Bengkalis
Pemkab Bengkalis | DPRD Bengkalis
 
+ INDEX BERITA

17:23 - Bapenda Bengkalis dan BNI ...
12:02 - Hari Pertama di Madinah, J...
19:56 - Sempena Hari Jadi ke-507, ...
19:42 - 15 Bus Berangkatkan 445 JC...
13:20 - Gubernur Riau dan Menko Ma...
15:33 - Bupati Lepas JCH Bengkalis...
15:23 - Pastikan Progres Pekerjaan...
15:05 - Bupati Amril Mukmin Dukung...
15:13 - Kepala BRG Kunjungi Siak K...
14:50 - 104 Perangkat Desa di Beng...
19:34 - Beban Kerja Besar, Distan ...
15:28 - Jelang Berangkat, JCH Beng...
15:45 - Bupati Bengkalis Lepas 18 ...
14:58 - Empat KBM Polbeng Lolos Pe...
05:23 - BSSR Bengkalis Diusulkan J...
16:33 - Kemenko Bidang Kemaritiman...
16:10 - Bengkalis Darurat Narkoba,...
20:38 - Tim Bentukan Menko Maritim...
16:25 - Hari Kedua AOE 2019, Stand...
05:46 - Tinjau Persoalan Abrasi di...
 
Perpusdes Jangkang Bengkalis Juara Pertama Provinsi Riau
Kamis, 16/05/2019 - 15:07:08 WIB
Para juara lomba perpustakaan.
Para juara lomba perpustakaan.
TERKAIT:

BENGKALIS - Perpustakaan Desa (Perpusdes) Jangkang Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis meraih prestasi gemilang sebagai juara pertama tingkat Provinsi Riau. Perpusdes Jangkang mampu mengalahkan peserta lainnya yang diikuti 6 kabupaten/kota yakni, Siak, Pelalawan, Rohul, Kampar, Rohil, dan Dumai.

“Alhamdulillah Perpudes Jangkang tahun ini meraih prestasi yang membanggakan, ini semua berkat kerja keras semua pihak, bukan hanya mengaharumkan nama desa, tetapi juga Kabupaten Bengkalis,” ungkap Pengelola Perpusdes Jangkang Elissa, Rabu (15/5/2019).

Atas prestasi menyandang juara pertama level Provinsi Riau, selanjutnya Perpusdes Jangkang akan dilakukan persiapan untuk tingkat nasional.  "Untuk itu Lisa mohon doa dan dukungan supaya menoreh prestasi gemilang di tingkat nasional,” tutur wanita berkacamata tersebut.

Adapun kreteria penilaian, kata wanita yang akrab disapa Lisa ini, terdapat sebelas kreteria penilaian sesuai standar nasional. Yakni, perpustakaan harus memiliki gedung sendiri, program kerja perpustakaan, kelembagaan perpustakaan, perabotan dan perlengkapan perpustakaan.

Kemudian, kriteria tenaga perpustakaan, koleksi perpustakaan, layanan perpustakaan, anggaran perpustakaan, kerjasama perpustakaan, promosi perpustakaan serta pembinaan dan hasil kegiatan perpustakaan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Perpusdes Jangkang berdiri tahun 2014, saat ini memiliki 1.272 judul buku, meliputi buku karya umum, filsafat, agama, ilmu sosial, ilmu bahasa, sains/murni, ilmu terapan, kesenian/olahraga, kesusastraan, sejarah, referensi dan peta. “Sumber buku ada yang dibeli sendiri, hadiah/hibah dan juga tukar-menukar melalui kerjasama perpustakaan,” kata Lisa yang saat ini dirinya dibantu satu orang staf bernama Jasmitaria.

Selanjutnya Lisa menambahkan, Perpusdes Jangkang memiliki program kerja jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Untuk program kerja jangka pendek yakni, memperkenalkan/mempromosikan Perpusdes ke sekolah dan seluruh kalangan masyarakat, hal tersebut dilaksanakan sebulan sekali, kemudian memfasilitasi Perpusdes sesuai kebutuhan pembaca, dilaksanakan sesuai jam kerja, dan memperkenalkan Perpusdes pada kelompok PKK, agar memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana belajar keluarga.

Kemudian program kerja jangka menengah yakni dengan memberikan reward (penghargaan) kepada pemustaka. Hal tersebut dilaksanakan setiap 6 bulan sekali.

Selanjutnya program jangka panjang yakni membuat pondok baca di luar gedung perpustakaan, menambah koleksi perpustakaan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Kepala Desa Jangkang Edi Sutrisno mengucapkan selamat dan tahniah kepada Perpusdes jangkang yang telah membawa nama harum Desa Jangkang dan Kabupaten Bengkalis di tingkat Provinsi. “Selamat kepeda kepada buk Lisa dan mita karna telah memberikan yang terbaik untuk Desa Jangkang dan Kabupaten Bengkalis,” kata Edi.

Pemerintah Desa Jangkang berkomintmen untuk terus memajukan, dan meningkatkan sarana dan prasarana Perpusdes, hal tersebut terbukti karena setiap tahunnya ada bantuan dana desa yang digelontorkan Pemdes untuk membangun dan mengembangkan Perpusdes.

“Dengan bantuan dana desa untuk membangun Perpusdes, maka tujuan kita untuk meningkatkan minat baca masyarakat akan lebih cepat terwujud, ini juga merupakan salah satu cara untuk mencerdaskan generasi muda di Desa Jangkang,” ujarnya.

Penulis : Zulkarnaen
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Bupati Rohil Resmikan Penggunaan Kantor Baru Bank Riau Kepri Bagansiapiapi
  • Kuansing Soccer School Lolos ke Babak Perempat Final dan Jadi Juara Group Piala Menpora U-16
  • Cegah Karhutla, Satgas Bikin Sumur di Perkebunan Warga Kampar
  • Inginkan Perubahan, Makin Banyak Masyarakat Dukung Yan Prana Jadi Bupati Bengkalis
  • Ini Solusi Alternatif Atasi Rendahnya Pertumbuhan Ekonomi Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved