www.halloriau.com
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pengunjung Kecewa Istana Siak Tiba-tiba Tutup
 
Strategi Tanam Petani Sayur Program DMPA APP-Sinarmas Forestry Bikin Panen Melimpah
Selasa, 28/05/2019 - 00:30:00 WIB
Hasil panen melimpah dengan strategi tanam dan panen yang hampir sama penerapannya dengan strategi sistem rotasi tanam HTI (Hutan Tanaman Industri) PT AA (Arara Abadi).
Hasil panen melimpah dengan strategi tanam dan panen yang hampir sama penerapannya dengan strategi sistem rotasi tanam HTI (Hutan Tanaman Industri) PT AA (Arara Abadi).
TERKAIT:

PERAWANG-Herman (49) salah seorang Anggota Kelompok Tani (Poktan) dari Program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) Asia Pulp & Paper-Sinar Mas Forestry (APP-SMF) Region Riau, Desa Perawang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, untuk meningkatkan hasil produksi pertanian tanaman sayur miliknya, yang bersangkutan mempunyai strategi tanam dan panen yang hampir sama penerapannya dengan strategi sistem rotasi tanam HTI (Hutan Tanaman Industri) PT AA (Arara Abadi).

Perbedaannya terletak pada masa panen, jika HTI masa panen 5 (lima) Tahun, tapi pertanian sayur yang dibuat Herman hanya membutuhkan rotasi tanam 20 hari, setelah itu panen.

Herman yang saat ini memiliki lahan seluas sekitar 4,5 ha, dari berbagai tanaman pertanian dan perkebunan, menyisihkan ¼ ha dari lahan yang dimilikinya untuk pertanian sayur dengan dua jenis tanaman, yaitu Sayur Bayam dan Sayut Kangkung.   

"Awalnya saya adalah petani/pekebun sawit dengan memiliki lahan seluas 2 ha, namun perlahan-lahan sebagian areal sawit saya tersebut saya rubah dan saya tanami dengan tanaman pertanian holtikultura seperti Bayam dan Kangkung seluas ¼ ha, sisanya sawit dan buah melon, dari ¼ ha lahan pertanian sayur tersebut, saya dapat menghasilkan 600 ikat sayur bayam dan kangkung setiap harinya dengan penghasilan saya perbulan bisa mencapai Rp 40 s/d Rp 43 juta setiap bulan dengan modal awal saya Rp 20 juta  Jadi bersih setiap bulan saya dapat keuntungan Rp20 s/d 23 juta. Kini berkat perkembangan usaha saya, saya dapat membeli lahan disekitar areal saya, sehingga saat ini lahan saya sudah mencapai 4,5 ha, yang saya tanami berbagai komoditas holtikultura lainnya," beber Herman baru-baru ini kepada media menjelaskan.

Katanya, sistem penanaman sayur, dia menggunakan cara (strategi), setelah tanam bayam dan panen hari ke - 20, lalu  tanam kangkung di bekas tanam bayam tadi, begitu juga setelah panen kangkung dia tanam bayam, agar hasilnya maksimal, dan pembagian lokasi tanam pun saya buat perpetak dengan masa rotasi 20 hari.

"Artinya, setelah panen langsung tanam, dan besoknya panen pada petak lainnya, begitu seterusnya," kata Herman menjelaskan.

Untuk pemasaran Herman tidak mendapatkan kendala yang berarti. Selama ini untuk pemasaran dia tidak mendapatkan masalah yang berarti, disamping kelancaran akses lalu lintas transportasi yang dibantu oleh perusahan PT AA. APP-SMF dalam merawat jalan, karena areal miliknya harus melalui akses masuk kawasan konsesi perusahaan, perusahaan PT AA-SMF juga siap membantu pemasaran jika terkendala, dan untuk saat ini perusahaan sudah banyak membantu kami petani-petani Program DMPA sekitar konsesi perusahaan

"Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada perusahaan yang selama ini telah banyak membina, membantu baik permodalan maupun pengembangan usaha saya dan untuk masyarakat di sekitar perusahaan," katanya.

Sementara itu menurut Penanggungjawab Program DMPA APP-SMF Region Riau, Miswanto yang didampingi oleh Public Relations PT AA APP-SMF Region Riau Nurul Huda kepada media menjelaskan.

”Pak Herman ini adalah salah satu masyarakat yang berada di sekitar areal konsesi perusahaan yang mendapat Program DMPA melalui Poktan mereka. Beliau sudah pernah kita bawa pada kegiatan Pameran perubahan iklim di Medan beberapa waktu yang lalu, sebagai contoh petani yang sukses melalui program DMPA APP-SMF Region Riau. Alhamdulillah beliau (Herman) mendapatkan predikat Juara I dari pihak Dewan Juri dan Panitia. Bagi perusahaan keberadaan Herman adalah sebagai bukti atau contoh, bagaimana masyarakat dalam membuka atau membersihkan lahan untuk ditanami tanaman holtikultura berbagai jenis hasil pertanian, tidak harus melakukan atau praktek membakar lahan untuk membersihkan lahan milik mereka, Herman dan kawan-kawan yang tergabung dalam Poktan mereka, kita bina, bantu dan arahkan agar tidak melakukan pembakaran," kata Miswanto menyampaikan. (rilis)




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Pengunjung Kecewa Istana Siak Tiba-tiba Tutup
  • HUT ke-74 PGRI dan HGN 2019, PC PGRI Pangkalankerinci Taja Seminar Penguatan Guru
  • Satpolairud Polres Rohil Lakukan Pengamanan dan Pengawasan Kedatangan Kapal
  • Rapat Persiapan, 2020 RoRo Dumai-Melaka Beroperasi
  • MPA dan Crew Leader Tingkatkan Kompentensi Diri di PT RAPP
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Press Conference Asuransi Astra
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved