HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Serunya Touring Yamaha Maxi dari Pekanbaru Menuju Iven Pacu Jalur Kuansing
 
Sering Letakkan Smartphone di Meja Kerja? Ini Dampaknya
Rabu, 13/03/2019 - 07:37:27 WIB

JAKARTA - Menaruh smartphone di atas meja kerja, ternyata bisa mengurangi produktivitas kerja.

Berdasarkan sebuah penelitian psikologis yang dilakukan Universitas Würzburg and Nottingham Trent atas permintaan Kaspersky Lab, 26 persen pekerja lebih produktif tanpa smartphone-nya.

Dalam keterangan tertulis Kaspersky Lab seperti dikutip dari Liputan6, Rabu (13/3/2019), disebutkan, penelitian ini menggali korelasi antara tingkat produktivitas dan jarak antara responden dengan smartphone mereka.

Saat smartphone dibawa pergi, kinerja justru meningkat 26 persen. Penelitian dengan 95 responden berusia 19 hingga 56 tahun ini dilakukan dengan empat situasi berbeda.

Pertama, dengan smartphone di dalam saku, kedua di atas meja, ketiga terkunci di laci meja, serta keempat, smartphone dipindahkan dari ruangan tersebut.

Rupanya, tes menunjukkan bahwa konsentrasi terendah terjadi saat smartphone ada di atas meja.

Makin jauh smartphone dengan responden, kinerja mereka makin meningkat. Uniknya, hasil penelitian juga menemukan bahwa ketidakadaan smartphone tidak membuat responden merasa gelisah.

“Studi sebelumnya menunjukkan bahwa di satu sisi, seseorang yang terpisah dengan smartphone-nya menghasilkan efek emosional negatif, seperti peningkatan rasa gelisah. Namun di sisi lain, studi mendemonstrasikan bahwa kehadiran smartphone dapat menjadi gangguan. Dengan kata lain, kehadiran dan ketidakhadiran smartphone dapat merusak konsentrasi," tutur Jens Binder dari Universitas Nottingham Trent.

Sementara itu, Astrid Carolus dari Universitas Würzburg mengatakan, temuan dari hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa dibanding kehadiran, ketidakhadiran smartphone inilah yang meningkatkan konsentrasi.

Menurunkan Konsentrasi
Sebelumnya dalam penelitian Digital Amnesia at Work, Kaspersky Lab mendemonstrasikan, perangkat digital dapat menghasilkan dampak negatif ke konsentrasi.

Head of SMB Marketing Kaspersky Lab Vladimir Zapolyansky menyebutkan, produktivitas karyawan kemungkinan dapat ditingkatkan jika mereka memiliki waktu khusus untuk benar-benar bebas dari smartphone.

"Salah satunya dengan menerapkan peraturan rapat, yakni tak boleh ada ponsel dan tidak boleh ada komputer di lingkungan kerja yang normal," kata Zapolyansky.

Ia menambahkan, pelaku bisnis juga harus menyadari bahwa dalam lanskap bisnis yang saling terhubung saat ini, tingkat konsentrasi yang lebih rendah dapat menimbulkan isu keamanan.

Serangan ditargetkan dengan lebih canggih, misalnya, hanya dapat ditemukan jika karyawan waspada pada tampilan dan isi yang tak terduga dan tidak biasa dari e-mail.

"Oleh karena itu, penting bagi pelaku bisnis untuk menerapkan langkah-langkah keamanan, termasuk sesi pelatihan untuk meningkatkan kewaspadaan karyawan, apakah karyawan menggunakan smartphone mereka di tempat kerja atau tidak. Manajemen keamanan perangkat mobile sama pentingnya demi melindungi data-data bisnis yang sensitif guna menerapkan efisiensi usaha," tuturnya. 

Kaspersky Lab sendiri telah meneliti dampak sosial dari digitalisasi, dan bagaimana digitalisasi membuat orang lebih rentan terhadap kriminalitas di dunia maya selama dua tahun terakhir. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Serunya Touring Yamaha Maxi dari Pekanbaru Menuju Iven Pacu Jalur Kuansing
  • YOULEAD Siap Lahirkan Pemimpin Kolaboratif Melalui Regional Leadership Training 2019
  • Manfaat Luar Biasa Rajin Minum Air Hangat Tiap Hari, Usir Ketombe hingga Perkuat Jantung
  • Petugas Pemadam Karhutla di Riau Bertemu Harimau, Polisi Imbau Warga Jaga Jarak
  • Bosan Jadi Pekerja Kantoran? Ini 8 Peluang Kerja yang Bisa Kamu Lakukan dari Rumah
  •  
    Komentar Anda :

     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
    Potret Lensa
    Selamat Ulang Tahun Pak Aulia
     
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved