Pendidikan
BREAKING NEWS :
Puluhan Kader PP Bengkalis Demo Ikhwanal Amri, Desak Mundur dari Ketua MPC
 
Dalam Scopus, Pusat Data Terbesar Dunia
"Universitas Riau" bukan "University of Riau", Posisi 19 Seluruh Perguruan Tinggi Indonesia
Sabtu, 16/01/2016 - 16:39:15 WIB
<font size="2">Wakil Rektor Bidang Akademis Universitas Riau, Prof Dr Ir Thamrin MSc 
menghimbau dosen agar teliti dalam penulisan nama Universitas Riau. </font>
Wakil Rektor Bidang Akademis Universitas Riau, Prof Dr Ir Thamrin MSc menghimbau dosen agar teliti dalam penulisan nama Universitas Riau.
TERKAIT:

PEKANBARU-Universitas Riau (UR), beberapa waktu lalu masuk dalam daftar Perguruan Tinggi yang diperhitungkan. Pasalnya, UR memperoleh peringkat ke-21 terbaik di antara seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia, dan merupakan peringkat ke-2 di Sumatera berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh dua lembaga, yaitu QS World University Rangking dan Webometrics.

Begitu juga berdasarkan penilaian dari lembaga pemeringkat perguruan tinggi di dunia berdasarkan jurnal dan publikasi internasional yang terindeks Scopus.

UR ditempatkan pada posisi ke-19 diantara 54 Perguruan Tinggi di Indonesia yang terdaftar di Scopus. Yang mana, jumlah jurnal internasional dari dosen UR yang terdaftar di Scopus sebanyak 263 disumbangkan oleh 50 orang dosen UR. Scopus memang dikenal juga sebagai pusat data terbesar dunia, mencakup puluhan juta literatur ilmiah terdiri dari jurnal internasional, buku, makalah konferensi, dan paten.

Seiring dengan hal tersebut, pemeringkatan ini merupakan batu loncatan atas kemajuan dan penilaian UR untuk berbuat lebih baik, seperti meningkatkan jumlah penelitian atau jurnal yang terindek pada jurnal Nasional maupun Internasional, baik itu Scopus ataupun tidak.

Terkait hal tersebut, Rektor Universitas Riau melalui Wakil Rektor Bidang Akademis Universitas Riau, Prof Dr Ir Thamrin MSc menghimbau dan mengingatkan kepada seluruh dosen atau tenaga pengajar di Universitas Riau yang menerbitkan jurnal di Scopus, agar teliti dalam memperhatikan penulisan nama Institusi pada Jurnal, baik skala nasional maupun internasional.

Karena Universitas Riau yang terdaftar pada jurnal Scopus ditulis "Universitas Riau", bukan "University of Riau" atau "Riau University".

"Untuk penulisan nama institusi, yang terdaftar di indeks Scopus adalah "Universitas Riau", bukan "University of Riau" ataupun "Riau University". Selama ini, telah banyak tenaga pendidik yang ada UR yang melakukan penelitian, namun sangat disayangkan ada sekitar 100 jurnal Scopus yang harusnya dapat menambah jumlah jurnal dari Universitas Riau yang terindeks pada Scopus, namun tidak terindeks hanya karena salah dalam menentukan nama institusi, yang semestinya "Universitas Riau", ungkap Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ini mengingatkan.
 
"Lebih lanjut, informasi ini nantinya akan kembali diperkuat melalui surat edaran resmi yang akan dikeluarkan oleh Rektor Universitas Riau dalam waktu dekat", tutup Thamrin.

Editor : Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Puluhan Kader PP Bengkalis Demo Ikhwanal Amri, Desak Mundur dari Ketua MPC
  • Diminta Revisi SK, Pansus RPJMD DPRD Kuansing segera Surati Bupati
  • Jaksa Agung Kritik Pembiaran Stadion Utama Riau Terbengkalai
  • Ketua KPK dan Gubri Kunjungi Stand Telkom
  • Tegakkan Integritas, BPJS TK Ramaikan Pameran HAKI
  •  
    Komentar Anda :

     
    Potret Lensa
    Duta Museum Riau 2016
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi Disclaimer Pedoman
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved