www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Ratusan Driver Riau Ojek 'Rijek' Siap Layani Transportasi Masyarakat Pekanbaru
 
Menteri ESDM Kunjungi Stand Chevron di IPA Convex ke-43
Rabu, 04/09/2019 - 15:39:15 WIB
Managing Director Chevron Indonesia Business Unit, Kevin Lyon menyambut kunjungan Menteri ESDM Ignatius Jonan ke stand PT CPI dalam IPA Convex ke-43. Foto antaranews
Managing Director Chevron Indonesia Business Unit, Kevin Lyon menyambut kunjungan Menteri ESDM Ignatius Jonan ke stand PT CPI dalam IPA Convex ke-43. Foto antaranews
TERKAIT:

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignatius Jonan menyambangi stand PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) di ajang Indonesia Petroleum Association Convention and Exhibition (IPAConvex) ke-43 di Jakarta Convention Center, Rabu (4/9/2019).

Kedatangan Menteri ESDM ke stand PT CPI disambut langsung Managing Director Chevron Indonesia Business Unit, KevinLyon. Dalam kesempatan itu Kevin Lyon menyampaikan kepada Ignatius Jonan yang datang didampingi Penjabat Presiden IPA, Louise M. McKenzie bahwa pihaknya bangga Chevron sudah 95 tahun berada di Indonesia.

"Kami bangga 95 tahun Chevron sudah berada di Indonesia. Kami sudah membawa kemajuan teknologi dan mengembangkan SDM demi kesejahteraan Indonesia," kata Kevin didampingi Presiden Direktur PT CPI, Albert Simanjuntak danSenior Vice President Corporate Affairs, Wahyu Budiarto.

Dikatakan Kevin, salah satu terobosan teknologi Chevron adalah "enhanced oil recovery" sudah diterapkan sejak 1980an. Teknologi itu adalah injeksi uap di Lapangan Duri yang berhasil meningkatkan produksi lima kali lipat dibandingkan operasi normal dan memperpanjang usia Lapangan Duri.

Di usianya yang ke-78 tahun, lanjutnya Lapangan Duri tetap menjadi tulang punggung produksi minyak nasional. Itu dengan perusahaan berstatus PT yang merupakan perusahaan nasional juga dengan 98 persen karyawan nasional dan akan terus membangun kapasitas SDMnya.

Pembangunan SDM itu, kata dia tidak saja untuk internal tetapi juga eksternal. Contohnya pembangunan dua politeknik yaitu Politeknik Caltex Riau dan Politeknik Aceh yang dibangun pasca tsunami.

"Total lebih dari 3800 alumni telah dihasilkan oleh 2 politeknik ini. Kami berharap Chevron dapat terus berkontribusi di Indonesia sampai mencapai 100 tahun," ujarnya.

Gelaran IPA ini diikuti oleh 119 perusahaan peserta pameran perusahaan minyak dan gas selama tiga hari, 4-6 September. Kegiatan ini dibuka Menteri ESDM, Ignatius Jonan.

Penjabat Presiden IPA, Louise M McKenzie menargetkan gelaran untuk dikunjungi oleh lebih dari 20.000 pengunjung serta 1.700 orang peserta konvensi. Selain pameran dan konvensi, IPA Convex 2019 juga mengadakan sesi teknis yang diikuti sekitar 120 presentasi dan 60 presentasi poster.

Menurut Mckenzie saat ini kondisi global menunjukkan peluang investasi yang lebih besar daripada jumlah modal yang tersedia. Para investor akan bersaing mendapatkan peluang terbaik yang ditawarkan di suatu negara.

"Kita merasakan banyak capaian dari Pemerintah Indonesia, mulai dari kemudahan berbisnis, kebijakan fiskal yang pro pertumbuhan, serta fokus yang baik pada kebijakan di bidang migas oleh Kementerian ESDM," kata Louise M McKenzie dilansir antaranews.

IPA Apresiasi Dukungan Pemerintah

Sementara itu Indonesian Petroleum Association (IPA) menilai pemerintah telah memberikan dukungan dengan menghadirkan kebijakan pro bisnis serta keringanan fiskal dalam sektor hulu minyak dan gas bumi.

Louise M McKenzie, Pejabat Presiden IPA mengatakan regulasi dan perizinan semakin sederhana. Contoh kebijakan tersebut antara lain pembukaan akses data migas serta insentif perpajakan.

Menurutnya, dua kebijakan tersebut merupakan terobosan yang dilakukan pemerintah untuk memastikan keberlanjutan industri.

“Kita merasakan banyak capaian dari pemerintah Indonesia, mulai dari kemudahan berbisnis, kebijakan fiskal yang pro pertumbuhan, serta fokus yang baik pada kebijakan di bidang migas oleh Kementerian ESDM,” katanya dilansir cnbc.

IPA juga mengapresiasi keputusan pemerintah tentang persetujuan revisi rencana pengembangan (plan of development/POD) blok Masela dan perpanjangan kontrak blok Corridor menjadi sinyal yang baik bagi para investor. Selain itu, pemerintah juga diketahui telah melakukan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan daya saing Indonesia.

Sementara itu, Direktur Eksekutif IPA Marjolijn Wajong menyatakan pihaknya berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan pemerintah demi mendukung peningkatan daya saing industri migas nasional. Dengan demikian, dapat tercipta peningkatan eksplorasi dan optimasi produksi guna ketahanan energi Indonesia di masa mendatang.

“IPA siap meneruskan kolaborasi dengan pemerintah, masyarakat Indonesia, dan stakeholders lainnya guna bersama-sama menarik investasi dan meningkatkan produksi migas nasional,” katanya.(*)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Ratusan Driver Riau Ojek 'Rijek' Siap Layani Transportasi Masyarakat Pekanbaru
  • Pemko Harap Pasar Induk Pekanbaru Bisa Difungsikan Awal 2020
  • Peringati Hari Juang TNI-AD, Yonarmed 1/Roket Gelar Karya Bakti
  • Akhirnya, Eks Koruptor Diputuskan Tak Bisa Langsung Ikut Pilkada
  • Ponsel Terkencang Versi AnTuTu; Asus ROG Phone 2 Teratas
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Kopdar Bulanan Member Affco Riau
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved