www.halloriau.com
IMSYAKIYAH RAMADAN 1440 H/2019
KOTA PEKANBARU
14 Ramadhan
19 Mai
IMSYAK SHUBU ZUHUR ASHAR MAGHR ISYA
04:37
04:47
12:14
15:37
18:18
19:31
Home
BREAKING NEWS :
Yamaha Taja "Festival Anak Soleh" untuk Kembangkan Kemampuan Anak di Bulan Ramadan

Dihadiri Warga Tionghoa Perantauan, Peringatan Ulang Tahun Dewa Kang Hu Tay Dien Meriah
Rabu, 08/05/2019 - 19:18:31 WIB
Dari kiri Kang Khai Chai (Penasehat), Kang Hong O (mantan Ketua Kelenteng I), Kang Un Chai (Ketua Kelenteng III), Kang Ci Beng (Loucu), Ng Ciong We (Tauke) dan Kang King Seng (Pengurus Kelenteng).
Dari kiri Kang Khai Chai (Penasehat), Kang Hong O (mantan Ketua Kelenteng I), Kang Un Chai (Ketua Kelenteng III), Kang Ci Beng (Loucu), Ng Ciong We (Tauke) dan Kang King Seng (Pengurus Kelenteng).
TERKAIT:
 
 

MERBAU – Ratusan masyarakat Tionghoa dan undangan dari berbagai daerah di Sumatera dan Jawa memeriahkan peringatan hari ulang tahun Dewa Kang Hu Tay Dien di Kelenteng Khong Chin Bio, Desa Kudap Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti.

Acara ritual kegamaan tahunan ini berlangsung cukup meriah, dimulai dari Selasa malam (7/5) berlanjut hingga Rabu siang (8/5). Pada Selasa malam menjelang hari lahir Dewa Kang  Hu Tay Dien pada tanggal 4 bulan 4 penanggalan Imlek, panitia menyuguhkan hiburan dengan mendatangkan artis dari Tanjung Pinang, Batam, dan Pekanbaru. Tepat pukul 00.00 WIB, bunyi ratusan kembang api saling sahut menyahut menandakan tibanya hari ulang tahun Dewa Kang Hu Tay.

Selain menikmati hiburan, sebagian warga Tionghoa juga melakukan ritual sembahyang. Seperti halnya perayaan ulang tahun dewa di kelenteng lain, di Kelenteng Khong Chin Bio juga ada ritual sembahyang yang dipimpin langsung oleh Tatung. Tatung adalah adalah orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur.

Pada ritual sembahyang yang berlangsung  dari Rabu pagi hingga siang, total ada 10 tatung yang melakukan atraksi. Beragam atraksi dilakukan menggunakan alat-alat tajam, diiringi suara gong bertalu-talu mengiringi atraksi tersebut. Terdengar riuh dan disaksikan masyarakat, baik warga Tionghoa maupun warga tempatan.

Di gerbang  pintu masuk panggung hiburan, panitia melalui spanduk berwarna merah menginformasikan kalau pada tanggal 8 Mei 2019 merupakan hari ulang tahun Dewa Kang Hu Tay Dien ke-23. Sejarah Kang Hu Tay Dien di Kudap sendiri dimulai dari tahun 1984 sampai sekarang, berarti sudah berjalan 35 tahun. 

Penasehat sekaligus pendiri Kelenteng Khong Chin Bio, Kang Khai Chai kepada wartawan mengatakan bahwa ide pertama pembangunan kelenteng tersebut atas dasar dari petunjuk dewa Khang Hu Tay Dien. “Dulu di sini sudah ada Tapekong, tapi terbakar sekitar tahun 2003 atau 2004. Kemudian atas petunjuk Kang Hu Tay Dien diminta kita untuk membuat kelenteng. Tak perlu besar-besar yang penting ada dan bisa untuk sembahyang umat,” ujar pria yang akrab disapa Achai ini.

Dikatakan, banyak pihak yang turut terlibat dalam pembangunan Kelenteng Khong Chin Bio. “Salah satunya adalah Pak Eric (Heric Rakashiwa,red), beliau sangat berjasa baik moril maupun material. Kepadanya kita ucapkan terima  kasih yang sebesar-besarnya,” ujar Achai.     

Ditambahkannya juga bahwa perayaan ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Tionghoa di Desa Kudap saja tetapi juga masyarakat tempatan juga ikut datang menyaksikan acara perayaan ini, sehingga kerukunan antar umat beragama di Desa Kudap ini sudah terjalin dengan baik sejak dahulunya.

"Kami dari pengurus mengucapkan ribuan terima kasih kepada para donatur dan undangan yang telah hadir dalam perayaan ini dan hendaknya setiap tahun bisa dirayakan lebih meriah lagi," harapnya seraya mengatakan kalau donatur berasal dari berbagai daerah di Sumatera dan  Jawa, termasuk dari NTT dan Timor Timur.

Penulis : Zulkarnaen
Editor : Fauzia

 
 


Potret Lensa
Ritual Perayaan Waisak

Safari Ramadan Gubernur Riau ke Masjid Nur Alif Lirik
 
Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved