Kuansing
Pemkab Kuansing | DPRD Kuansing
 
+ INDEX BERITA

19:42 - DPRD Kuansing Mulai Lakuka...
06:27 - Selama Lima Tahun, Hanya 1...
21:55 - Andi Putra dan Naswan Dibe...
21:35 - Kebanyakan Anggota DPRD Ku...
20:58 - Mahasiswa Soroti Anggaran ...
21:23 - Jelang Pelantikan, Dipasti...
20:23 - Sudah Diagendakan Banmus, ...
19:23 - Seluruh Anggota Komisi di ...
05:44 - Anggota DPRD Kuansing Terp...
20:41 - Masa Jabatan Akan Berakhir...
11:02 - Rustam Effendi: Kalau Rp 1...
17:08 - Dewan Kantongi Nama-nama P...
15:15 - Fraksi di DPRD Kuansing So...
15:40 - Komisi B DPRD Kuansing Min...
22:30 - Dewan Kuansing Sarankan Fa...
16:49 - Tunggu Penetapan KPU, Pela...
15:03 - DPRD Kuansing Tidak Berika...
18:10 - DPRD Sayangkan Ada Kasubag...
18:16 - Parah, Kehadiran Anggota D...
10:44 - Musliadi Minta Dewan Tak D...
 
Naswan, Anak Petani Sukses Jadi Politisi
Selasa, 09/04/2019 - 14:26:31 WIB
Anggota DPRD Kuansing Naswan.
Anggota DPRD Kuansing Naswan.
TERKAIT:
 
 

Perjuangan demi perjuangan terus disuarakan anggota DPRD Kuansing dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Naswan, SE untuk masyarakat di Daerah pemilihan (Dapil) II di Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir dan umumnya Kabupaten Kuansing.

Salah satu perjuangan yang selalu disuarakan selama menjadi anggota DPRD Kuansing adalah usulan peningkatan infrastruktur jalan untuk masyarakat ditengah kondisi keuangan Kuansing yang cukup terbatas.

Setiap kali reses di Dapilnya di Singingi dan Singingi Hilir, permintaan masyarakat selalu menginginkan agar ruas jalan yang mereka lalui diaspal oleh Pemerintah daerah dan diperjuangkan di DPRD Kuansing.

Berkat komunikasi yang dijalinnya baik dengan pemerintah maupun anggota DPRD Kuansing lainnya, secara berlahan-lahan aspirasi masyarakat yang menginginkan jalan aspal mulai terwujud.

Kadang memang untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat di DPRD tidak selalu mulus, namun demikian sedikit banyak kita bisa memperjuangkan secara berlahan, sehingga aspirasi yang didambakan masyarakat dapat terwujud.

"Adapun wakil kita di DPRD kadang susah juga memperjuangkan, apalagi sampai tidak ada wakil kita, dan alhamdulillah berkat komunikasi kita yang bagus dengan kawan-kawan lain di DPRD dan Pemkab secara berlahan aspirasi yang kita perjuangkan ditampung dan masuk. Ini semua tak lepas dari lobi yang kita lakukan,"kata Naswan.

Kalau kita bicara kepuasan, katanya, memang masih jauh dari puas, tapi walupun sedikit yang baru bisa kita perjuangkan alhamdulillah bisa dinikmati masyarakat kue pembangunan ini.

"Usulan yang selalu jadi prioritas masyarakat itu pasti jalan, apalagi sebagian besar dapil saya di eks trans, dan saya sendiri tinggal di eks trans, semua masyarakat menginginkan akses jalan bagus dan diaspal,"katanya.

Lahir dari keluarga petani tidak menyurutkan langkah Naswan, putra asal desa Tanjung Pauh, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau terjun ke dunia politik. Naswan merupakan satu-satunya putra Tanjung Pauh yang sukses masuk ke dunia politik menjadi anggota DPRD Kuansing.

"Apalagi saya satu-satunya putra desa Tanjung Pauh yang duduk di Dewan, sebelumnya memang tidak ada, dan ini amanah bagi saya untuk
memperjuangkan masyarakat saya,"katanya.

Naswan juga menceritakan bagaimana perjalan hidupnya, sehingga sampai terjun ke dunia politik. Naswan kecil dulunya memiliki cita-cita menjadi tentara dan memilih Angkatan Laut.

Naswan pertama mengenyam pendidikan sekolah di SDN 010 desa Tanjung Pauh dan tamat sekitar tahun 1986. Usai menamatkan SD, Naswan masuk SMP Negeri 2 Teluk Kuantan dan hidup mandiri karena jauh dari orang tua yang tinggal didesa Tanjung Pauh.

"Saya dulu kos di Taluk, dan setelah tamat SMP tahun 1989, saya melanjutkan pendidikan diSMK Negeri Patimura di Pekanbaru dan tamat  1992," ujarnya.

Terjun ke dunia politik itu belum lama, sebelumnya saya dulu merantau ke Bogor dan bekerja di PT Sinar Andika sebagai kontraktor yang kerja di PT Instrumenindo perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan lapangan golf dan perumahan mewah. Dirinya bekerja di perusahaan swasta di Bogor lebih kurang tiga tahun mulai 1995-1997.

Pada 1997, dirinya pulang kekampung halaman di Desa Tanjung Pauh, dan bekerja di PT Adi Mulya Agro Lestari yang merupakan anak dari PT SAR. Waktu itu dirinya bekerja sebagai pelaksana kontraktor dibidang transportasi buah dari lapangan diangkut menuju pabrik sampai tahun 2009.

Naswan terjun ke dunia politik pada tahun 2008 langsung gabung dengan PPP. "Awalnya memang diajak kawan, dan saya mulai maju jadi calon anggota DPRD dari PPP itu tahun 2009 dan mendapatkan nomor urut dua Dapil Singingi-Singingi Hilir," katanya.

Meskipun terbilang baru bergabung dengan PPP, namun perolehan suara Naswan waktu itu cukup tinggi berada diperingkat kedua dan meraup suara lebih dari 1.000 suara menyaingi Gunarto yang berada diperingkat tertinggi perolehan suara.

Terjun ke dunia politik, memang Naswan mendapatkan dukungan penuh dari keluarga. Apalagi Naswan merupakan anak paling tua dari 8 bersaudara.

Beberapa tahun menjabat jadi anggota DPRD Kuansing, Gunarto meninggal dunia. Dan Naswan yang meraih perolehan kedua jumlah suara Pileg 2009 menggantikan posisi Gunarto menjadi anggota Dewan. Naswan dilantik menjadi PAW pada 28 Februari 2013.

Alm Gunarto Miliki Peran Besar Bawa Naswan Terjun ke Dunia Politik

Kesuksesan Naswan terjun ke dunia politik memang tak terlepas dari peran
Alm Gunarto yang pernah membawanya terjun langsung tahun 2004. Naswan dan Gunarto merupakan kawan akrab. Gunarto waktu itu terpilih menjadi anggota DPRD Kuansing menggunakan perahu PKS.

"Sebelum terjun ke dunia politik kami berteman akrab dengan almarhum Gunarto, dan waktu itu dirinya mengajak kalau kita gabung mungkin bisa dapat dua kursi,"katanya.

Namun dirinya lebih memilih menjadi tim dan memperjuangkan salah seorang kader Partai Demokrat yang tidak lain adalah saudaranya,"dulu ada saudara yang maju di Demokrat, tapi tidak duduk karena masih belajar,"katanya.

Saat ditanya apakah akan kembali maju menjadi calon anggota DPRD Kuansing atau maju ke Provinsi. Disampaikan Naswan, untuk Pileg 2019 mendatang rencana tetap maju di PPP. "Apalagi kini Bupati orang PPP, kita beharap kedepan lebih banyak PPP merebut kursi di legislatif,"katanya.

Naswan yang terpilih menjadi anggota DPRD Kuansing periode 2014-2019 jumlah perolehan suara yang diraih 754 suara dan dibanding Pileg 2009 lebih kecil karena Pileg 2009 Naswan berhasil meraih suara 1.000 suara lebih.

"Namun ini tidak menyurutkan kita untuk terus berjuang mengambil simpati masyarakat," katanya.

Terlahir dari keluarga petani, Naswan jadi panutan dan selalu membantu adik-adiknya, dirinya tak mau menyusahkan orang kedua orang tua. Dukungan orang kedua orang tua selalu mengaminkan dirinya untuk meniti karir, termasuk mencari pendamping hidupnya.

"Sampai-sampai urusan mencari pendamping hidup itu saya mengurus semuanya, dan orang tua tinggal hadir,"katanya.

Riwayat Singkat


Nama Lengkap : Naswan, SE
Panggilan          : Iwan
Tempat / Tggl Lahir : Tanjung Pauh 23 Agustus 1973

Agama : Islam
Alamat : Desa Sukamaju, Kecamatan Singingi Hilir

Keluarga


Istri : Titik Wuryani
Anak : Anugrah Prima Pratama

Riwayat Pendidikan

- SDN 010 Tanjung Pauh Tamat 1986
- SMPN 2 Teluk Kuantan Tamat 1989
- STM Negeri Patimura, Pekanbaru Tamat 1992
- Kelas Jauh Universitas Dwipa Wacana Cabang Jakarta Tamat 2013

Partai : Partai Persatuan Pembangunan (Mulai Bergabung 2008)
Cita-cita waktu kecil : Angkatan Laut
Tokoh politik Idola : BJ Habibie
Golongan Darah :  B

Riwayat Pekerjaan

- PT Sinar Andika (Kontraktor) Bogor 1995-1997
- PT Adi Mulya Agro Lestari (Kontraktor) Tanjung Pauh 1997-2009

Riwayat Organisasi

- Ketua PHBI 2009-2014 di PT Adi Mulya Group di Mulya Grup
- Ketua Remaja Masjid.



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Kejari Kuansing Akan Tarik Kendaraan Dinas yang Dikuasai Mantan Pejabat
  • Bersama HIPGABI Riau, PPNI Meranti Bagikan Masker N95 di Selatpanjang
  • Gelar Aksi Damai, Massa Cipayung Nilai Gubri Lamban Atasi Karhutla
  • Diduga Akibat Asap Tebal dan Sarat Muatan, Kempang Bermuatan BBM Karam di Selat Air Hitam
  • Eka Hospital Pekanbaru Peringati The First World Patient Safety Day 2019
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved