Bengkalis
Pemkab Bengkalis | DPRD Bengkalis
 
+ INDEX BERITA

21:36 - Camat Bukit Batu Lepas Paw...
15:38 - Agenda Tahunan, FWBS Sant...
15:02 - Festival Malam 27 Ramadan,...
22:25 - Laka lantas di Desa Api-ap...
14:13 - Layani Arus Mudik dan Bali...
15:31 - Antisipasi Meningkatnya Ar...
16:44 - Sidang Dugaan Politik Uang...
23:09 - Sidang Dugaan Politik Uang...
20:16 - Bupati Amril : Di Bulan Ra...
15:15 - OPD Diresahkan Ulah Oknum ...
22:21 - Terkait Putusan Sela, PH ...
21:10 - Hasil Putusan Sela, Hakim...
16:47 - JPU Pastikan Dakwaan Nur A...
14:49 - Muncul Wacana Colok Dinyal...
21:34 - KPK Bawa Barang Bukti Hasi...
19:59 - KPK Temukan Rp1,9 Milliar ...
17:20 - Terkait Penggeledahan Rumd...
13:55 - KPK Geledah Rumah Dinas Bu...
10:52 - Kades Dompas Pimpin Upacar...
22:26 - Dakwaan JPU Dinilai Tak Pe...
 
Teliti Kekayaan Hayati Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, APP Sinar Mas Gandeng UNAS
Jumat, 11/05/2018 - 15:48:40 WIB
Rombongan Team Unas Jakarta Mendapatkan Penjelasan Dari Team APP-Management Sinar Mas Forestry tentang Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu
Rombongan Team Unas Jakarta Mendapatkan Penjelasan Dari Team APP-Management Sinar Mas Forestry tentang Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu
TERKAIT:
 
  • Teliti Kekayaan Hayati Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, APP Sinar Mas Gandeng UNAS
  •  

    BENGKALIS – Asia Pulp & Paper (APP Sinar Mas) bermitra dengan Fakultas Biologi Universitas Nasional Jakarta (UNAS) untuk melakukan penelitian kekayaan flora dan fauna Cagar Biosfer Giam Siak Kecil – Bukit Batu, Riau. Penelitian mencakup pemetaan dan pengidentifikasian ulang keanekaragaman hayati, setelah kajian yang sama dilakukan oleh tim Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) satu dekade lalu. Penelitian ini dilakukan  untuk mengembangkan serta mengevaluasi langkah-langkah pelestarian flora dan fauna di cagar biosfer tersebut.

    Penelitian dilakukan dalam bentuk Kuliah Kerja Lapangan (KKL) pada 5 – 12 Mei 2018 di Area Inti Blok Humus, yang merupakan salah satu kawasan penting di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil – Bukit Batu, Riau. Sekitar 40 orang peserta KKL, yang terdiri dari mahasiswa dan dosen UNAS, serta petugas konservasi APP Sinar Mas di sekitar Cagar Biosfer, akan secara intensif menginventarisasi keanekaragaman hayati, mengeksplorasi pengetahuan masyarakat dalam pemanfaatan sumber daya hayati tumbuhan serta mengajarkan masyarakat sekitar cagar biosfer terhadap pentingnya menjaga dan melestarikan alam.

    “APP Sinar Mas sangat terbantu dengan penelitian ini. Sebagai kawasan yang ditetapkan sebagai cagar biosfer oleh UNESCO sekitar 10 tahun lalu, kegiatan inventarisasi kekayaan hayati ini menjadi penting untuk memperbaiki dan mengembangakan langkah-langkah pelestarian flora dan fauna di cagar biosfer tersebut. Hasil penelitian ini akan melengkapi penelitian LIPI yang pernah dilakukan di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu. Untuk melakukan penelitian secara mendalam di kawasan tersebut, diperlukan kerjasama dengan lembaga-lembaga terkait dalam mengumpulkan data dan merencanakan langkah selanjutnya,” kata Direktur Sustainability and Stakeholder Engagement APP Sinar Mas, Elim Sritaba,Jumat (11/05/2018).

    Hasil penelitian LIPI Elim menunjukkan bahwa di dalam Cagar Biosfer Giam Siak Kecil_Bukit Batu terdapat setidaknya 189 spesies tumbuhan dari 113 famili dan 59 genus, di antaranya terdapat anggrek macan, meranti bunga dan durian burung. Di dalam cagar biosfer juga terlacak 46 spesies mamalia, 159 spesies burung, 30 spesies ikan, 11 spesies reptil, dan 162 spesies ngengat. Beberapa spesies tersebut di antaranya adalah beruang madu, harimau sumatera, ikan arwana dan buaya muara.

    Selain itu katanya Pembentukan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil – Bukit Batu, Riau, berawal dari ide APP Sinar Mas pada 2006 lalu untuk menyisihkan sebagian dari areal hutan produksi menjadi area inti cagar biosfer tersebut. Pada 2009, sidang International Coordinating Council of the Man and Biosphere UNESCO di Korea Selatan menyetujui ide APP Sinar Mas dan membentuk cagar tersebut, dengan luas area 705.271 hektar tersebut.

    “Dengan diresmikannya Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, APP Sinar Mas menjadi perusahaan swasta pertama di dunia yang menginisasi pembangunan cagar biosfer UNESCO,” ujar Elim.

    Dekan Fakultas Biologi, Universitas Nasional, Drs. Imran Said Lumban Tobing, M.Si, mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh APP Sinar Mas. Ia meyakini kegiatan ini akan melatih mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang didapat untuk dapat diaplikasikan langsung di masyarakat. Data-data yang didapat dapat dimanfaatkan oleh APP Sinar Mas untuk merencanakan berbagai langkah konservasi di masa yang akan datang.

    “Data yang diperoleh dapat digunakan sebagai pembanding antara hasil pada kondisi sebelumnya dengan hasil terbaru. Hasil data baru ini dapat dikelola sebagai upaya konservasi dalam kawasan inti maupun kawasan pemanfaatan,” tutur Imran.

    Dipilihnya Cagar Biosfir Siak Kecil Bukit Batu ini kata  Imran untuk segi keilmuan cagar biosfir ini gaungnya sangat  besar dan disokong oleh dunia internasional, bahkan manajemen pengelolaannya dikelola oleh pihak swasta.

    "Kita sangat tertarik untuk melakukan penelitian dikawasan ini dan dari beberapa yang saya ungkapkan tersebut merupakan tujuan penelitian yang dilakukan ke Cagar biosfir Siak Kecil Bukit Batu ini dan kerja sama ini bukan yang pertama dilakukan dengan pihak Sinar Mas Forestry," jelas Imran.

    Penulis : Alfisnardo

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan SMS ke 0813 7176 0777
    via EMAIL: redaksi@halloriau.com
    (mohon dilampirkan data diri Anda)

     
    Berita Lainnya :
  • Diduga Punya Masalah Pribadi, Pria Paruh Baya Nekad Gantung Diri
  • Jumlah DPT Kuansing Pada Pilgubri 2018 Turun
  • Jasad Wanita tanpa Identitas Ditemukan Mengapung di Sungai Rumbai
  • Paslon Nomor 4 Pede di Debat Malam Ini, Andi: Pembangunan yang Sudah Ada Tinggal Lanjutkan
  • Tes Urine Sopir Bus, Kapolres: Tidak Ditemukan Sopir Gunakan Narkoba
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved