Bengkalis
Pemkab Bengkalis | DPRD Bengkalis
 
+ INDEX BERITA

22:37 - Sekretariat Baru Koperasi ...
22:13 - Diduga Palsukan Dokumen, K...
16:48 - Peringati Tahun Baru Islam...
15:39 - Umat Islam Jangan Tak Hafa...
18:53 - Ikut Pameran Inafact, Disk...
09:38 - Hampir 1 Bulan Terbengkala...
22:24 - SMKN 1 Bukit Batu Nobar Fi...
20:09 - Lolos ke Ajang AYIMUN, Am...
19:55 - TPP Agustus Belum Bisa Dib...
18:32 - Kas Daerah Kosong, TPP Pem...
08:22 - Bupati Amril Kunjungan Muh...
14:04 - PDAM Bengkalis Gratiskan P...
07:56 - APBD Bengkalis Defisit Rp ...
16:54 - Proyek Semenisasi SDN 32 P...
12:07 - Pemkab Bengkalis Taja Sosi...
20:41 - Polemik Dualisme Kepenguru...
19:23 - Besok, Bupati Amril Jadi I...
19:27 - Amril Mukminin Keluarkan S...
18:36 - Terkesan Terjadi Pembiaran...
18:27 - FAN GIR Gelar Sekolah Berm...
 
Sosialisasi Pamsimas Tahap III Diikuti 32 Desa se Bengkalis
Kamis, 24/08/2017 - 11:12:04 WIB

BENGKALIS – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis menyelenggarakan kegiatan sosialisasi program Pamsimas tahap III. Kegiatan yang diikuti 32 desa dari 10 kecamatan ini berlangsung di ruang rapat Lantai II Kantor Bappeda Bengkalis, Kamis (24/8/2017).
            
Ke-32 desa ini adalah Pancur Jaya dan Pangkalan Pinang (Rupat), Balai Makam, Simpang Padang, Pematang Obo, Air Kulim, Buluh Manis, Pamesi (Bathin Solapan), Bathin Betuah (Mandau), Koto Pait Beringin, Tasik Serai Barat, Tasik Tebing Serai (Talang Muandau), Buluh Apo, Sungai Meranti, Pangkalan Libut (Pinggir), Kadur, Hutan Ayu, Suka Damai (Rupat Utara), Batang Duku dan Pakning Asal (Bukit Batu), Liang Banir, Tanjung Datuk, Koto Raja (Siak Kecil), Penampi, Penebal, Pematang Duku, Ketam Putih, Kelemantan (Bengkalis), dan Pambang Pesisir, Pambang Baru, Bantan Air Muntai (Bantan)
            
Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Bappeda Bengkalis H Jondi Indra Bustian, diwakili Sekretaris Daerah, H Imam Hakim. Dalam sambutan singkatnya, Imam Hakim mengatakan, Pamsimas atau program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat, merupakan program Pemerintah Pusat yang dimulai sejak tahun 2008.
            
Walau sudah berlangsung cukup lama, Pamsimas dinilai dan masih dipandang sangat relevan dalam mendukung cita-cita Pemerintah untuk mewujukan 100 – 0 – 100 pada tahun 2019. 

“Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah : 100 – 0 – 100 yang digaungkan Kementerian PUPR beberapa tahun lalu. Dimana ditargetkan pada Tahun 2019 kita berhasil melayani kebutuhan air minum kepada seluruh masyarakat  (100% terlayani). Tidak ada lagi (0%) kawasan / permukiman kumuh dan 100% masyarakat sudah terlayani dalam aspek Sanitasi Dasar,” ujar Imam Hakim.

Dengan pertimbangan tersebut, sambung Imam Hakim, program Pamsimas tetap dilanjutkan dan terus didorong agar mampu memberikan sumbangsih yang lebih optimal. Sejak dimulai pada Tahun 2008 sampai dengan saat ini Pamsimas sudah memasuki tahap ketiga. 

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan akses masyarakat perdesaanmaupun pinggiran kota (pre-urban) terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak,” ujarnya lagi.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis, sambung Imam Hakim, memiliki komitmen yang kuat untuk dapat mendukung keberhasilan dan pencapaian target yang telah dicanangkan Pemerintah tersebut. Komitmen ini telah direalisasikan dalam bentuk penyediaan alokasi anggaran yang signifikan setiap tahun melalui APBD Kabupaten Bengkalis.

Kabupaten Bengkalis telah ikut berperan aktif dalam implementasi Program Nasional Pamsimas sejak dimulainya Program Pamsimas Tahap I (tahun 2008 - 2012), Pamsimas Tahap II(tahun 2013 - 2015). Tahun 2016 sudah ditetapkan sebagai tahun dimulainya PAMSIMAS Tahap IIIyang intinya adalah melanjutkan pelaksanaan program dan meningkatkan capaian kinerja program.

“Partisipasi aktif Kabupaten Bengkalis telah diwujudkan dengan penyediaan alokasi anggaran yang bersumber dari APBDKabupaten Bengkalis untuk biaya penunjang / pendamping dari dana APBN, biayaReplikasi program dan biaya pembinaan dan supervisi serta penyiapan sejumlah instrumen maupun kelembagaan yang diperlukan untuk pelaksanaan dan keberlanjutan program sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan,” papar Imam Hakim.

Kegiatan sosialisasi Pamsimas menghadirkan pemateri antara lain Erwalis Ssos MSi (Provincial Coordinator Provinsi Riau), Agus Supriyanto SKM (Local Government Specialist Provinsi Riau) dan Muhaimin (Anggota Tim Pamsimas Dirjen Cipta Karya Provinsi Riau).

Penulis: Zulkarnaen
Editor: Yusni Fatimah



Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777 atau 0852 7897 5248
via EMAIL: redaksi@halloriau.com atau
bisa invite PIN halloriau.com: 2B2591DA
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Kumpulkan Seluruh Jajaran, Ini Kebijakan Kapolres Kuansing AKBP Fibri Karpiananto
  • RSUD Teluk Kuantan Buka Lowongan Kerja untuk 75 Tenaga Keperawatan
  • Mau Cashback Rp40 Juta Beli Ertiga dan SX4 S-Cross? Buruan Kunjungi Suzuki SM Amin
  • Telkom Salurkan Dana UKM Rp989 Juta
  • Kejari Inhu Gencar Sosialisasi Hukum dan Narkoba di Sekolah
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved