HalloIndonesia
BREAKING NEWS :
Enam Tersangka Oknum Polres Meranti Penganiaya Apriadi Resmi Ditahan Bid Propam
 
Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu Hamil
Senin, 15/12/2014 - 12:50:23 WIB

TERKAIT:
 
 

PERAN ikan dalam penambahan gizi amatlah penting. Terutama untuk ibu hamil yang ‎rentan kekurangan zat-zat gizi seperti omega 3. Omega 3 yang banyak didapatkan dari ikan sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin.

Kondisi kekurangan gizi pada masa 1000 hari pertama kehidupan (HPK) yaitu, sejak masa konsepsi sampai anak umur dua tahun, tidak hanya akan memberikan dampak jangka pendek tapi juga dampak jangka panjang.

Mulai dari gangguan pada perkembangan dan pertumbuhan otak, dan ‎metabolik programing pada masa kehamilan, hingga masalah jangka panjang yang akan memberikan dampak terhadap terjadinya gangguan kognitif, pertumbuhan (stunting),dan risiko menderita penyakit degeneratif.

"Otak janin akan mengalami pertumbuhan pesat sekitar pada minggu ke 20-36 usia kehamilan. Maka sangat dianjurkan pada ibu hamil untuk banyak mengonsumsi ikan, terutama ikan yang mengandung omega-3 tinggi, tulis Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP (K)., dari Balitbangkes, Kementerian Kesehatan," tulisnya dalam pesan elektronik yang diterima Okezone.

Oleh karena itu, menjaga kecukupan gizi dengan memberikan gizi yang baik selama 1000 HPK sangatlah penting. S‎alah satu upaya yang dilakukan adalah membuat suatu gerakan gizi nasional sebagai gerakan Scaling Up Nutrition (SUN) berupa Gerakan Nasional Sadar Gizi

Kendati demikian, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan telah mengembangkan beberapa formula makanan balita menggunakan berbagai ikan laut dan rumput laut.

Dari penelitian, dihasilkan empat jenis makanan formula yang memiliki kandungan zat gizi dan mutu protein tinggi serta citarasa yang memenuhi kriteria makanan formula balita, yang secara keseluruhan mempunyai kandungan vitamin A, asam folat sebesar 70-110 persen dari Angka Kecukupan Gizi.

Juga telah diteliti pembuatan Biskuit Bahan Makanan Campuran (BMC) dengan menggunakan ikan tuna sebagai bahan tinggi iodium. Kandungannya pada ikan tuna mencapai 28 kali iodium ikan air tawar. Iodium yang berperan penting untuk mencegah penyakit gondok dan meningkatkan kecerdasan anak.

"Satu resep biksuit BMC menghasilkan 1200 gram dengan berat biskuit 5 gram/keping, dimana dalam 1 gram BMC 78,05 g/g iodium. Perlu diketahui, kebutuhan iodium manusia menurut WHO, pada anak adalah 50-120 g, dewasa 150 g, serta ibu hamil dan ibu menyusui 250 g," pungkasnya.

Sumber : Okezone.com






Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
  • Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu Hamil
  • Minum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?
  • Stroke Juga Menyerang Anak-anak
  • Begini Cara Cegah Bau Mulut saat Puasa
  • Tips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap Semangat
  • Penyakit Maag dan Berpuasa
  • Hati-Hati, 3 Hal Ini Memperburuk Daya Ingat
  • Ternyata, Berdiri 3 jam Sama dengan Maraton 10 Kali!
  • Bakteri Kunci untuk Turunkan Berat Badan
  •  
     
     


    Minuman Manis Bikin Anak Perempuan Cepat Puber
    Peran Luar Biasa Ikan untuk Diet Ibu HamilMinum Banyak Air Kelapa Bisa Bikin Diabetes?Stroke Juga Menyerang Anak-anakBegini Cara Cegah Bau Mulut saat PuasaTips Puasa Sehat Kerja Lancar & Tetap SemangatPenyakit Maag dan Berpuasa
     
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi Disclaimer Pedoman
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved