Pendidikan
BREAKING NEWS :
Membalik Logika...
 
Miliki Program Pendidikan Lingkungan
SD Global Andalan Pelalawan Raih Adiwiyata Nasional 2016
Jumat, 16/12/2016 - 20:51:03 WIB
TERKAIT:

JAKARTA-Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan 489 sekolah se-Indonesia yang berhasil memperoleh penghargaan sekolah Adiwiyata Nasional 2016.

Untuk Provinsi Riau, penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang mendukung pelestarian lingkungan hidup ini salah satunya diberikan kepada SD Global Andalan Estate RAPP Pelalawan yang diterima oleh Kepala Yayasan Kerinci Citra Kasih (YKCK), Jansen Yudianto di Manggala Wana Bakti, Jakarta, Selasa (13/12/2016).

Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup yang diserahkan Dirjen Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Dirjen Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada 182 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (MI), 182 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, 98 Sekolah Menengah Atas/Masdrasah Aliyah dan 27 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Jansen mengemukakan, SD Global Andalan menjadi salah satu sekolah dari 489 sekolah di seluruh Indonesia yang mendapatkan penghargaan adiwiyata nasional ini. Sementara jumlah sekolah yang diseleksi berjumlah 849 sekolah.  

"Program lingkungan yang telah dijalankan oleh sekolah yang berkaitan dengan lingkungan seperti diantaranya pendidikan lingkungan hidup, program 3R, dan life skills. Kedepan kami juga akan membuat Bank sampah," ujar Jansen.

Kepala Sekolah SD Global Andalan Estate Pelalawan, Lina, mengemukakan, banyak usaha yang telah ia bersama warga sekolah untuk mencapai prestasi ini. Dia menceritakan perlu perjuangan keras untuk menciptakan lingkungan yang sehat. 

"Penghargaan ini menunjukkan sekolah kita (SD Global Andalan estate Pelalawan) sudah bisa diperhitungkan. Tidak mudah kita bisa mendapatkan pencapaian seperti ini," ungkap Lina.

Kepala Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan, Cicilia Sulastri menyampaikan banhwa banyak faktor yang menentukan suatu sekolah dapat terpilih untuk mendapatkan penghargaan adiwiyata.

"Sekolah ini berasal dari 31 provinsi, 132 kabupaten dan 51 kota. Penghargaan Adiwiyata Nasional ini diberikan melalui seleksi administrasi, penilaian dokumen dan verifikasi lapangan yang dimulai Agustus hingga November 2016," ujar Cicilia.

Sarasehan dan pemberian Penghargaan Adiwiyata Nasional ini dianugerahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sekaligus sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Cinta Puspa Satwa (HCPSN). Acara ini juga dihadiri oleh 480 kepala sekolah penerima penghargaan.

Editor: Yusni Fatimah

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Membalik Logika...
  • KPID Riau Gelar Diskusi Ahli Netralitas Media Penyiaran Jelang Pilgubri
  • Plt Bupati Rohul Kembali Wajibkan ASN dan Honorer Salat Ashar Berjamaah
  • Dugaan Jual Beli Tanah Kuburan, Komisi I DPRD Pekanbaru Degarkan Klarifikasi Camat dan Lurah
  • Disperindag Pekanbaru Diminta Evaluasi Investor Pasar Induk
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Agung Toyota Serahkan CSR untuk 7 SMK di Riau
     
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved