Dumai
Pemkab Dumai | DPRD Dumai | MAKLUMAT
 
 
+ INDEX BERITA

10:25 - Kualitas Udara di Dumai Pa...
18:10 - Dua Titik Api Terpantau di...
10:26 - Kabut Asap Tak Kunjung Usa...
16:28 - Relawan di Dumai Pingsan k...
16:02 - Video Wanita Pengendara Mo...
11:06 - Kabut Asap Kian Pekat, Sta...
17:31 - Masih Diselimuti Kabut Asa...
12:13 - Kualias Udara Kian Memburu...
15:05 - Ribuan Warga Dumai Terjang...
10:45 - Status Udara di Dumai Pagi...
18:35 - Kabut Asap Makin Pekat, Si...
17:56 - Kualitas Udara di Dumai So...
14:25 - Resmi Soft Opening, The Zu...
21:48 - Uji Coba Ro-Ro Dumai - Mal...
17:41 - Pelajar di Dumai Dirumahka...
11:44 - Dikepung Kabut Asap, Kuali...
13:07 - Tabligh Akbar UAS Peringat...
13:51 - Sakit, Satu Jemaah Haji Ko...
11:51 - Disambut Haru Keluarga, 28...
18:21 - Pertamina RU II Ajak Pengu...
 
Tim Penilai Nasional Mulai Lakukan Penilaian Kampung KB Kelurahan Laksamana
Rabu, 12/06/2019 - 18:39:03 WIB
Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi didampingi Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE foto bersama tim penilai Kampung KB tingkat Nasional Tahun 2019 di Kelurahan Laksamana Kecamatan Dumai Timur.
Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi didampingi Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE foto bersama tim penilai Kampung KB tingkat Nasional Tahun 2019 di Kelurahan Laksamana Kecamatan Dumai Timur.
TERKAIT:
 
  • Tim Penilai Nasional Mulai Lakukan Penilaian Kampung KB Kelurahan Laksamana
  •  

    DUMAI - Penilai Pusat pada Lomba Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga dan Kesehatan (PKK KKBPK KES) Tingkat Nasional 2019 di Kampung KB oleh tim verifikasi tingkat Nasional di Kelurahan Laksanakan Kecamatan Dumai Timur dimulai Rabu (12/6/2019).

    Kedatangan tim penilai berjumlah lima orang disambut langsung Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi didampingi Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE dan Kepala OPD di lingkungan Pemko Dumai, Forkopimda di Kampung KB Kelurahan Laksamana Kecamatan Dumai Timur.

    Kedatangan tim penilai diipimpin Direktur Bina Lini Lapangan BKKBN Drs Wahidin M Kes dengan tim berjumlah 5 orang. Terdiri dari 4 orang staf BKKBN dan 1 orang dari Pengurus PKK Pusat drg Laksmi. 

    Ketua tim penilai dari BKKBN Pusat Wahidin mengatakan, penilaian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat seputar pembangunan berwawasan kependudukan serta meningkatkan sarana dan prasarana pembangunan kampung KB.

    Penilaian yang dilakukan di Kota Dumai merupakan penilaian yang terakhir. Sebelumnya tim sudah memverifikasi 5 daerah lainnya di Medan, Lampung, Jogjakarta, Pemalang dan Makassar. 

    Wahidin juga menyebut BKKBN kini bukan hanya urusan kontrasepsi dan pembatasan kelahiran. Masih ada tiga tugas besar menyangkut subtansi dan grand desaign kependudukan yang bermuara pada kesejahteraan penduduk.

    Soal peluang sebagai pemenang perlombaan tersebut, Wahidin mengaku, tidak tertutup kemungkinan bagi Kota Dumai untuk menang. Iya meyakinkan bahwa Tim Penilai akan melakukan verifikasi dan penilaian secara fair dan jelas.

    “Kehadiran tim hanya melakukan verifikasi berkas yang telah diterima. Verifikasi ini penting dilakukan untuk membuktikan kebenarannya. Setiap nominator punya peluang yang sama. Dan tiap-tiap daerah punya kelebihan," ujar Wahidin

    "Ada tiga Program BKKBN yang menjadi prioritas yaitu mensosialisasikan program tidak menikah di usia dini, menikah bagi wanita idealnya usia 21 tahun dan 25 tahun untuk pria. Berikutnya tidak melakukan seks pranikah dan katakan tidak pada narkoba," tutupnya.

    Sementara Walikota Dumai Drs H Zulkifli As MSi mengatakan, tim melakukan verifikasi guna pencocokan data yang dikirim, peninjauan pelayanan kesehatan dan pelayanan KB.

    Dijelaskan Walikota, Kelurahan Laksamana dicanangkan menjadi kampung KB sejak Agustus 2017. Kelurahan Laksamana masuk enam besar Nasional lomba PKK KKBPK KES 2019.

    Sebelum masuk babak enam besar tingkat Nasional, Kampung KB Kelurahan Laksamana berhasil menjadi juara tingkat Kota Dumai dan Provinsi Riau.

    "Selangkah lagi, Kelurahan Laksamana ini akan meraih prestasi membanggakan tingkat Nasional. Saya berharap doa dan dukungan agar kampung KB kita ini keluar sebagai pemenang," harap Zul As.

    "Banyak pihak yang terlibat. Mulai dari Polres dan TNI, BNK, Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi dan UKM, Perikanan, Dinas Pemuda dan Olah raga dan lain-lain. Kedepan sinergi ini saya harap bisa terus ditingkatkan," harap Zul As.

    Pembentukan Kampung KB bukan hanya semata-mata fokus kepada pelayanan keluarga berencana. Dengan keterlibatan masyarakat melalui kader militan diharapkan ada nilai tambah lain dalam upaya peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga.

    Walikota mengingatkan bahwa masalah kependudukan merupakan masalah pelik. Gagal mengelola bukan saja berbahaya pada terjadinya ledakan penduduk. Juga berdampak pada menurunnya kualitas SDM. Dan mau tidak mau, penanganan kependudukan harus dilakukan sejak dini. 

    Ia minta agar semua pihak merubah mindset tentang KB. "KB bukan hanya pembatasan angka kelahiran. Lebih penting masalah kualitas hidup penduduk. Dari verifikasi ini yang harus kita catat adalah juara itu bonus. Tujuan utamanya adalah meningkatkan pelayanan terhadap kesehatan masyarakat," ujarnya.

    Menurutnya perlombaan ini hanya merupakan pemicu dan cambuk untuk meningkatkan pelayanan semaksimal mungkin, apalagi Pemko Dumai mempunyai program pelayanan yang terintegrasi di berbagai bidang.

    Penulis : Bambang
    Editor : Fauzia

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0813 7176 0777
    via EMAIL: redaksi@halloriau.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)

     
    Berita Lainnya :
  • Pengambilan Sumpah Janji DPRD Inhil Diwarnai Unjuk Rasa Mahasiswa
  • UIR, Universitas Pertama Bentuk Penggiat dan Relawan Anti Narkoba
  • Kodim 0313 KPR Masih Berjibaku Padamkan Titik Api
  • Sah, 30 Anggota DPRD Kepulauan Meranti Periode 2019-2024 Dilantik
  • Pentingnya Dukungan Orang Tua dan Guru Bagi Siswa Berprestasi
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved