www.halloriau.com
Otomotif
BREAKING NEWS :
Lepas 373 Mobil di Toyota Expo, Berikut Rincian Modelnya
 
Dilaunching 10 Maret, Ini Teknologi New Ertiga Diesel Hybrid
Selasa, 07/03/2017 - 17:47:48 WIB

PEKANBARU (halloriau) - Inovasi dan terobosan telah dilakukan Suzuki untuk salah satu andalan generasi terbaru dari low MPV andalannya yakni, New Ertiga Diesel Hybrid. Untuk pasar kota Pekanbaru, Provinsi Riau, launching New Ertiga Diesel Hybrid digelar di Atrium Siak, Mal Ska, Pekanbaru, Jumat (10/3/2017).

Apa saja sajian teknologi terdepan New ertiga Diesel Hybrid ini. Berikut liputannya.

Eksterior Identik dengan Ertiga Bensin

Secara desain, eksterior Ertiga Diesel Hybrid ini tidak jauh beda dengan Ertiga bensin yang sudah dijual SIS sebelumnya. Namun, Suzuki juga memberikan beberapa fitur baru pada eksterior mobil ini.


Ertiga Diesel Hybrid ini dibekali headlamp with leveling feature. Jadi, posisi sorotan lampu depan bisa disesuaikan secara manual oleh pengemudi.

Kemudian, ada emblem di bagian belakang bertuliskan 'hybrid' dan di bagian kanan kiri bodi mobil ada tulisan DDiS sebagai identitas mobil diesel dengan teknologi hybrid ringan. Di bagian belakang mobil juga terdapat defogger untuk meminmalisir embun di kaca belakang.

Di bagian belakang Ertiga Diesel Hybrid ini pun sensor parkirnya ditambah. Kini, total ada empat titik sensor parkir di Ertiga Diesel.

Yang segar dari Ertiga Diesel adalah warnanya. Mobil yang diuji detikOto ini memiliki warna Granite Grey Metallic, warna yang belum ada di Ertiga bermesin bensin. Selain itu, Ertiga Diesel juga ditawarkan dengan warna Superior White dan Silky Silver Metallic.

Interior

Interior Ertiga Diesel pun tak jauh berbeda dengan Ertiga bermesin bensin, khususnya Ertiga tipe GX. Mobil ini dilengkapi dengan power window auto down untuk posisi sopir serta ditambahkan dua tweeter di depan untuk kualitas audio yang lebih baik.



Fitur lainnya adalah AC with heater. Jadi, AC tidak hanya memberikan udara dingin, tapi juga udara hangat untuk kenyamanan jika kondisi cuaca sedang dingin.

Kemudian terdapat tombol SHVS switch on/off. Tombol ini untuk mengaktifkan/menonaktifkan fitur idle start/stop system.

Sekadar diketahui, Ertiga Diesel Hybrid saat ini hanya ditawarkan transmisi manual. Meski begitu, di layar multi information display (MID) Ertiga Diesel Hybrid ini terdapat indikator gigi. Indikator ini memberikan saran kepada pengemudi untuk mengganti gigi demi mendapatkan efisiensi maksimal. Jika ada tanda panah ke atas pada indikator itu, maka pengemudi disarankan untuk menaikkan gigi, begitu sebaliknya jika ada tanda panah ke bawah. Jika indikator ada gambar bulat di sebelah angka posisi gigi, maka mobil disarankan untuk tetap pada posisi gigi itu.

Kemudian ada day night mirror. Fitur ini dibutuhkan saat malam hari, apalagi jika headlamp kendaraan belakang terlalu terang dan menyilaukan.

Teknologi Hybrid Ringan
Sistem hybrid di Ertiga Diesel ini tergolong hybrid ringan. Jadi, bukan seperti teknologi hybrid pada kendaraan premium lainnya yang menggunakan baterai lithium-ion dan motor listrik.

Bedanya, sistem hybrid ringan ini penggunaan mesin bakarnya lebih dominan daripada daya elektrikalnya. Sistem hybrid pada dasarnya menggunakan dua jenis atau lebih sumber tenaga. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini menggabungkan mesin diesel dengan motor listrik yang didukung oleh aki 70 Ah. Ada tiga komponen utama di sistem ini yaitu mesin diesel D13A, baterai khusus 70 Ah dan Integrated Starter Generator (ISG).



ISG memiliki dua fungsi dasar. Pertama sebagai generator di mana saat deselerasi ISG menangkap energi untuk charge ulang energi dan menyimpannya di baterai. Yang kedua ISG sebagai motor yang memberikan tambahan torsi ke mesin, saat akselerasi.

Ada 4 fungsi pada sistem hybrid ini. Keempatnya yaitu Idle Stop/Start System, Brake Energy Regeneration, Torque Assist Function dan Gear Shift Indicator.

Fitur idle start/stop system memungkinkan mesin bakal mati ketika kendaraan dalam keadaan berhenti. Baterai pada mobil ini bertugas memberikan tenaga listrik ketika mesin sedang mati. Jadi Fitur-fitur kelistrikan mobil akan tetap berjalan normal.

Kemudian Brake Energy Regeneration yaitu ISG akan menangkap energi untuk charge ulang energi dan menyimpannya di baterai saat deselerasi atau pengereman.

Selanjutnya ada torque assist function. Ini bertugas untuk memberikan tambahan torsi ke mesin saat akselerasi. Pada saat berakselerasi, ISG memanfaatkan energi dari baterai untuk berperan sebagai motor. ISG membantu mesin untuk memberikan tenaga dorong lebih sehingga beban mesin sedikit berkurang tapi putaran mesin ringan dan mendukung efisiensi bahan bakar.

Terakhir adalah gear shift indicator. Ini merupakan fitur pemandu pengemudi untuk berkendara lebih irit lagi.

Performa

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid menggunakan mesin Diesel berkode D13A dengan kapasitas mesin 1300cc DOHC. Mesin itu juga ditambah dengan teknologi DDiS (Diesel Direct Injection System).

Diklaim, mesin diesel ini mampu menyemburkan tenaga hingga 89 PS pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan. Ya, Suzuki belum menawarkan Ertiga Diesel dengan transmisi otomatis.

Seperti dilansir di detikOto, telah menguji mobil ini di berbagai medan jalan di Jakarta-Bogor-Jakarta. Rute yang ditempuh dari Jakarta ke Bogor melalui jalan tol Jagorawi hingga jalur Bukit Pelangi yang memiliki beberapa tanjakan terjal.

Di jalan tol, mobil ini cukup enak untuk diajak berakselerasi. Di jalur menanjak pun tenaganya masih bisa diandalkan. Torsi yang cukup besar, 200 Nm di 1.750 rpm mampu membantu Ertiga Diesel untuk menaklukkan setiap tanjakan.

Ertiga Diesel dengan sistem hybrid ringan ini juga diklaim irit bahan bakar. Berdasarkan pengujian di BT2MP-BPPT, konsumsi BBM Ertiga Diesel Hybrid tembus 22,6 km/liter.

Sementara itu, Ertiga Diesel juga terasa nyaman baik untuk pengemudi maupun penumpang. Meski bermesin diesel, suara raungan mesinnya tidak kentara masuk sampai kabin. Apalagi jika sistem audionya menyala. Soal handling, mobil ini pun cukup lincah. Mobil ini masih enak untuk diajak berkelok-kelok.

Editor: Budy Satria



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Lepas 373 Mobil di Toyota Expo, Berikut Rincian Modelnya
  • Seventeen Semarakkan Toyota Expo, Agung Toyota Bukukan 373 SPK
  • Buruan Kunjungi Toyota Expo, Hanya Tinggal Dua Jam Lagi Berakhir
  • Pemko Pekanbaru Terima Hibah Pusat Rp8 Miliar
  • Kasawan Kumuh di Pekanbaru Dapat Jatah Rp7 Miliar dari Pemko
  •  
    Komentar Anda :

     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     

    <br>
    15 Tips & Trik Perawatan Mobil Honda yang Bisa Dilakukan di Rumah
    Tips Memanaskan Mobil
     
    MobiL
    Karyawan Agung Toyota Diberi Penghargaan
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved