www.halloriau.com
Internasional
BREAKING NEWS :
Tingkatkan PAD, Pemkab Rohil Gali Situs Peninggalan Sejarah
 
Budak Cantik Ini Dipakaikan Topeng hingga Akhir Hayatnya, Ini Sebabnya...
Sabtu, 18/03/2017 - 10:20:54 WIB

ESCRAVA Anastacia menjadi sosok yang disanjung dan dianggap suci oleh banyak masyarakat Rio de Janeiro, Brasil. Padahal Anastacia adalah seorang perempuan budak Afrika yang hidup pada abad ke -19.

Dia dikenal sebagai seorang budak berkulit hitam dengan kecantikan tidak biasa yang menjadi martir dan diangkat sebagai orang suci (saint) dalam kisah rakyat dan budaya di Rio de Janeiro.

Meski Gereja Katolik tidak secara resmi mengakui Anastacia sebagai orang suci, dia memiliki pengikut yang mengultuskannya dan menganggapnya sebagai orang suci pelindung budak dan warga miskin di Brasil.

Ada beberapa versi kisah mengenai kehidupan Anastacia, dengan sebagian ahli sejarah mengatakan dia adalah seorang keturunan Brasil, sedang sebagian lain menyatakan dia adalah seorang keturunan keluarga kerajaan dari Afrika. Dalam versi mana pun, Escrava dianggap sebagai salah satu perempuan paling berpengaruh dalam sejarah budaya di Rio de Janeiro.

Dilansir dari Okezone, Sabtu (18/3/2017), Anastacia digambarkan sebagai seorang perempuan cantik berperawakan besar dengan mata biru tajam. Dia lahir pada 5 Maret di paruh pertama abad ke-19 dari seorang perempuan kulit hitam suku Bantu bernama Delminda. Ibunya diyakini sebagai seorang anggota keluarga kerajaan Galanga yang dijual di dalam kapal budak ke Rio.

Delminda diperkosa oleh pemiliknya yang berkulit putih dan dijual kepada Joaquina Pompeu ketika mengandung Anastacia. Saat dilahirkan, Anastacia menjadi salah satu budak kulit hitam yang lahir dengan mata biru.

Anastacia tumbuh menjadi gadis yang sangat cantik sehingga membuat orang-orang di pertanian tempat tinggalnya terpana. Sayangnya kecantikannya membuat para perempuan kulit putih meminta Joaquin Antoni, putra dari pemilik Anastacia memakaikan kalung besi dan berangus kepada budak cantik itu dan membuatnya tidak bisa bicara.

Sejak saat itu, hingga akhir hayatnya, Anastacia hidup dengan mengenakan topeng budak. Namun, dia bertahan dan tetap memperlakukan orang-orang di sekelilingnya dengan tenang, baik dan penuh kasih. Rasa sakit yang ditimbulkan dari topengnya di kemudian hari menjadi simbol martir Anastacia.

Terdapat berbagai variasi dari perlakuan kejam yang diterima Anastacia, semuanya menyebutkan dia diperlakukan dengan kejam dan diperkosa oleh pemiliknya. Penyebabnya bermacam-macam mulai dari kecemburuan perempuan kulit putih terhadap kecantikannya, bantuan yang diberikannya kepada budak yang melarikan diri, pencurian gula, sampai penolakannya atas perlakuan cabul majikannya.

Setelah bertahun-tahun mengalami perlakuan keji, budak cantik itu akhirnya meninggal dunia akibat penyakit tetanus yang disebabkan rantai besi yang melilit lehernya. Dia dipercaya sempat menyembuhkan putra pemiliknya dari sakit yang parah dan memaafkan mereka dari segala perbuatan yang dilakukan padanya.

Sebagai balasan perbuatannya, setelah meninggal dunia Anastasia dibebaskan dari statusnya sebagai budak oleh pemiliknya. Dia kemudian dimakamkan di pemakaman budak di Rio dan jasadnya disemayamkan di Gereja Rosario sampai akhirnya hilang akibat kebakaran.

Anastacia dikenang sebagai sebuah simbol kasih sayang dan pemberian maaf. Perawat, tahanan, dan orang-orang sakit berdoa kepadanya dan saat ini dia memiliki tempat peribadatan di Vas Lobos, Rio de Janeiro. Selain itu sebuah petisi telah dilayangkan mendesak Gereja Katolik Roma untuk menjadikan Anastacia sebagai orang suci dengan gelar Anastacia dari Rio. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Tingkatkan PAD, Pemkab Rohil Gali Situs Peninggalan Sejarah
  • Aleix Espargaro Ungguli Marquez, Rossi dan Lorenzo di Luar 10 Besar
  • PT Inecda Terus Basmi Hama Kumbang Tanduk dengan Cara Ini...
  • Jetstar Asia Raih Peringkat Tertinggi dalam Ketepatan Waktu
  • Jaringnya Rusak, Nelayan di Inhil Hajar Kepala Kakak Sendiri Pakai Broti
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Keluarga Besar Azharisman Rozie Berangkat Umrah
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved