www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
BEM se Riau Demo Gedung Daerah Tuntut KPK Usut Korupsi Tersistem di Daerah Ini
 
Harga Karet dan Kelapa Sawit Terpuruk
Jelang Lebaran, Ekonomi Warga Rohul Kian Terjepit
Jumat, 10/07/2015 - 13:25:23 WIB

PASIR PANGARAIAN- Saat ini, kondisi petani karet dan kelapa sawit di Rohul makin terjepit. Apalagi jelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2015 ini, kondisi ekonomi masyarakat kian sulit sehingga banyak warga yang memilih pasrah.

Berdasarkan informasi sejumlah petani karet di kawasan Kecamatan Rambah, pada pekan lalu, harga karet yang dijual petani ke toke atau tengkulak, rata-rata hanya Rp7500 atau di bawah Rp8000 per kgnya. Selain karet, harga kelapa sawit yang biasanya capai Rp1500 hingga Rp1700 per kg, pekan ini hanya berkisar Rp1300 per kgnya.

"Kini kondisi kami sebagai petani kian terjepit. Karena, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja kita sudah kesulitan, karena harga karet yang kita jual jauh dari harga standart. Kini, untuk beli secupak beras (1,5 kg) sama dengan harga 2 kg karet yang kita jual," ungkap Yon warga Kaitim Kecamatan Rambah, Jumat (10/7/2015) dengan suara lirih karena sedih.

Yon juga menyatakan, untuk lebaran tahun ini, dirinya yang memiliki dua anak, kini hanya bisa membelikan pakain anaknya sepasang saja. Untuk kebutuhan pakaian dirinya dan istri, terpaksa Yon lebaran kali ini menggunakan pakaian lama yang masih bagus.

"Karena, kita lebih perlu membeli untuk kebutuhan makan kita dan lebaran, daripada harus beli pakaian baru. Apalagi, lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, termasuk kue lebaran dan lainnya, dan tahun ini terpaksa apa adanya sajalah," sebutnya lagi.

Hal sama, juga dirasakan petani karet lainnya, Ali warga Rambah. Bahkan, Ali sudah merencanakan, lebaran kali ini, dirinya menunda mudik ke rumah mertuanya di Sumatera Utara, karena dirinya tidak memiliki uang lebih untuk mudik lebaran.
 
"Kalau tahun-tahun sebelumnya, kita tetap mudik ke rumah orang tua bersama anak-anak dan istri, tahun ini terpaksa kita tunda dan lebaran hanya di Ro9hul seja. Anjloknya harga karet, disamping itu kian sulitnya ekonomi masyarakat, sangat berdampak terhadap kebutuhan kita yang juga kian sulit," tegas Ali.

Bukan hanya karet, komoditi kelapa sawit, juga mengalami penurunan hargha jual. Bahkan sejumlah petani kelapa sawit, juga harus berlapang dada, karena lebaran kali ini juga hanya bisa pasrah.

"Kita saat ini sangat kesulitan, dan tidak ada cara lagi bisa mendapatkan uang lebih dari hasil kebun kita. Terpaksa tahun ini, kita tunda pulang ke kampung halaman orang tua untuk berlebaran dengan keluarga,"sebutnya.   

Beberapa waktu lalu, Plt Gubernur Provinsi Riau Arsyad Juliandi Rahman saat berkunjung ke Rohul juga mengakui, harga karet dan kelapa di Provinsi Riau, masih menjadi masalah dan harganya masih meresahkan masyarakat, padahal Riau ini termasuk salah satu daerah  penghasil terbesar di Sumatera. Gubri menyatakan, akan lakukan pemantauan harga dua komoditi tersebut, apa penyebab anjlok harganya.

Penulis : Feri Hendrawan
Editor : Yusni Fatimah






Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • BEM se Riau Demo Gedung Daerah Tuntut KPK Usut Korupsi Tersistem di Daerah Ini
  • Tempat Nongkrong Asyik dengan Harga Terjangkau di Pekanbaru ? Hanya di Sis And Bro Coffie !
  • Dukung Pemberantasan Korupsi, Andi Putra Hadiri Peringatan HAKI di Pekanbaru
  • Riau Nihil Penghargaan Rembuk Integritas Nasional, Gubri: Mudah-Mudahan Tahun Depan
  • All New Sienta Raih Predikat Product of The Year 2016
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Soft Launching Whiz Hotel Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi Disclaimer Pedoman
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved