www.halloriau.com
Otomotif
BREAKING NEWS :
Tradisi Baraan di Bengkalis Sarat dengan Nilai-nilai Islami
 
Test Drive Pekanbaru-Duri
Suzuki New Ertiga Hybrid: Tarikan Enteng Bertenaga, Irit dan Nyaman
Kamis, 16/03/2017 - 09:44:24 WIB
TERKAIT:

PEKANBARU - Kehadiran mesin diesel pada mobil penumpang umumnya berujung pada getaran dan suara mesin yang kencang terdengar sampai ke dalam kabin. Alhasil penumpang pun merasa kurang nyaman. Namun tidak demikian dirasakan ketika kami menikmati perjalanan bersama Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid.

Pembuktian kekedapan suara kabin ini langsung dirasakan saat wartawan halloriau.com mencoba langsung test drive Ertiga Diesel Hybrid dari Pekanbaru-Duri usai launching di Mal Ska, Pekanbaru, akhir pekan kemarin.

Kami akui suara mesin khas diesel memang masih terdengar dari dalam kabin saat di-starter atau dinyalakan. Namun setelah mobil low MPV diesel hybrid pertama ini berjalan, kami tidak lagi terganggu dengan suara khas diesel dari ruang mesin.

Namun sayangnya kami tidak sempat menggunakan fitur Heater sebagai sistem kontrol suhu dalam kabin karena suhu udara di luar selama perjalanan cukup terasa panas. Jadi kami tak ingin bersensasi seperti layaknya tengah menikmati fasilitas sauna di kabin mobil.

Mengawali perjalanan dari main dealer Suzuki Sejahtera Buana Trada SM Amin, Pekanbaru, wartawan halloriau yang berada dibelakang kemudi setir langsung mencoba sensasi kenyaman dan keamanan Ertiga Diesel Hybrid yang sukses gelar launching di Mal Ska, Pekanbaru, 10 Maret lalu.

Ketika memasuki kabin fokus mata langsung tertuju pada warna interior Suzuki New Ertiga Hybrid yang bewarna terang. Khusus malam hari, panel di dashboard akan terlihat elegan seakan berada di kabin mobil mewah.

Masih di seputar interior, halloriau tertarik head unit yang ada di tengah tengah dashboard, sangat disayangkan tidak membawa head unit di Ertiga Dreza.


Sistem Entertainment
Sebenarnya kalau mau jujur, head unit jadi salah satu fitur penting yang diharapkan konsumen. Semakin canggih sistem entertainment dalam sebuah kendaraan, bakal menambah minat konsumen.

Namun bukan Suzuki namanya, kalau tidak bisa menyiasati hal ini dengan memberikan audio steering wheel controls. Kontrol volume audio atau gonta ganti channel dan lagu jadi mudah tanpa harus mengganggu konsentrasi saat nyetir. Fitur ini biasanya disematkan di mobil matik. Namun kehadiran suara audio tetap mumpuni untuk dinikmati selama perjalanan.

Ketika memasuki jalanan daerah Rumbai menuju Minas, kami mulai melaju hingga mengajak mesin berputar hingga melebihi 2.000 rpm. Sungguh luar biasa dari dalam kabin tidak terasa getaran maupun suara yang mengganggu sedikit pun, seperti pada mobil bermesin diesel lainnya.

Begitu juga soal performa mesin turbodiesel 1.300 cc yang disematkan, tidak perlu susah payah untuk bisa mengeksplorasi kehandalan low bonet ini. Saat menghadapi tanjakan menggunakan gigi 2 dan putaran mesin di 2.000 rpm, torsi tetap terasa padat saat di bawah kecepatan 50 km/jam.

Intinya Ertiga Diesel Hybrid adalah mobil diesel yang seru diajak melewati jalan dengan kontur menanjak, menurun dan sesekali menerobos lubang yang cukup banyak selama perjalanan. Sekali lagi, kekedapan suara di dalam kabin tak terganggu ketika ban mobil menginjak lubang.

Selain menawarkan torsi yang bertenaga di putaran awal, Ertiga Diesel Hybrid juga menawarkan efisiensi konsumsi bahan bakar yang sangat irit dengan kehandalan Idle Stop Start, Torque Assist Function, Brake Energy Regeneration dan Gear Shift Indicator untuk manjakan pengemudi.


Idle Start-Stop
Ada fitur baru yang disematkan Suzuki yakni Idle Start-Stop. Cukup pindahkan tuas transmisi ke posisi netral kemudian lepas kopling, secara otomatis mesin akan mati. Nah untuk menghidupkannya lagi, kita tinggal injak kopling. Namun perlu diingat, fitur ini hanya akan berfungsi saat seat belt terpasang.

ISG dan SHVS
Satu lagi yang unik di Ertiga Hybrid adalah fitur Smart Hybrid Vehicle System (SHVS). Saat berkendara normal, mesin bekerja sekaligus mengisi baterai lewat Integrated Starter Generator (ISG).

ISG sendiri punya dua fungsi. Pertama sebagai generator untuk menyimpan energi ke baterai saat kendaraan melambat. Fungsi kedua sebagai motor yang akan memberikan tambahan daya ke mesin saat akselerasi. Jadi tidak usah heran kalau terasa tendangan tendangan torsi saat pedal gas diinjak.

Lepas kondisi macet akibat antrean mobil-mobil bertonase besar, selepas jalur gelombang dan Kandis menjadi pelampiasan rasa penasaran halloriau untuk mencoba tenaga "super" yang ditawarkan Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid. Wow, luar biasa, kami telah merasakan dan membuktikan tarikan enteng Ertiga diesel dengan sensasi rasa mesin bensin ini.

"Ertiga Diesel Hybrid, luar biasa, mobil diesel serasa mobil bensin, Sungguh nyaman dan aman serta irit untuk dikendaraai," aku Keny, wartawati Riau Pos, yang duduk di baris pertama mendampingi halloriau.

Tunggu apalagi, dengan harga Rp234 juta OTR Pekanbaru, masyarakat di Riau sudah bisa membawa pulang satu-satunya low MPV bermesin diesel hybrid sekuat SUV ini ke garasi rumah. Buruan kunjungi Main Dealer Suzuki SBT terdekat di kota Anda hingga melakukan test drive dan tercatat sebagai konsumen yang melakukan SPK.

Penulis: Budy Satria
Editor : Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Tradisi Baraan di Bengkalis Sarat dengan Nilai-nilai Islami
  • Lapas Bengkalis Temukan Sabu dan Pil Exstasi Saat Razia Sel
  • PLN Riau Pastikan Tak Ada Pemadaman Listrik Hingga H+7 Lebaran
  • Menteri Susi Imbau Masyarakat Ganti Menu Lebaran dari Daging menjadi Ikan
  • Rayakan Idul Fitri, Walikota Pekanbaru Open House selama Dua Hari
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     

    <br>
    15 Tips & Trik Perawatan Mobil Honda yang Bisa Dilakukan di Rumah
    Tips Memanaskan Mobil
     
    MobiL
    City Tour Toyota dan Community Berbagi
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved