www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Naswan Optimis Desa Pangkalan Indaruang Teraliri Listrik PLN
 
Polisi Diminta Usut Tuntas Ijazah Palsu Paslon Pilkada Kuansing
Jumat, 19/02/2016 - 11:05:59 WIB
Ijazah Palsu.
Ijazah Palsu.
TERKAIT:

TELUK KUANTAN - Mahasiswa Kuantan Singingi (Kuansing), Kamis (18/2/2016) menyambangi Mapolres Kuansing. Mereka meminta polres mengusut tuntas kasus ijazah palsu pasangan calon (paslon) Calon Wakil Bupati (Cawabup), H Halim, saat mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) Kuansing, 9 Desember 2015 lalu.

Kedatangan rombongan  mahasiswa dipimpin Mantan Presiden Mahasiswa Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks), Heri Guspendri, disambut Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kuansing, AKBP Edy Sumardhi dan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuansing, Yulizar Mursi. 

Heri mengaku kedatangannya guna melihat sejauh mana perkembangan kasus dugaan ijazah palsu paket C yang digunakan Cawabup, H Halim saat mengikuti pilkada belum lama ini.

"Sebagai salah satu 'agent of control', kita sengaja mendatangi mapolres untuk mengetahui sejauh mana proses dugaan ijazah palsu Halim tersebut sedang berjalan saat ini," ujarnya.

Menurutnya, jika nantinya ijazah paket C yang digunakan Halim saat mencalonkan sebagai wabup terbukti palsu, tentu melanggar undang-undang. "Secara akademis, ini sangat mencoreng dunia pendidikan di Indonesia. Untuk itu, kita berharap pihak berwajib segera mengusut tuntas dugaan ijazah palsu Halim," tambah Heri.

Sepengetahuan mereka, beber Heri, kasus dugaan ijazah palsu ini sudah lama dilaporkan kepada  Penegakan Hukum Terpadu  (Gakkumdu). Setelah diproses Gakkumdu, persoalan ini dlimpahkan penangananannya  ke Polres Kuansing, namun perkembangan kasus ini tidak terlihat.

Karena itu, kata Heri, mereka mempertanyakan hal ini untuk mengetahui sejauh mana proses hukumnya berjalan. "Masyarakat Kuansing percaya aparat penegak hukum terutama polisi bisa mengungkap kasus ini," ujar  Heri.

Menyikapi tuntutan mahasiswa tersebut, Kapolres, Edy Sumardhi, berjanji menyikapi dan mengikuti polemik yang terjadi di tengah-tengah  masyarakat tentang adanya isu-isu dugaan ijazah palsu. Katanya, polres  sudah melakukan verifikasi dan penghimpunan data-data yang ada.

"Kami juga sudah melakukan langkah-langkah antisipasi, melakukan integorasi, baik kepada pihak-pihak yang melaporkan, saudara Halim, saudara Masdar dan Kadis Pendidikan dan sebagainya," ujar kapolres.

Edy juga mengatakan, pihaknya tetap mengikuti perkembangan di Mahkamah Konstitusi (MK) dan proses dugaan ijazah palsu juga sedang didalami Bareskrim. Namun polres tetap melakukan upaya-upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar menghormati proses hukum di MK.

"Kita berharap Kuansing bisa membuktikan menjadi kabupaten yang terbaik dalam menciptakan pilkada yang aman, kondusif dan adil. Dengan harapan masyarakat bisa beraktivitas dengan baik dan tingkat kepercayaan masyarakat menjadi lebih baik dari sebelummya," pungkasnya.

Penulis : Idi Susianto
Editor : Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Naswan Optimis Desa Pangkalan Indaruang Teraliri Listrik PLN
  • Peserta Bakal Calon Penghulu Siak Wajib Bisa Baca Alquran
  • XL Axiata Hadirkan Paket Khusus di Tanah Suci
  • Lakukan Aktivitas PETI di Kuansing, Lima Warga Asal Pati Jateng Ditangkap Polisi
  • JCH Indonesia Diminta Waspada Wabah Kolera di Yaman
  •  
    Komentar Anda :

     
    Potret Lensa
    Nyemplung ke Parit
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved