www.halloriau.com
Olahraga
BREAKING NEWS :
Puluhan Kader PP Bengkalis Demo Ikhwanal Amri, Desak Mundur dari Ketua MPC
 
Main Stadium PON Riau Termodern di Indonesia
Perpaduan Arsitektur Melayu dan Berbagai Negara Dunia
Jumat, 22/07/2011 - 09:43:58 WIB
Main Stadium PON Riau di kawasan Universitas Riau,masih dalam tahap pembangunan
Main Stadium PON Riau di kawasan Universitas Riau,masih dalam tahap pembangunan
TERKAIT:

PEKANBARU-Berdiri di atas lahan seluas 80 hektar di kawasan Universitas Riau, Pekanbaru, stadion yang bisa menampung penonton 43 ribu orang atau separuh dari Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta ini akan menjadi Stadion Utama Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XVIII pada 2012 mendatang. Main Stadium PON Riau tersebut akan menjadi stadion paling modern di seantero Tanah Air.


Walau tahap pengerjaan masih 87 persen, tetapi gambaran tanda-tanda kemegahan stadion ini sudah terlihat secara kasat mata baik di luar maupun di dalam. Dengan luas bangunan 74.543 meter persegi di area dalam, konsep area bangku penonton menganut sistem stadion canggih di dunia yakni dengan sistem seat, tidak lagi menggunakan bangku gabungan seperti yang kebanyakan dipakai di stadion Indonesia.

Desain dalam stadion sendiri mengambil arsitektur perpaduan Eropa dan Melayu dengan mengadopsi konsep stadion negara maju seperti Inggris, yang terkenal dengan stadion nasionalnya Wembley-nya. Penunjang atap stadion terbuat dari plat baja yang menjulang dan melengkung membuat penonton akan merasa seperti dalam sebuah kapal besar yang bisa difilosofikan sebagai kapal Lancang Kuning.

Sedangkan sistem penerangan yang mengadopsi lighthing Asian Games di Ghuanzhou, China 2010 lalu yang sangat modern. Untuk fasilitas ruangan dalam stadion sendiri mengadopsi sistem stadion Eropa pada umumnya, mulai dari ukuran luas ruang ganti pemain, ruang tamu VVIP serta fasilitas toilet baik penonton maupun atlet nantinya.

Di sisi lapangan stadion juga dilengkapi lintasan atletik yang mengadopsi stadion Olimpico Roma di Italia. Sedangkan di sisi lapangan dilengkapi dengan sistem drainase sebagai pencegah banjir di dalam stadion, terutama di lapangan sepakbolanya.

Rumput impor dari Australia jenis Zoysia Matrella saat ini telah melekat di atas tanah stadion. Hal ini menambah spektakuler stadion ini, karena untuk pertama kalinya rumput sekelas taraf Amerika dan Eropa ini ditumbuhkan di lapangan Indonesia.

Sedangkan untuk sisi luar stadion, mengadopsi konsep beberapa pembangunan stadion modern di Afrika Selatan yang tahun lalu menjadi tuan rumah Piala Dunia. Sekilas dari kejauhan stadion ini seperti pesawat makhluk luar angkasa UFO yang terbentuk dari rangka baja dilapisi plat berwarna silver mengelilingi sisi dinding luar stadion.

''Kita tidak main-main dalam mempersiapkan diri menjadi tuan rumah PON ini. Semua fasilitas harus disesuaikan dengan standar Internasional. Termasuk main stadium yang nantinya kita harapkan menjadi ikon baru di Riau,'' ujar Gubernur Riau HM Rusli Zainal kepada Halloriau.com saat meninjau kesiapan PON Riau, baru-baru ini.

Seiring dengan segala kemewahannya, pembangunan main stadium ini dibangun menggunakan sharing budget antara APBD Riau dan APBN yang mencapai Rp858 miliar. (Dian)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Puluhan Kader PP Bengkalis Demo Ikhwanal Amri, Desak Mundur dari Ketua MPC
  • Diminta Revisi SK, Pansus RPJMD DPRD Kuansing segera Surati Bupati
  • Jaksa Agung Kritik Pembiaran Stadion Utama Riau Terbengkalai
  • Ketua KPK dan Gubri Kunjungi Stand Telkom
  • Tegakkan Integritas, BPJS TK Ramaikan Pameran HAKI
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Suasana Nobar di Fave Hotel Pekanbaru
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi Disclaimer Pedoman
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved