www.halloriau.com  
Politik
BREAKING NEWS :
Ardiansyah: Ada Upaya Pembatalan SK Saya sebagai Ketua DPRD Meranti
 
Berkas Hasil Rapat Pleno Terbuka Penetapan Segera Dikirim KPU Rohul ke Gubri
Selasa, 23/07/2019 - 15:53:13 WIB
KPU Rohul, gelar rapat Pleno Perolehan Kursi DPRD Rohul.
KPU Rohul, gelar rapat Pleno Perolehan Kursi DPRD Rohul.
TERKAIT:
 
  • Berkas Hasil Rapat Pleno Terbuka Penetapan Segera Dikirim KPU Rohul ke Gubri
  •  

    PASIR PANGARAIAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Rohul Pemilihan Umum (Pemilu) 2019,‎ Senin malam (22/7/2019).

    Rapat Pleno Terbuka di Sapadia Hotel Pasir Pangaraian, dihadiri Bupati diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Rohul M Zaki,‎ Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri SH, Ketua Bawaslu Rohul Fajrul Islami SH, MH.

    Rapat Pleno Terbuka yang dijaga ketat personel Polres Rohul, juga  turut dihadiri Komisioner KPU Riau dari Koordinator Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM Nugroho Noto Susanto, perwakilan Polres dan Kodim 0313/KPR, perwakilan partai politik‎, dan undangan lainnya.

    Dikesempatan itu, Ketua DPRD Rohul Kelmi Amri mengucapkan terima kasih kepada KPU, Bawaslu, TNI dan Polri, serta Satpol PP yang telah ikut menyukseskan Pemilu 2019.

    Kelmi juga mengucapkan selamat ke Partai Gerindra sebagai pemenang Pemilu 2019 di tingkat Kabupaten Rohul. Dirinya menitipkan Rohul ke partai besutan Prabowo Subianto ini untuk lima tahun mendatang.

    ‎Kelmi mengharapkan, Pemilu 2019 menjadi bahan evaluasi KPU RI. Pileg dan Pilpres, menurutnya tidak bisa dilaksanakan serentak. Selain menyita tenaga, sampai-sampai saksi partai kurang tidur.

    Menurutnya, semakin banyaknya jumlah TPS di Pemilu 2019 menjadi 1.515 TPS, membuat partai kewalahan dalam mencari saksi. Bukan itu saja, cost dikeluarkan partai juga cukup besar.

    Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Rohul, M Zaki mewakili Bupati juga berterima kasih ke KPU, Bawaslu, Polres Rohul, Kodim 0313/ KPR, Satpol PP, dan pihak lain yang telah menyukseskan Pemilu 2019 di daerahnya.

    Dirinya mengharapkan, ke-45 Anggota DPRD Kabupaten Rohul terpilih periode 2019-2024 yang akan dilantik tetap bersinergi dan berkoordinasi baik dengan pemerintah daerah, dalam membangun daerah ke depannya.

    Zaki menambahkan, setelah Pleno Terbuka Penetapan, maka selanjutnya KPU Rohul akan mengirimkan berkas ke Gubernur Riau, melalui Bupati Rohul.

    Dikatakan, Ketua KPU Rohul Elfendri, mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah ikut‎ mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019.

    Elfendri‎ menuturkan, setelah pleno, tugas KPU selanjutnya adalah mengirim semua berkas yang diperlukan kepada Gubernur Riau (Gubri), melalui Bupati Rohul untuk diproses.

    "Selanjutnya menjadi kewenangan Gubri selaku perpanjangan tangan Mendagri yang akan menggantikan sesuai dengan akhir masa jabatan anggota DPRD Rohul," kata Elfendri.

    Tambahnya lagi, masa jabatan anggota DPRD Kabupaten Rohul periode 2014-2019 baru berakhir 1 September 2019.‎ Diperkirakan, 2 September 2019 anggota DPRD Rohul periode 2019-2024 sudah dilantik.

    "Kini sudah selesai, tinggal menyerahkan berkas (ke Gubri). Artinya proses pemilu 2019 untuk tingkat DPRD sudah selesai. Kami hanya diberi waktu 7 hari untuk meneruskannya ke Gubernur," papar Elfendri.

    Di tempat yang sama, Komisioner KPU Riau Nugroho Noto Susanto‎, Korwil Rokan Hulu, Rokan Hilir, dan Kampar, mengatakan catatan khusus terkait pleno tidak ada yang terlalu spesifik. Namun,‎ ia menyoroti pleno penetapan tidak seantusias pada pleno rekapitulasi kabupaten beberapa waktu lalu.

    "Pleno penetapan ini nampaknya landai-landai, lebih santai gitu. Ya mungkin karena dianggap pertarungan sudah selesai," kata Nugroho.

    Ujarnya, KPU Rohul menggelar pleno penetapan karena daerah ini tidak ada gugatan di tingkat DPRD kabupaten, sehingga dianggap clear bersama lima kabupaten lain, seperti Rokan Hilir, Pelalawan, Kepulauan Meranti dan Kabupaten Kampar.

    "Enam kabupaten lain masih menunggu proses sidang putusan akhir di Mahkamah Konstitusi, seperti misalnya Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, Dumai, Bengkalis dan kota Pekanbaru," ungkap Nugroho.

    Penulis : Feri Hendrawan
    Editor : Fauzia


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0813 7176 0777
    via EMAIL: redaksi@halloriau.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)

     
    Berita Lainnya :
  • Ardiansyah: Ada Upaya Pembatalan SK Saya sebagai Ketua DPRD Meranti
  • Pangdam I/BB Lepas Satgas Pengamanan Perbatasan RI-Timor Leste di Dermaga A Pelindo Dumai
  • Matangkan Layanan 5G, XL Axiata Kembali Uji Coba Teknologi 5G dan Gencarkan Fiberisasi Jaringan
  • Warga Sinaboi Hina UAS di Facebook, Bupati Rohil Kumpulkan Tokoh Agama
  • New TRITON Siap Mengaspal di Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Warga Riau Protes Tak Dapat Hak Suara
     
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved