkan duniamu ya. Kamu hanya perlu sesekali mengalihkan pandanganmu saat bekerja, terutama yang harus bekerja seharian di depan layar komputer. Fokus pada satu objek bisa membuat mata lelah.

Menurut dokter spesialis mata dr Endang Johani, SpM, dari RS Siloam Lippo Village Karawaci, mata harus diberi istirahat saat bekerja termasuk saat membaca Al-Quran. Ini dilakukan agar mata tetap terjaga kesehatannya. (*)



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Satu Juta Lebih Warga Riau Tak Punya Jaminan Kesehatan
  • Prabowo Benarkan akan Bantu Presiden di Bidang Pertahanan, Jadi Menhan?
  • Pemerintah Punya Komitmen Besar Tingkatkan SDM, 74 Penerima Beasiswa Bidik Misi Ikuti Pembinaan
  • Presiden Erdogan Tuduh Negara-negara Barat Dukung Teroris di Suriah
  • Wawako Dumai Ajak Perusahaan Tanam Mangrove Cegah Abrasi
  •  
    Komentar Anda :

     
    IMSYAKIYAH RAMADAN 1440 H/2019
    KOTA PEKANBARU
    IMSYAK SHUBU ZUHUR ASHAR MAGHR ISYA
     
     
    Potret Lensa
    Astra Agro Lestari Buka Bersama Awak Media
     
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved