Pendidikan
BREAKING NEWS :
Jurnalis Polandia Nilai Positif Praktek dan Dampak Industri Sawit di Indonesia
 
Kuliah Malam UMRI Beri Kemudahan Mahasiswa
Senin, 30/12/2013 - 07:08:26 WIB

PEKANBARU-Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) memberikan kemudahan bagi mahasiswa non reguler yang memilih program kuliah malam hari. Pasalnya, mereka yang mengambil program ini adalah mahasiswa yang sudah bekerja. 

"Kita memberikan berbagai kemudahan bagi mahasiswa kita yang sudah bekerja. Lewat program non reguler yang kita tawarkan, mereka dapat menyesuaikan jam kuliahnya, dalam artian jika mereka bekerja di siang hari maka kita membuka kelas malam untuk mereka. Sebaliknya, bila mereka bekerja malam hari maka kita menawarkan kuliah siang," ujar Kabiro Umum dan Keuangan UMRI, Baidarus MM MAg. 

Jadi, terangnya, pihak kampus memberi jadwal kuliah fleksibel kepada mahasiswanya yang bekerja. Malah, diakui Baidarus, ada sekitar 60 persen mahasiswanya yang mengikuti program non reguler tersebut. "Dan pada umumnya, mereka itu memilih jadwal kuliah malam hari," sebutnya.       

Terkait aturan administarasi perkuliahan, katanya lagi, program non reguler bagi mahasiswa bekerja ini sama dengan mereka yang mengambil program reguler. "Bedanya hanya ada di uang semester, dimana sedikit lebih tinggi untuk program non reguler yang memilih kuliah pada malam hari," papar Baidarus.

Tak hanya itu, lanjutnya, kemudahan lain yang diberikan pihak UMRI adalah kelonggaran tak hadir alias alfa selama empat hari paling lama dalam satu semester. Pertimbangan ini lebih diberikan kepada mahasiswanya yang bekerja lembur.

"Meski begitu, kita tetap menggaris-bawahi bahwa tingkat kehadiran mahasiswa harus 75 persen pada setiap dosen bidang studi," jelasnya.

Baidarus mengatakan, kelas malam bagi mahasiswa program non reguler ini mulai dibuka pada 2008 lalu. Program ini hadir dilatarbelakangi untuk membantu mereka yang sudah bekerja mendapatkan ijazah sarjana.

"Program kelas malam ini ditawarkan untuk semua jurusan, kecuali prodi keperawatan. Adapun jadwal perkuliahan malam itu adalah pukul 20.00 wib hingga 22.30 Wib dengan 2 SKS per hari," katanya.

Mengenai prosedurnya, sambung Baidarus, mahasiswa terkait mengajukan program kuliah malam ini ketika dirinya melakukan pendaftaran awal masuk UMRI. "Saat pendaftaran awal, kita memberi pilihan kepada mereka yang memilih program non reguler, apakah masuk kelas pagi atau malam. Ternyata, sebagian besar mahasiswanya lebih memilih kuliah malam, dengan alasan siang hari bekerja," ucapnya. (Riko S/MRNetwork)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Jurnalis Polandia Nilai Positif Praktek dan Dampak Industri Sawit di Indonesia
  • Pemkab Siak Terima CSR dari Bank Riau Kepri
  • Belum Sempat Transaksi Sabu, Dua Warga Kampar Diciduk Polisi
  • Disnaker Riau Saksikan Penandatangan PKB Serikat Pekerja di Pelalawan
  • Sambil Bersepeda, Kapolres Inhu dan Jajaran Berikan Sembako kepada Korban Banjir
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Unjuk Rasa Honorer K2
     
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved