www.halloriau.com
Hukrim
BREAKING NEWS :
Disdukcapil Pelalawan Ajukan 15 Ribu Blanko e-KTP ke Pusat
 
Ijazah Palsu Anggota DPRD Rohul
Polda Riau segera Minta Keterangan Saksi Ahli
Jumat, 09/10/2015 - 05:30:55 WIB

PEKANBARU - Kepolisian Daerah (Polda) Riau terus menyelidiki kasus dugaan ijazah palsu Paket C milik anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hulu (Rohul), Ar. Dalam waktu dekat, penyidik akan meminta keterangan saksi ahli pidana.

"Kita akan minta keterangan saksi ahli pidana agar kasus tersebut terang," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Polda Riau, Kombes Pol Rivai Sinambela, Kamis (8/10/2015).

Dikatakan Rivai, dalam penanganan perkara ini, pihaknya telah meminta keterangan sejumlah pihak. "Terlapor  juga telah diperiksa," kata Rivai.

Rivai menuturkan, pihaknya juga mengajukan uji otentik ke Laboratorium Forensik (Labfor) Medan, Sumatara Utara. Hal itu untuk mengetahui keaslian ijazah yang digunakan politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Rohul tersebut.

"Tinggal, saksi ahli pidana. Kalau untuk pengujian keasliannya, itu dari labfor. Kalau mengenai indikasi pidananya, kita pakai ahli pidana pula. Dari Universitas Riau," pungkas Rivai.

Untuk diketahui, ijazah tersebut diduga digunakan Ar saat mendaftar  sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu tahun 2014 lalu. Informasi dihimpun, Ar dilaporkan seorang warga ke Polda Riau.

Dalam laporannya dengan Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) Nomor: STPL/352/VIII/2015/SPKT/Riau tertanggal 18 Agustus 2015, disebutkan kejadian bermula pada Oktober 2014 lalu, setelah pelantikan anggota DPRD Kabupaten Rohul. Ketika itu, saksi pelapor yang berinisial EJ (41), mengetahui  ijazah atas nama Ar diduga palsu. 

Selanjutnya, pelapor mengklarifikasi kepada Zulfan Hasibuan selaku Penilik Pendidikan Masyarakat Kecamatan Tambusai sekaligus penyelenggara Paket A, B, dan C.

Berdasarkan daftar calon peserta Penilaian Hasil Belajar Tahap Akhir Nasional (Pehabtanas) dari Departemen Pendidikan Nasional Kantor Dinas Provinsi Riau, nama Ar tidak terdaftar sebagai peserta Paket C tahun 2008 pada Kelompok Belajar Melati dengan nomor induk 042. 

Nomor induk 042 yang ada di daftar calon peserta Pehabtanas tersebut adalah Siti Hawa. Diketahui ijazah Paket C Setara Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah tahun 2008 itu dikeluarkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Rokan Hulu, ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Rohul saat itu, Dra Hj Efie MPd.

Nomor induknya di ijazah itu sama dengan nomor induk Siti Hawa, warga Desa Tingkok, Kecamatan Tambusai. Selain dikeluarkan dalam tahun yang sama, nama Ar dan Siti Hawa juga tercatat belajar di Kelompok Belajar Melati, Kelurahan Tambusai Tengah, Kecamatan Tambusai.

Penulis :  Linda Novia
Editor : Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Disdukcapil Pelalawan Ajukan 15 Ribu Blanko e-KTP ke Pusat
  • Peringati Tahun Baru Islam, PKMJ Sukamaju Gelar Grebeg Suro
  • Pekanbaru Cassata, Pusat Oleh-oleh dengan Sensasi Citarasa Berbeda
  • Umat Islam Jangan Tak Hafal Bulan-bulan Hijriyah
  • Pulang dari Penggilingan Padi, Rumah Kakek Idin di Baserah Tinggal Arang
  •  
    Komentar Anda :

     
    Potret Lensa
    Bentrok Taksi Konvensional dan Angkutan Online
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved