Dumai
Pemkab Dumai | DPRD Dumai | MAKLUMAT
 
 
+ INDEX BERITA

18:44 - Tingkatkan Prestasi, Sekda...
17:47 - RAPBD Dumai 2020 Tunggu Ve...
17:03 - Pertamina Dumai Khataman Q...
18:28 - Pendaftaran Ditutup, ‎14...
18:12 - 803 Kasus DBD Resahkan War...
19:08 - BKKBN Riau: Advokasi Progr...
16:26 - Sempena HUT ke-13, Grand Z...
10:26 - Jumlah Penderita Meningkat...
10:07 - Pendaftaran Ditutup, Juml...
10:15 - Kini Masyarakat Dapat Meni...
13:42 - Walikota: Keberadaan Mal M...
19:43 - Penemuan TBC Masih Jauh Da...
17:48 - Walikota Dumai Buka Pamera...
15:11 - Pelamar CPNS Kota Dumai Ca...
12:36 - Pangdam I/BB Lepas Satgas ...
18:31 - Pertamina Salurkan Rp580 J...
16:52 - Puluhan Wartawan Adu Skill...
14:45 - Zul As: Jangan Percaya Okn...
16:18 - 4.743 Rumah Tangga di Duma...
17:08 - Buntut Unjuk Rasa Buruh, P...
 
Peringati Hari Habibat se-Dunia 2019, Pertamina Dumai Ajak Pelajar dan Mahasiswa Tanam Mangrove
Minggu, 06/10/2019 - 18:03:17 WIB
General Manager Pertamina RU II M. Dharmariza tanam Mangrove memperingati hari habitat 2019 di Sentra Mangrove, Area 10 Kilang RU II Dumai, Minggu (6/10/2019). 
General Manager Pertamina RU II M. Dharmariza tanam Mangrove memperingati hari habitat 2019 di Sentra Mangrove, Area 10 Kilang RU II Dumai, Minggu (6/10/2019). 
TERKAIT:

DUMAI - Meriahkan Hari Habitat se-Dunia yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, PT Pertamina RU II bersama-sama dengan perwakilan pelajar dan mahasiswa se-Kota Dumai selenggarakan penanaman 1.000 bibit pohon mangrove di Sentra Mangrove, Area 10 Kilang RU II Dumai, Minggu (6/10/2019). 

Kegiatan dipimpin langsung General Manager Pertamina RU II M. Dharmariza dan diikuti tidak kurang dari 100 peserta. 

Ditemui di sela kegiatan Dharmariza menyatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program penanaman 1 Juta Pohon Mangrove yang diusung oleh Pertamina RU II sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. 

Tidak hanya itu, dengan melibatkan pelajar dan mahasiswa diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian generasi muda Kota Dumai terkait isu lingkungan. 

"Selain mengerahkan para pekerja Pertamina, pada kesempatan ini Pertamina RU II juga mengundang perwakilan dari organisasi pecinta alam dari kampus dan sekolah untuk bersama-sama menanam mangrove," katanya. 

"Alhamdulillah kegiatan ini disambut baik dan antusiasme dari anak muda kota Dumai sangat luar biasa. Selain menjadi wujud nyata atas kepedulian terhadap lingkungan, kami berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan ataupun organisasi lainnya untuk melakukan hal yang serupa. Tentunya untuk lingkungan Indonesia yang lebih baik," jelas Dharmariza. 

Lebih lanjut ia menjelaskan dalam mengkoordinasi keikutsertaan para pelajar dan mahasiswa, pihaknya menugaskan pekerja Pertamina yang tergabung ke dalam organisasi Pertamina Pecinta Alam (Patrapala) yang sejak berdiri pada tahun 2013 memang telah banyak mengerjakan berbagai kegiatan cinta lingkungan seperti penanaman pohon dan bersih-bersih lingkungan.

Berdasarkan catatan yang dimiliki oleh panitia, 50 peserta yang berasal dari mahasiswa dan pelajar ini berasal dari organisasi pecinta alam STMIK Dumai, STIA Lancang Kuning, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, STAI Tafaqquhfiddin dan SMAN 3 Dumai. 

Selain menanam mangrove, dilaksanakan pula bersih-bersih pantai sekitar lokasi kegiatan dan pembagian tumbler (botol minum) sebagai bagian dari Program Pertamina RU II Beat Plastic Pollution. 

Ditemui pada kesempatan yang sama Multisari Fatra salah satu peserta menyampaikan program ini adalah wadah yang baik bagi para pecinta alam untuk melakukan kerja nyata, ia berharap garis pantai Kota Dumai akan terus terjaga dari bahaya abrasi. 

"Terima kasih karena Pertamina sudah melibatkan kami. Ke depannya semoga semakin banyak bibit pohon yang ditanam dan target 1 Juta pohon mangrove dapat tercapai," ungkap Sari. 

Mengenai program Penanaman Sejuta Pohon Mangrove di Pertamina RU II, Dharmariza kembali menjelaskan bahwa sepanjang tahun 2019 hingga 2020 nanti pihaknya memang menargetkan melakukan penanaman hingga 1 Juta bibit pohon mangrove. 

Penanaman ini, tambahnya, tidak hanya dilakukan di lingkungan Kilang Pertamina RU II, baik di Dumai ataupun Sungai Pakning, namun juga di luar kilang dengan menggandeng instansi pemerintahan dan kelompok masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. 

Pada tahun ini saja, Pertamina RU II sudah beberapa kali melakukan penanaman, di antaranya bersama Dinas Lingkungan Hidup pada bulan Juni dengan menanam 300 pohon Ketapang Kencana dan bersama Komunitas Pecinta Alam Bahari (PAB) pada bulan September dengan jumlah bibit 2.000 buah.

Untuk meningkatkan angka keberhasilan tanam, pada penanaman kali ini pihaknya mempersiapkan jaring khusus untuk meminimalisasi besaran arus ombak yang sampai ke pesisir. Untuk jenis pohon mangrove yang dipilih adalah jenis Rhizopora dan Avicennia Marina. 

"Di akhir 2019 hingga tahun 2020 program ini akan terus kami gencarkan. Dengan semangat berbagi manfaat untuk lingkungan dan masyarakat, InsyaAllah target penanaman 1 Juta pohon ini dapat tercapai," pungkas Dharmariza. 

Penulis : Bambang
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Proses Cetak e-KTP di Pekanbaru Terkendala Blanko
  • IKA FNGT UNRI Gelar Reuni Akbar di Danau Raja, Kendi Harahap Jadi Ketua
  • Liburan Main Mobile Game Sepuasnya? Kenapa Nggak!
  • Polda Riau Tangkap Warga Siak Penyebar Hoaks Terkait Papua
  • Satwa Hutan Riau sering Mati Terjerat, BBKSDA Temukan 170 Perangkap saat Razia di Area Konservasi
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved