www.halloriau.com
Olahraga
BREAKING NEWS :
Pejabat Meranti Punya Wanita Simpanan di Hotel
 
Dari 33 Jumlah Jalur Inhu, 22 Jalur Masih Bertahan, 2 Patut Diwaspadai
Kamis, 24/08/2017 - 09:26:21 WIB

TELUK KUANTAN - Ada 33 jalur yang mewakili Kabupaten Indragiri Hulu ikut pada pacu jalur tradisional tahun 2017 di Tepian Narosa Teluk Kuantan yang digelar selama empat hari ke depan, dimulai Rabu (23/8/2017), dan akan berakhir pada Sabtu (26/8/2017) nanti.

Pada pacu jalur hari pertama yang dimulai Rabu (23/8/2017), sebanyak 22 jalur dari Kabupaten Inhu berhasil melaju ke hari kedua setelah menang pada hari pertama mengalahkan lawan-lawannya.

Sementara 11 jalur asal Kabupaten Inhu lainnya harus menelan pil pahit kalah dihari pertama pacu jalur dan harus pulang kandang kekampung halaman.

Dari pengamatan halloriau.com saat pacu jalur berlangsung, dari 22 jalur asal Inhu yang lolos kehari kedua, ada dua buah jalur yang cukup menjadi perhatian pengunjung yakni jalur Buayo Kuning Keramat Dubalang Hitam Desa Redang pada hari pertama berhasil mengalahkan salah satu jalur yang diunggulkan yakni jalur Pulau Laghe Mandulang Untuang Desa Pulau Madina Kuantan Hilir Kuansing.

Kemudian jalur Inhu lainnya yang cukup menjadi perhatian pengunjung pada hari pertama pacu jalur yakni jalur Tiga Putri Olak Keramat Desa Sialang Raya sang runer up pacu jalur di Inhu beberapa waktu lalu, jalur ini berhasil mengalahkan mantan juara Nasional jalur Singa Kuantan Adhyaksa Kuansing Desa Sungai Pinang dengan kekalahan yang cukup tipis.

Kedua buah jalur ini selain memiliki kondisi jalur yang bagus, dari segi fisik sangat terlihat sekali jalur ini memiliki atlit jalur yang terlatih dan kuat dalam berpacu. Untuk bisa menang, memang faktor jalur dan fisik atlit menjadi salah satu penentu kemenangan dalam berpacu. 

Makanya sebelum mengikuti pacu jalur di Tepian Narosa Teluk Kuantan, para atlet jalur ini sudah berbulan-bulan menggelar latihan meskipun kadang dilakukan tiga kali dalam satu minggu.

Kemudian jalur Inhu lain yang melaju kehari kedua adalah jalur Tuah Kalajengking Desa Danau Baru yang merupakan mantan juara Nasional dua tahun lalu. Kemudian ada jalur Tuah Longge Zerapi Indragiri Desa Danau Baru, jalur Lompatan Sungai Mangkuang Sakti, jalur Mambang Siluman, jalur Kibasan Siluman Buaye Muare Puteh Desa Pekan Heran.

Selain itu jalur Inhu yang berhasil melaju kehari kedua yakni jalur Lima Dubalang Raje Desa Danau Baru, jalur Madu Kinantan Pusako Nagoghi Desa Pematang Benteng, jalur Meriam Keramat Ghajo Bujang, jalur Panah Ombak Sutan Mudo Indragiri Paranap, jalur Sialang Soko Putri Mandi Paranap, jalur Rajo Ngarai Rawang Lintah Peranap, jalur Batu Keramat Tuah Negeri Peranap, jalur Ular Serang.

Selanjutnya ada jalur Tuah Ratu Panglimo Nago Peranap, jalur GAPI Gabungan Anak Pacu Indragiri, jalur Garuda Putih, jalur Putri Cahaya Sialang desa Setako Raya, jalur Buayo Kuning Keramat Dubalang Hitam desa Redang, jalur Putri Dubalang desa Redang, jalur Tiga Putri Olak Keramat desa Sialang Raya, jalur Muyang Siampu Rimbun Batuah Kota Medan
dan jalur Selendang Putri Bukit Limo desa Setako Raya.

Sementara 11 jalur asal Inhu yang kalah pada hari pertama diantaranya, jalur Putri Koning Dayang Sumbing, jalur Batu Hijau Tuah Negeri Peranap, jalur Untung Bertuah, jalur Laba-Laba Rimbo, jalur Tuah Raja Alam Dusun Nan Tige Petalongan, jalur Gempuran Meriam Danau Panglimo Sakti, jalur Tanjung Ghasau Benteng Betuah desa Pembatang Benteng, jalur Gharin Keramat Tuah Binio Kampung Medan, jalur Pandan Baiduri, jalur Dubalang Kuning Ambang Dilaut Peranap dan jalur Panyongat Itam.

Selain Kabupaten Inhu, Kabupaten Kuansing juga memiliki jalur andalan salah satunya adalah Tuah Koghi Dubalang Ghajo desa Pintu Gobang Kari Kecamatan Kuantan Tengah. Jalur andalan masyarakat kenegrian Kari ini pada 2017 sudah berhasil tiga kali berturut-turut menjadi juara satu ditiga ajang pacu jalur, satu pada ajang ujicoba dan dua ada pacu jalur Rayon di Hulu Kuantan dan Sentajo Raya.

Selain Tuah Koghi, juga ada jalur Siposan Rimbo desa Pauh Angit Pangean, Palimo Olang Putie desa Sungai Alah, Toduang Biso Pebaun Hilir. Kemudian jalur pendatang baru Koghi Pusako Tuah Nagori desa Banjar Guntung dan Ratu Sialang desa Bukit Kauman.

Juga ada jalur Sang Ratu Wihelmina desa Koto Kombu, Sijontiak Lawuik Pulau Tanamo IKC Adhyaksa Kuansing desa Pulau Jambu Cerenti, jalur Jitu Kuantan desa Pulau Busuk Inuman. Kemudian ada jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori desa Kampung Baru Gunung Toar, Lintah Jalang desa Petapahan. Jalur Meriam Onggang Parau desa Kepala Pulau Baserah, Kahulu Jantan Danau Kompe dari Benai, dan banyak lagi jalur Kuansing yang bisa diandalkan. Rata-rata jalur yang lolos ke putaran kedua merupakan jalur andalan baik desa, Kecamatan maupun Kabupaten.

Penulis: Robi Susanto
Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Pejabat Meranti Punya Wanita Simpanan di Hotel
  • KSPSI Tunggu Salinan Putusan MA
  • Gubri akan Sampaikan Permintaan Ribuan Buruh PT RAPP ke Mentri LHK
  • Telkomsel Raih Tambahan Spektrum di Frekuensi 2,3 GHz
  • Bupati Syamsuar Lepas Rombongan Bikers Siak Menuju Kota Batu Jawa Timur
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Tim Basket SMPN 13 Pekanbaru
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved