www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Diduga Banyak Reklame Rokok Langgar Aturan di Inhu
 
Modal tak Perlu Besar
Keuntungan Usaha Pot Bunga Menggiurkan
Jumat, 17/12/2010 - 17:33:05 WIB

PEKANBARU - Puas dengan berbagai profesi, termasuk menjadi wartawan, akhirnya Ilham (25) memutuskan untuk menggeluti usaha pembuatan pot bunga taman. Profesi itu dipilihnya karena usaha rumah tangga tersebut cukup memberinya keuntungan lebih, meski dengan modal yang tak terlalu besar.

"Satu sak semen dengan sedikit pasir saja, kita sudah bisa membuat kerajinan yang bernilai. Tapi, tentu saja mesti memiliki keahlian dan kemauan keras," ujar Ilham, pengusaha pot taman eksterior, di rumah yang sekaligus disulap menjadi bengkel kerjanya itu di Jalan Singgalang, Tengkerang Timur, Pekanbaru, Jumat (17/12).

Berawal dengan modal kecil, Ilham bersama abang dan remaja  tetangganya mulai merintis usaha barunya itu. Ternyata setelah satu tahun berjalan, usahanya menunjukkan peningkatan, sehingga ia pun memutuskan untuk terus mengembangkannya. Bahkan, kini omset usahanya sudah bernilai puluhan juta rupiah, sehingga ia pun mampu membantu ekonomi orang tuanya.

Upaya untuk mengembangkan usaha lebih besar lagi memang sudah menjadi niatnya, tetapi kendala modal yang terbatas menyebabkan Ilham hanya maju perlahan dengan kemandirinnya. Adapun pinjaman modal yang ditawarkan kepadanya, terpaksa mentah begitu saja, setelah persyaratan agunan yang ditentukan pemodal tidak mampu dipenuhinya.

"Agunan apa yang bisa saya berikan, sedangkan ekonomi saya aja sulit. Kalau ada agunan, tak perlu dipinjamkan pun saya pandai memutar modal saya sendiri," tutur Ilham dengan nada kecewa.

Setelah gagal mendapatkan bantuan modal itulah, Ilham meyakinkan diri untuk terus maju, meski dengan modal kecil. Apalagi, usahanya itu kini menjadi lirikan banyak orang, untuk memperindah taman rumah, maupun gedung kantor dan lain sebagainya. Buktinya, setiap pot maupun ornamen-ornamen taman yang dibuat laris manis. "Kalau untuk pemasaran saya tidak cemas, karena cukup banyak orang yang sudah berlangganan, termasuk pengusaha bunga yang membutuhkan pot bernilai seni tinggi," papar Ilham.

Soal harga, lanjut Ilham, konsumen tak perlu khawatir, karena berbagai tipe dan ukuran disediakannya dengan berbagai variasi harga, demi kepuasan konsumen. Ada dari yang ukuran kecil hingga besar, semuanya tersedia. "Bahkan harga masih bisa di nego, asal sesuai dan suka sama-suka," ujar Ilham.

Adapun beberapa kerajinan taman yang ia jual seperti, pot bunga hong, pot berbentuk kapal maupun berbentuk petak. Selain itu, juga tersedia kepala pagar yang menggunakan lampu serta paket set untuk meja dan tempat duduk taman yang indah. (Rid)















Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Diduga Banyak Reklame Rokok Langgar Aturan di Inhu
  • Talkshow Word AIDS Day Eka Hospital Pekanbaru Kupas Tuntas HIV/AIDS
  • 26 Kasus Pungli Ditangani Polda Riau, Dumai Terbanyak
  • Berburu Ayam Hutan, Pria Paruh Baya Tewas Terkena Tembakan Senjata Sendiri
  • Bupati Bengkalis Keluarkan Instruksi Pengawasan Pungli
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Soft Launching Whiz Hotel Pekanbaru
     
     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi Disclaimer Pedoman
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved