www.halloriau.com
Otomotif
BREAKING NEWS :
Sebutkan Nama Ikan Khas Riau, Gubri Hadiahi Guru di Rohul Sebuah Laptop
 
Dari Kunjungan ke Pabrik Toyota Karawang
Setiap 2,4 Menit, Lahir Satu Mobil Toyota
Jumat, 19/09/2014 - 14:52:16 WIB

DARI ribuan customer mobil Toyota di wilayah Riau, barangkali masih banyak yang belum tahu jika mobil yang mengaspal di jalanan Kota Pekanbaru ini 90 persen buatan lokal. Bahkan 90 persen dari mobil yang dilahirkan di pabrik perakitan Toyota di Karawang International Industri, Jawa Barat (Plant II) itu hanya butuh waktu 2,4 menit untuk melahirkan satu mobil.

Nah bagaimana proses lahirnya mobil di pabrik Toyota Karawang di Plant I dan II ini? Berikut liputan hasil kunjungan halloriau.com dalam Toyota Indonesia Media Plant Visit, Rabu (17/9/2014).

Decak kagum dan rasa penasaran jelas terlihat dari raut muka puluhan jurnalis, baik media cetak dan online saat diberikan kesempatan mengunjungi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) selaku pabrik perakitan mobil Toyota di Indonesia. Rasa letih selama 1,5 jam di perjalanan pun hilang seketika karena
mendapatkan sebuah pengalaman baru.

Sebelum memasuki area pembuatan mobil, para jurnalis hampir dari seluruh provinsi ini terlebih dahulu mendapat penjelasan dari manajemen PT TMMIN. Mulai dari perndirian pabrik, yang dibagi atas 3, Plant 1, Plant 2 dan Plant 3 yang sedang dibangun, perkembangan Toyota di Indonesia hingga penetrasi di dalam
dan luar negeri.

Setelah mendapatkan pengarahan terhadap prosedur yang harus diikuti di areal industri, terutama dalam hal standard keamanan, para jurnalis pun diantarkan dengan 3 bus menuju kawasan pabrik.

Memasuki gedung pabrik, para jurnalis, termasuk halloriau langsung disuguhkan pemandangan kesibukan para karyawan dalam memproduksi mobil.


Di sela-sela kunjungan, Manager Assembly Produksi TMMIN, Victor terlihat sibuk memberikan penjelasan, terutama menjawab berbagai pertanyaan dari para jurnalis.

Fantastis! Hanya dalam tempo 2,4 menit akan lahir (diproduksi) satu mobil baru. Itulah salah satu kalimat terlontar dari seorang jurnalis dari wilayah Sumatera, tepatnya Kota Medan.

Dijelaskan Victor, proses pembuatan mobil dimulai dari proses welding, painting dan assembly, termasuk final inspection. Dalam final inspection akan dicek kecepatan, kondisi rem dan kebocoran (mobil Vios, Etios Valco, All New Yaris dan Limo).

"Semua proses berjalan secara beriringan sehingga dalam waktu 2,4 menit akan ada satu mobil yang diproduksi di pabrik Plant 2 ini. Nah untuk jumlah per harinya mencapai 340 unit dengan estimasi jam kerja sekitar 15 jam. Delapan jam siang dan 7 jam malam hari (tanpa lembur) dengan jumlah karyawan 1.000 orang untuk dua shift," jelas Victor.

Dari penjelasan tersebut, akhirnya diketahui 90 persen mobil Toyota yang dijual di pasar dalam negeri, termasuk Riau adalah hasil produksi pabrik di Kerawang dengan komponen lokal 90 persen. Sehingga mobil seperti Innova, Fortuner, Vios, Etios Valco dan Yaris bukanlah mobil "Made in Jepang" seperti yang selama
ini kita ketahui, melainkan mobil "Made in Karawang" alias Made in Indonesia.

Pabrik Plant 1
Di pabrik Toyota Karawang ini juga terdapat Plant 1 yang beroperasi sejak tahun 1998 dengan kapasitas produksi 120 ribu unit mobil per tahun. Untuk Plant 2 Kerawang dengan kapasitas 130 ribu unit mobil per tahun yang beroperasi sejak 2013.

Untuk Plant 1 khusus memproduksi mobil Innova dan Fortuner. Seluruh proses hingga menjadi 1 unit mobil siap dipakai tentunya menggunakan teknologi canggih yang menjadi standar Toyota Jepang. Pembuatan mobil juga sangat cepat. Dari proses awal hingga mobil siap pakai, hanya butuh waktu 1,6 menit. Dalam tempo 1,6 menit itu lahirlah 1 unit mobil yang sudah jadi 100 persen.


Di pabrik Plant 1 ini mampu memproduksi sekitar 500 unit mobil Innova dan Fortuner. Perbandingan jumlahnya hampir sama dalam setiap hari, namun Innova yang paling banyak. Semua mobil yang diproduksi ini untuk dipasarkan dalam negeri.

Sebelum kembali menuju penginapan, akhirnya para jurnalis pun tahu, mobil dari PT TMMIN yang sudah jadi dikirim ke PT Toyota Astra Motor (TAM). Dan selanjutnya, dari TAM didistribusikan ke dealer-dealer Toyota termasuk ke PT Agung Toyota di Wilayah Riau, seperti di Agung Toyota Sutomo, SM Amin,
Arengka, Duri, Pangkalan Kerinci sesuai permintaan dari customer di masing-masing dealer.

Penulis/Editor: Budy Satria






Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Sebutkan Nama Ikan Khas Riau, Gubri Hadiahi Guru di Rohul Sebuah Laptop
  • Baru Lima Bulan Jualan di Lazada, Nadi Sudah Untung Banyak
  • Baru Bangun, Bandar Sabu Ngumpet di Kos-kosan Pekanbaru Tak Berkutik Digelandang Polisi
  • Biang Kerok Kemacetan, Dewan Minta PKL di Pekanbaru Tidak Kucing-Kucingan dengan Petugas
  • Update Style Terbarumu, Yuk Kunjungi Cantik Butik Lalu Pilih Pakaian Muslim Modis Sesuai Gayamu!
  •  
    Komentar Anda :

     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     

    <br>
    15 Tips & Trik Perawatan Mobil Honda yang Bisa Dilakukan di Rumah
    Tips Memanaskan Mobil
     
    MobiL
    Peresmian Dealer Wuling di Pekanbaru
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved