Pendidikan
BREAKING NEWS :
Diduga Banyak Reklame Rokok Langgar Aturan di Inhu
 
Masuk 10 Besar se-Indonesia
Mantap! Kelulusan UN SMP/MTs Riau Capai 99,958 Persen
Sabtu, 14/06/2014 - 08:49:15 WIB

PEKANBARU - Angka kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs Provinsi Riau mengalami kenaikan mencapai 99,958 persen dan tahun lalu hanya berada pada 99,47 persen. Berkat kenaikan itu, Riau masuk posisi 10 besar se-Indonesia terhadap tingkat kelulusan.  

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Dwi Agus Sumarno, didampingi Sekretaris sekaligus Ketua UN Riau, Abdul Kadir mengatakan, persentase kelulusan UN di Provinsi Riau cukup baik, dimana hanya 0,042 persen yang tak lulus dari 91.281 siswa SMP/MTs peserta UN tahun ini.

"Untuk SMP, jumlah peserta yang tak lulus ada 31 orang. Sedangkan di MTs hanya 7 orang," ujar Dwi, dalam acara penyerahan hasil nilai UN dari Disdik provinsi ke kabupaten/kota se-Riau, Kamis (12/6/2014) malam.

Dwi mengatakan dari hasil kelulusan ini, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dan Indragiri Hilir (Inhil) mampu meluluskan 100 persen siswanya. Sementara daerah lain, yakni Rokan Hulu ada satu orang yang tak lulus ditingkat SMP. Pekanbaru (3 SMP, 3 MTs), Dumai (4 SMP), Kampar (4 SMP), Bengkalis (1 SMP), Indragiri Hulu (6 SMP), Rokan Hilir (2 SMP, 1 MTs), Kepulauan Meranti (6 SMP, 3 MTs), Siak (3 SMP) lalu Pelalawan (1 SMP).

"Dari 31 siswa kita yang tak lulus ini kebanyakan dipengaruhi juga oleh nilai sekolah (NS). Dimana, dari NS yang mereka raih itu, sudah terlihat nilainya rendah. Begitu juga disebabkan, memang nilai UN mereka di beberapa mata pelajaran merata rendahnya," lanjut mantan Direktur IPDN Rohil ini.

Kondisi ini, dinilai Dwi bahwa permasalahan bukan berada di sekolah. Mengingat nilai rata-rata sekolahnya cukup tinggi. "Saya melihat masalah ini lebih dipengaruhi oleh pribadi dari siswa bersangkutan. Bisa jadi karena masalah keluarga, pribadi atau yang bersangkutan tak ingin lulus," kata Dwi lagi.

Masing-masing nilai tertinggi untuk setiap mata pelajaran, terang Dwi, adalah Bahasa Indonesia 9,7, Bahasa Inggris 9,9 dan Matematika maupun IPA sama-sama 10. Sementara nilai terendah untuk Bahasa Indonesia 4,2, Bahasa Inggris 3,6, Matematika 3,8 dan IPA 3,9. "Jadi, nilai rata-rata UN di Riau diatas angka 7,5," katanya.

Sedangkan untuk Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket B, jumlah peserta ujian adalah 1.991 orang dan tak lulus hanya 56 orang. "Artinya, tingkat kelulusan Paket B adalah 97,3 persen. Hasil ini juga menunjukkan peningkatan di banding tahun lalu. Lalu, untuk SMP Luar Biasa (LB) belum diumumkan, disebabkan secara nasional masih ada masalah," papar Dwi.

Dari hasil kelulusan ini, Kadisdik menyampaikan terimakasih pada semua pihak. Terutama ketika ujian, kondisi di Riau relatif paling aman dan tak ada kendala. "Ini membuktikan bahwa Riau meski heterogen tapi aman. Selain itu, peran serta para guru juga kita beri apresiasi. Karena atas dukungan mereka, angka kelulusan Riau meningkat baik," katanya.

Penulis : Vivi Eliyati
Editor : Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Diduga Banyak Reklame Rokok Langgar Aturan di Inhu
  • Talkshow Word AIDS Day Eka Hospital Pekanbaru Kupas Tuntas HIV/AIDS
  • 26 Kasus Pungli Ditangani Polda Riau, Dumai Terbanyak
  • Berburu Ayam Hutan, Pria Paruh Baya Tewas Terkena Tembakan Senjata Sendiri
  • Bupati Bengkalis Keluarkan Instruksi Pengawasan Pungli
  •  
    Komentar Anda :

     
    Potret Lensa
    Duta Museum Riau 2016
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi Disclaimer Pedoman
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved