Dumai
Pemkab Dumai | DPRD Dumai | MAKLUMAT
 
 
+ INDEX BERITA

11:11 - Enam Calon Sekdako Dumai L...
11:01 - Pembangunan SPAM Regional ...
16:38 - Dumai Jadi yang Pertama Te...
16:43 - Walikota Dumai Panen Raya ...
18:02 - Jembatan Suka Damai Dihara...
16:30 - Pemko Dumai Buka Pendaftar...
15:52 - Walikota Dumai Tinjau Pemb...
18:34 - Perda Nomor 8 Tahun 2016 T...
11:26 - Bank Riau Kepri dan Pemko ...
10:26 - 5.617 Honorer Pemko Dumai ...
10:20 - Walikota Dumai Optimis Ser...
18:58 - Sempena HUT TNI ke-71, Rat...
09:22 - Wilayah Dumai Masih Didomi...
12:18 - DPRD Bahas RAPBD Perubahan...
19:36 - 207 Jamaah Haji Dumai Tiba...
07:54 - Siang Ini Jamaah Haji Duma...
09:34 - Persiapan Fun Bike Dumai S...
13:51 - APBD Dumai Diprediksi Turu...
09:42 - Disdukcapil Dumai Jemput B...
15:30 - Lyla Band Semarakkan Karna...
 
INFOTORIAL PEMKO DUMAI
Walikota Dumai Panen Raya Cabai Merah Kelompok Tani Lestari
Rabu, 14/12/2016 - 16:43:08 WIB
Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS  MSi memanen cabai merah kelompok tani lestari Kelurahan Tanjung Penyembal  Kecamatan Sungai Sembilan.
Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi memanen cabai merah kelompok tani lestari Kelurahan Tanjung Penyembal Kecamatan Sungai Sembilan.
TERKAIT:

DUMAI - Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi melakukan panen raya cabai merah Kelompok Tani Lestari di Kelurahan Tanjung Penyembal Kecamatan Sungai Sembilan, Rabu (14/12/2016).
 
Hadir pada kesempatan itu anggota DPRD Kota Dumai Yukhrotul Ahyuni, SE, Dandim 0320 Dumai, Letkol (kav) Rendra Siagian, Staf Ahli Setdako Dumai Surianto yang juga ketua Kelompok Tani Lestari, Camat Sungai Sembilan Zulkarnaen, Lurah Tanjung Penyembal, Kapolsek Sungai Sembilan dan anggota kelompok tani lestari.
 
Dalam sambutannya, walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi mengucapkan tahniah dan menyambut gembira atas dilaksanakannya kegiatan panen raya cabai merah oleh kelompok tani Lestari Kelurahan Tanjung Penyembal Kecamatan Sungai Sembilan.
 
"Saya menyambut gembira atas dilaksanakannya panen raya cabai merah kelompok tani Lestari. Semoga hasilnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya anggota kelompok tani Lestar," kata Walikota.
 
Walikota mengaku bangga karena kelompok tani lestari berhasil mengolah lahan gambut yang ada di Kelurahan Tanjung Penyembal Kecamatan Sungai Sembilan menjadi kebun cabai. Keberhasilan ini ditandai dengan dilakukannya panen raya cabai merah.
 
Lanjutnya, dari hasil panen cabai merah, terbukti kualitas cabai merah Dumai tidak kalah dengan cabai yang masuk dari daerah lain. Untuk itu saya berharap keberhasilan kelompok tani Lestari menjadi contoh dan panutan bagi kelompok tani lainnya untuk menanam cabai merah.
 
"Saya juga berharap keberhasilan kelompok tani lestari mampu menjadikan Dumai sebagai daerah swasembada cabai merah. Dengan begitu kebutuhan cabai merah untuk masyarakat Dumai dapat terpenuhi," harap walikota.
 
Dijelaskan walikota, kebutuhan konsumsi cabai di Kota Dumai mencapai 2,25 ton perhari, 67,5 ton per bulan dan 810 ton per tahun. Untuk mencapai jumlah tersebut diperlukan lahan seluas 115 hingga 125 hektar, sementara berdasarkan data yang ada, di 2016 lahan yang tersedian baru sekitar 65 hektar.
 
Maka dari itu saya mengajak seluruh kelompok tani di Kota Dumai untuk  memperluas lahan pertaniannya dengan cara memanfaatkan lahan-lahan tidur yang ada. Dengan komitmen yang kuat dan dengan kerja keras saya yakin swasembada cabai merah dapat kita wujudkan, sehingga kebutuhan cabai merah tidak lagi bergantung dari daerah lain.
 
Selain itu, swasembada cabai merah akan dapat diraih sepanjang dilakukannya penanaman secara terus menerus. "Pemerintah Kota Dumai akan terus berupaya membantu para kelompok tani serta melakukan pembinaan  agar kelompok tani sukses  memperluas usaha mereka dalam rangka mewujudkan swasembada cabai merah," pungkasnya.
 
Harapan yang sama juga disampaikan, Anggota DPRD Dumai Yukhrotul Ahyuni, SE. Ia berharap, para petani yang tergabung dalam kelompok tani lestari dapat terus meningkatkan hasil panen cabai merah dengan cara memperluas lahan pertaniannya.
 
"Saya berharap kelompok tani Lestari dapat terus meningkatkan hasil panen cabai merah dengan cara memperluas lahan pertaniannya," harap Anggota Komisi I DPRD Dumai dari Partai Demokrat itu.
 
Yukhrotul Ahyuni, SE  juga memotivasi seluruh anggota kelompok tani lestari agar giat bekerja menuju hasil yang lebih baik lagi. "Seluruh anggota kelompok tani harus giat bekerja menuju hasil yang lebih baik lagi," pungkasnya. 
 
Sementara, Staf Ahli Setdako Dumai Surianto yang juga ketua Kelompok Tani Lestari dalam sambutannya menyampaikan bahwa kelompok tani lestari memiliki lahan seluas 20 hektar. Selain ditanami cabai lahan tersebut juga ditanami jagung hibrida.
 
Jumlah anggota kelompok tani lestari sebanyak 30 orang, semuanya sudah diberi pelatihan dan aktif mengikuti kegiatan penyuluhan untuk hasil yang lebih baik.
 
Tujuan dibentuknya kelompok tani ini dalam rangka mengatasi kesenjangan ekonomi serta menekan angka kemiskinan khususnya bagi anggota kelompok tani lestari.
 
Terakhir Surianto berharap dukungan semua pihak agar apa yang dilakukan oleh para kelompok tani di Kota Dumai khususnya kelompok tani lestari membuahkan hasil yang lebih baik lagi dalam rangka mewujudkan swasembada cabai mrah.
 
Usai menyampaikan sambutannya, Walikota Dumai didampingi seluruh undangan yang hadir melakukan panen raya cabai merah dikebun cabai kelompok tani lestari. Meski belum ditimbang, walikota memuji hasil panen yang cukup banyak dan hasilnya sangat memuaskan, bahkan walikota berkeyakinan cabai Dumai tidak bakal kalah saing dengan cabai merah dari luar daerah.

Penulis :  Bambang
Editor : Yusni Fatimah





Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Asik Pesta Sabu di Kontrakan, 7 Warga Kampar Digiring ke Sel
  • Panitia Imlek Bersama Audiensi ke Gubri
  • Buruan Tukar Mobil Lama Anda dengan Nissan Baru
  • Halo Kick! Sediakan Benefit Premium bagi Pelanggan kartuHalo
  • Ratusan TKA di Proyek PLTU Tenayan Raya Digrebek
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi Disclaimer Pedoman
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved