BREAKING NEWS :
Kejati Belum Terima Laporan Progres Pekerjaan Durolis yang Roboh
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
+ INDEX BERITA +

22:40 - Disdukcapil Kuansing Kemba...
16:55 - Guru K2 Tidak Miliki Ijaza...
17:05 - Sekda Kuansing Masih 'Bung...
13:39 - Bupati Kuansing Belum Tand...
20:59 - DPRD Kuansing Konsultasi M...
20:29 - DPRD Kuansing Ingin Lahirk...
19:36 - Sempat Viral, Perkelahian ...
18:24 - 12 Pejabat P2UPD Kuansing ...
14:09 - 23 Guru SD di Kuansing Dip...
21:02 - Sesuai SK Bupati, Nopol Mo...
19:33 - Lima Guru Dapat Promosi Ja...
19:11 - Server Tersambar Petir, Ce...
17:22 - Rekrutmen PPPK di Kuansing...
21:35 - Dua Oknum Caleg Lulus CPNS...
16:51 - Masyarakat Berharap Pasar ...
15:50 - Ambil Barang Bukti Tilang ...
21:06 - DPRD Minta Kementerian Ser...
19:30 - Siswa SMA N 1 Teluk Kuanta...
11:40 - Kemenhub Ungkap Tiga Mobil...
20:38 - Kasus DBD di Kuansing Meni...
17:10 - Rekrutmen PPPK Segera Dibu...
20:03 - Diteken Bupati, SK Pemecat...
14:17 - Seolah Mobil Pribadi, Peja...
11:15 - Soal Dugaan Perzinaan Oknu...
20:01 - Kapolres Kuansing Serahkan...
16:33 - Berkas Peserta Lulus CPNS ...
19:47 - Belum Tuntas, Pemkab Kuans...
17:23 - Menteri ATR/BPN Terbitkan ...
17:13 - Aturan Baru, Guru di Kuans...
11:16 - Kuansing Krisis Dokter, Du...
11:06 - Tahun Ini, 6 Puskesmas di ...
19:13 - Jelang Pelantikan, Bupati ...
18:37 - Mursini: Kedatangan Romahu...
22:36 - Fitri Fita Nilai Pemekaran...
20:44 - Diskes Kuansing Targetkan ...
20:11 - Puskesmas Lubuk Jambi Kuan...
17:39 - Heboh Penerimaan P3K Siste...
15:26 - BKPP Kuansing Sudah Terima...
21:16 - Sering Dicuri, Kini Pemasa...
20:30 - Masuk Antrean ke-20, Uji K...
21:26 - Terganjal Anggaran, Tapal ...
17:24 - Hingga Kini Tapal Batas Ku...
17:00 - BKPP Kuansing: Dua Caleg L...
16:23 - 2019, DAK Fisik untuk Disk...
15:46 - Delapan Bidan PTT Tidak Lo...
 
Kuansing Miliki Daya Tarik Wisata yang Sangat Luar Biasa
Ini Daftar 22 Air Terjun Lengkap dengan Lokasi dan Jarak dari Ibukota Provinsi dan Kabupaten
Rabu, 25/10/2017 - 22:57:00 WIB
Air Terjun Dangku yang berada didesa Pantai, Kecamatan Kuantan Mudik<br>
Air Terjun Dangku yang berada didesa Pantai, Kecamatan Kuantan Mudik
TERKAIT:

TELUK KUANTAN - Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau memiliki Objek Daya Tarik Pariwisata yang sangat luar biasa dan tidak kalah dari daerah lain yang ada di Provinsi Riau dan Kabupaten/kota di Indonesia.

Saat ini saja sudah ada sekitar 22 air terjun yang ditemukan masyarakat dan sebagian kecil sudah ada akses langsung bisa ditempuh menggunakan roda dua maupun roda empat. Salah satu yang cukup terkenal dan menjadi sumber PAD bagi Kabupaten Kuansing adalah air terjun Guruh Gemurai yang lokasinya berada didesa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik.

Untuk bisa sampai menuju air terjun Guruh Gemurai yang lokasinya berada dikawasan hutan lindung Bukit Betabuh ini, kalau dari ibukota Provinsi Riau jaraknya lebih kurang 206 kilometer dengan menempuh perjalanan dari kota Pekanbaru lebih kurang 5 jam perjalanan. Kalau dari kota Teluk Kuantan sendiri jaraknya lebih kurang 40 kilometer.

Pengunjung akan dapat menikmati udara yang segar dan mandi dengan kondisi air terjun yang sangat jernih. Pemerintah sendiri sudah membangun akses jalan menuju lokasi air terjun. Bahkan bagi pengguna roda dua maupun roda empat sudah ada disiapkan tempat parkir khusus.

Kemudian tidak jauh dari air terjun Guruh Gemurai juga ada air terjun baru yang ditemukan masyarakat setempat, air terjun tersebut dinamakan air terjun Mamughai Air Hitam berada didalam kawasan hutan lindung. Pengunjung bisa sampai kelokasi air terjun dengan berjalan kaki lebih kurang satu jam perjalanan. Sebaiknya untuk bisa sampai keair terjun Mamughai Air Hitam ini harus dipandu oleh warga setempat.
Air Terjun Guruh Gemurai di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik yang ramai dikunjungi wisatawan.

Di Desa Kasang Kecamatan Kuantan Mudik memang banyak terdapat air terjun, diantaranya ada air terjun Jambu Layu Tepian Batu yang juga ditemukan oleh masyarakat setempat, selanjutnya ada air terjun Sonsang juga berada didesa Kasang.

Kemudian ada air terjun Dewan Satu berada dikawasan hutan lindung Bukit Betabuh. Untuk bisa sampai kelokasi memang harus menggunakan pemandu karena melalui beberapa kawasan kebun hingga hutan.

Masih seputaran Kecamatan Kuantan Mudik, air terjun yang tengah viral saat ini didunia maya ada air terjun Dangku. Air terjun Dangku ini berada lokasinya diantaranya sempadan PT TBS. Untuk bisa mencapai lokasi sudah bisa menggunakan roda dua maupun rfoda empat melintasi kebun sawit perusahaan. Kalau dari jalan beton melewati desa Pantai itu jaraknya cukup dekat bisa ditempuh sekitar 25 menit.

Kemudian air terjun Pati Soni berada didesa Cengar juga di Kecamatan Kuantan Mudik, lokasi air terjun ini sekarang juga sudah bisa ditempuh menggunakan roda dua maupun roda empat, namun kondisi jalan masih jalan tanah, apabila hujan cukup licin untuk dilalui. Namun masyarakat setempat dan masyarakat luar juga sudah banyak berkunjung kelokasi air terjun ini.

Didaerah Cengar sendiri memang memiliki dua air terjun, satunya bernama air terjun Batu Gajah. Air terjun ini juga memiliki air yang jernih dengan kondisi masih memiliki kawasan hutan yang asri. Berminat, silahkan kunjungi dan sebaiknya dengan membawa warga setempat untuk penunjuk arah, karena memang sebagian aksesnya masih banyak yang belum diketahui dan dibuka oleh pemerintah.

Di Kecamatan Hulu Kuantan ada tiga air terjun yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya yang tengah viral saat ini adalah air terjun Batang Ogan di Desa Lubuk Ambacang. Lokasi air terjun ini bisa ditempuh menggunakan roda dua dan tidak jauh dari perkampungan masyarakat.

Kemudian air terjun tujuh tingkat Batang Koban, untuk mencapai lokasi pengunjung memang harus menggunakan spead boat menuju lokasi air terjun yang satu ini. Pengunjung akan dapat menikmati pemandangan indah karena menuju air terjun ini melintasi air sungai kuantan. Satu lagi masih didesa Lubuk Ambacang ada air terjun Lembah Dinama yang juga sudah bisa ditempuh oleh masyarakat.
Air terjun Batang Ogan di desa Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan.

Masih di Kecamatan Hulu Kuantan, tepatnya didesa Sungai Kelelawar juga masyarakat menemukan dua air terjun, pertama air terjun anak Sungai Kandi dan satu lagi air terjun Duo Kandi yang letaknya juga tidak berjauhan. Menuju lokasi ini memang belum ada jalan yang dibuka oleh pemerintah, namun pengunjung bisa melewati jalan yang sudah dibuka oleh masyarakat setempat.

Dari Kecamatan Hulu Kuantan dan Kecamatan Kuantan Mudik, kini kita pindah ke Kecamatan Singingi. Di Kecamatan Singingi saat ini sedikitnya ada lima air terjun yang patut untuk dikunjungi. Karena memang lokasi air terjun memiliki keindahan alam yang cukup menakjubkan.

Pertama air terjun  Hulu Lembu, air terjun ini terletak tidak jauh dari Kelurahan Muara Lembu dan jaraknya dari ibukota Provinsi Riau hanya 124 kilometer. Kemudian ada lagi air terjun Gemuruh Pulau Padang yang lokasinya juga sudah bisa ditempuh oleh masyarakat, jadi rugi kalau wisatawan tidak mengunjungi air terjun ini.

Masih di Kecamatan Singingi, kembali ditemukan air terjun oleh masyarakat namanya air Terjun Sungai Jauh juga tidak jauh dari ibukota Kecamatan, dan ada air terjun Sungai Sikonda dan air Terjun Tasam. Untuk menuju lokasi sebaiknya masyarakat menggunakan jasa masyarakat setempat sehingga bisa sampai kelokasi, karena memang akses menuju air terjun ini belum dibuka oleh pemerintah.

Tidak hanya di Kecamatan Singingi, di Kecamatan Singingi Hilir ternyata masyarakat juga menemukan air terjun yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya air terjun yang tengah viral saat ini, adalah air terjun Tangko berada didesa Petai Kecamatan Singingi jaraknya dari ibukota Provinsi Riau juga dekat hanya 111 kilometer. Kalau dari kota Teluk Kuantan menuju desa Petai jaraknya lebih kurang 55 kilometer.

Didesa Petai ini juga ada namanya air terjun Tasam Kiri dan air terjun Pendakian Lubis. Saat ini sudah banyak masyarakat setempat dan luar yang datang melihat keindahan air terjun tersebut. Dan satu lagi didesa Sungai Paku juga ada satu air terjun yakni air terjun Pangoen.

Inilah 22 Objek Daya Tarik Pariwisata terutama air terjun di Kabupaten Kuansing sesuai data yang dimiliki Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing.

Sebanyak 22 objek daya tarik pariwisata ini juga sudah di SK kan oleh Bupati Kuansing dengan nomor Kpts 257/11/2017 tentang penetapan kawasan pariwisata dan nama objek daya tarik pariwisata di Kabupaten Kuansing.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melalui Kepala bidang pariwisata Kuansing mengatakan, nama objek yang menjadi daya tarik wisata di Kabupaten Kuansing sudah di SK kan oleh Bupati Kuansing H Mursini dan ditetapkan pada 2 Februari 2017 lalu.

Dalam data ODTW yang sudah di SK kan tersebut sudah ditetapkan mulai alamat, lokasi desa dan kecamatan, serta jarak tempuh, sarana dan prasarana yang dibutuhkan, dokumen perencanaan dan kebutuhan dokumen perencanaan yang ada di Kabupaten.

Contoh katanya, disekitar air terjun Guruh Gemurai itu dibutuhkan sarana dan prasana homestay, dan menuju lokasi air terjun tujuh tingkat Batang Koban dibutuhkan Darmaga. Sisanya untuk menuju lokasi air terjun dibutuhkan akses jalan, gazebo dan toilet. (Adv)







Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Kejati Belum Terima Laporan Progres Pekerjaan Durolis yang Roboh
  • Dua Obat Kanker Ini Tak Lagi Ditanggung BPJS Kesehatan
  • Sadis! Komplotan Perampok Usai Menjarah, Pemilik Rumah Lalu Diperkosa
  • Liga Champion Atletico Vs Juventus, Berikut Jadwalnya Malam Ini
  • KBRI Pastikan Tak Ada WNI Jadi Korban Bom Bunuh Diri di Kairo
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved