www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Dugaan Pencemaran, Besok Ratusan Massa Siak Turun ke Pekanbaru
 
Belum Ada Kasus Penculikan Anak di Riau, Warga Diminta Tetap Waspada
Senin, 20/03/2017 - 23:18:28 WIB
Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo
Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo
TERKAIT:

PEKANBARU - Maraknya isu penculikan anak dibawah umur di Media Sosial menjadi kekhawatiran sendiri di kalangan masyarakat. Tak terkecuali di Wilayah Riau. 

Ketika hal ini dikonfirmasi kepada pihak Kepolisian Daerah Riau, hingga saat ini belum pernah terjadi kasus penculikan anak di tahun 2017 ini. Namun polisi masih melakukan pemantauan ekstra ketat.

"Kita belum menemukan kasus penculikan anak di wilayah Riau khususnya di Pekanbaru," ujar Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, saat ditemui halloriau.com, Senin (20/3/2017) malam.

Peristiwa hal serupa, lanjut Guntur, pernah terjadi di daerah Kabupaten Indragiri Hulu ditahun 2016 silam. Saat itu penculikan anak dibawah umur, namun dapat diselesaikan secara persuasif dan persuasif.

"Beruntung, korban dapat ditemukan kembali, sehingga dapat diselesaikan secara adat. Tidak merugikan sapa-sapa," kata Guntur.

Sementara kasus penculikan anak dibawah umur yang sudah terjadi diluar Riau, tidak berimbas ke daerah Pekanbaru, belum ditemukan kasus serupa. Jikapun ada segera laporkan kepihak kepolisian, namun peran orang tua disini sangat penting.

"Sejauh ini kasus yang kita terima dari warga Pekanbaru belum ditemukan dan belum terjadi hingga saat ini. Jika ada yang merasa warga kehilangan anggota keluarganya dapat segera dilaporkan ke polisi. Meski demikian, peran orang tua sangat penting demi mencegah terjadinya penculikan anak," terang Guntur.

Guntur juga mengimbau warga Pekanbaru, khususnya orang tua dapat menjaga anaknya. Tidak mudah percaya dengan orang terdekat dan orang lain. Sementara modus para pelaku banyak, mulai dari iming-iming dan melalui perantara.

"Peran aktif orang tua sangat penting bagi anak-anak mereka, jangan pernah percaya kepada orang terdekat dan yang baru kenal. Jangan mudah percaya. Jika terjadi pulikan dapat menghubungi pihak kepolisian terdekat dan segera dapat kita ungkap," imbuh Guntur.

Sementara Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi, saat dihubungi halloriau.com, melalui telpon sesulernya, mengatakan peranan penting orang tua sangat dibutuhkan anaknya.

"Peran orang tua bagi anak-anak mereka sangat penting. Tidak terlepas dari pantauan dimana mereka bermain dan teman dekatnya yang sering bermain," ujar Seto.

Lebih lanjut, Seto juga memberikan arahan pencegahan terhadap penculikan anak terhadap seluruh warga dan orang tua. Dengan memberikan pelatihan kepada anak, tidak mudah percaya kepada seseorang dan selalu komunikasi dengan anak.

"Berikan pelatihan kepada anak sendiri yang tidak mengandung resiko, tidak mudah percaya bujuk rayuan siapa saja yang baru kenal. Namun selalu berkomonikasi dengan anak dan peduli terhadap perasaan anak. Itu saja sudah cukup untuk mencegah terjadinya kejahatan terhadap anak," imbuh Seto.

Penulis : Helmi 
Editor : Unik Susanti


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Dugaan Pencemaran, Besok Ratusan Massa Siak Turun ke Pekanbaru
  • Pemkab Kuansing Bakal Angkat 6.300 Honorer, Masran: Kita Minta Transparan
  • BBPOM Sita 162 Produk Kosmetik dan Jamu Ilegal di Pekanbaru
  • HaloOto! Inilah 5 Penyebab Utama Kecelakaan Mobil
  • Suzuki Hadirkan Konsep Gaya Hidup di Bursa Motor
  •  
    Komentar Anda :

     
    Potret Lensa
    Bentrok Taksi Konvensional dan Angkutan Online
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved