Pendidikan
BREAKING NEWS :
Sambut Hari Kartini, Tim Safety Riding CDN Riau Edukasi Berkendara Wanita
 
UIR-IIUM Sepakat Gelar Konferensi Universitas Islam se Asia Tenggara
Jumat, 22/03/2019 - 09:09:55 WIB
Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH MCL dengan Rektor IIUM Prof Dzulkifli Abdul Razak
Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH MCL dengan Rektor IIUM Prof Dzulkifli Abdul Razak
TERKAIT:

KUALA LUMPUR - Di tengah pesatnya perkembangan tekhnologi informasi dan  industrialisasi, dunia pendidikan Islam mengalami tantangan yang sangat berat. Supaya dapat keluar dari cabaran itu, Universitas Islam Riau (UIR) dan International Islamic University Malaysia (IIUM) sepakat akan menggelar konferensi universitas Islam se Asia Tenggara pada akhir tahun 2019.

Kesepakatan itu lahir dari pertemuan Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH MCL dengan Rektor IIUM Prof Dzulkifli Abdul Razak di Rektory Building Kampus IIUM Kuala Lumpur, Kamis sore (21/3).

Hadir di pertemuan itu, Wakil Rektor III Ir Rosyadi, Dekan Fakultas Hukum Dr Admiral, Dekan FIKOM Dr Abdul Aziz, Dekan Psikologi Yanwar Arif M.Psi, Kepala Kantor Urusan International Dr Husnul Kausarian, Kabag Humas dan Protokoler Dr H Syafriadi, Presiden BEM Hengky Primana dan Sekretaris Menteri Pendidikan Rahmayudi. Dari Sementara IIUM, Rektor didampingi Timbalan Rektor dan Assoc. Prof Dr Maizirwan Mel, putera Riau yang juga dosen di IIUM.

Ide menggelar konferensi perguruan tinggi Islam awalnya dilontar Rektor UIR kepada Rektor IIUM. Selain ingin mengupas tantangan-tantangan yang dihadapi juga untuk menyamakan visi antarsesama universitas Islam.

''Saya setuju ide Pak Rektor. Sudah saatnya kita sesama university duduk dalam sebuah konferensi untuk membahasnya. Apalagi kita di rumpun Asia Tenggara memiliki banyak kesamaan dalam kebudayaan,'' kata Rektor IIUM yang akrab disapa Tan Sri.

Tan Sri menyatakan, bersedia menjadi tuan rumah dan mengundang peserta konferensi. Menurutnya, sekarang merupakan moment paling tepat bagi universitas Islam duduk dalam satu majelis. Kita, katanya, juga memiliki kewajiban tidak saja memajukan dunia pendidikan Islam tetapi masyarakat dalam satu kawasan Asia Tenggara supaya hubungan, mobility student dan lain-lain dapat lebih diselaraskan.

''Insha Allah akhir tahun akan kita selenggarakan konferensi. Saya setuju IIUM menjadi tuan rumah. Konsep konferensi akan kita bahas pada pertemuan lanjutan. Minimal antara Indonesia dan Malaysia dulu yang hadir ,'' ucap Tan Sri seperti dilaporkan Kabag Humas UIR Syafriadi dari Kuala Lumpur.

Diakui, dunia pendidikan Islam dewasa ini dihadapkan banyak cabaran, dan tantangan itu perlu kita bahas bersama. Lalu dicarikan solusinya. ''Terima kasih kepada Pak Rektor. Idenya patut diapresiasi,'' imbuhnya Tan Sri.

Ia mengaku terkesan dengan kedatangan Rektor UIR dan rombongan ke IIUM. Bahkan menyebut, pertemuan antara dirinya dengan UIR bagai dua keluarga yang sudah terpisah cukup lama, sekarang kembali bersatu. ''Banyak hal yang membuat saya dan Pak Rektor mempunyai kesamaan. Harapan saya kedatangan UIR bersama dekan-dekan membuat hubungan IIUM-UIR lebih baik. Silakan ditindak lanjuti kesepakatan yang telah dibahas oleh masing-masing fakulti,'' tandas Tan Sri.*

[]relis

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Sambut Hari Kartini, Tim Safety Riding CDN Riau Edukasi Berkendara Wanita
  • Baru Hirup Udara Segar, Dua Mantan Napi Diciduk saat Hendak Buka Lock Hp Curiannya
  • Minta Kapolri dan Kapolda Beri Perhatian, Aktivis Pospera Riau Soroti Kematian Andri Arisko
  • Lima Kali Gagal Tes, Pemuda di Selatpanjang 'Diserbu' Satu Pleton TNI Bersenjata Lengkap
  • Kelelahan Kerja dari Subuh ke Subuh, Ketua KPPS di Pekanbaru Terkena Stroke
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    UNBK Tingkat SMA Sederajat
     
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved