Bengkalis
Pemkab Bengkalis | DPRD Bengkalis
 
Jamal Abdillah-Ketua DPRD Bengkalis
Politisi Muda dengan Multi Talenta
Kamis, 20/12/2012 - 19:40:17 WIB

TERLAHIR dari keluarga berkekurangan,tidak membuat sosok muda ini menyerah begitu saja pada  keadaan yang menimpa keluarganya. Justrukekurangan dari sisi ekonomi itu melecut semangatnya untuk bisa meraih hasil yang lebih bagus di kemudian hari. Kemiskinan yang menimpa keluarganya sejak terlahir menjadi inspirasi serta motivasi untuk merubah nasib keluarga maupun diri sendiri dengan jalan mandiri.

Dunia politik yang dijalaninya saat ini, ternyata bukan menjadi pilihan tunggal dalam perjalanan hidupnya di usia yang masih belia. Sosok yang dikenal kreatif ini juga giat berkiprah di dunia dakwah serta pemberdayaan ekonomi, khususnya kalangan generasi muda. Tidak salah kiranya kalau figur muda ini dijuluki 'politisi muda dengan multi talenta (banyak bakat)'.

Pertengahan tahun 2009 lalu, tidak ada seorangpun yang menyangka, pria yang dulunya "degil" ini duduk sebagai anggota wakil rakyat di Negeri Junjungan. Pada pemilu legislatif tahun 2009, ia dicalonkan oleh partainya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk menjadi calon legislatif dari daerah pemilihan Bengkalis, Bantan, Rupat dan Rupat Utara.

Dia adalah Jamal Abdillah, pria kelahiran Bengkalis 8 Agustus 1985, yang saat ini menjabat ketua DPRD Bengkalis sejak bulan Oktober 2011 lalu, menggantikan Indra Gunawan dari Partai Golkar, pasca diberlakukannya rasionalisasi keanggotaan di DPRD Bengkalis. Anak dari Abu Zakir yang dahulunya penjual es cendol, serta ibunya Yustina seorang buruh cuci ini terus berkibar dari hari ke hari sebagai seorang politisi muda berbakat.

Saat ini, Jamal merupakan ketua DPRD termuda di seantero nusantara, maklum usianya baru memasuki 27 tahun. Jamal juga mengaku kalau ia hanya bermodalkan uang sebesar Rp3.5 juta untuk maju menjadi calon legislatif tahun 2009 lalu. Kematangan berfikir serta bersikap yang mulai ditempa pada dirinya sejak tahun 2004 lalu, begitu bergabung dengan PKS membut kepribadian istri dari Suryana ini kian kokoh. Tidak salah kalau PKS menjadi pilihan politiknya, karena di rumah politik berbasis dakwah itulah Jamal menemukan jati dirinya sebagai seorang anak muda yang memiliki multi talenta.

"Sejak kecil saya sudah terbiasa hidup susah. Kemiskinan yang menimpa keluarga saya tidak pernah menjadikan saya dendam pada kemiskinan, tetapi ada hikmah dibalik kesulitan ekonomi yang menimpa kami," cerita Jamal, sambil mengisahkan masa lalunya pada suatu kesempatan.

Pria yang suka bergurau ini mengisahkan, setamat dari MTsN Bengkalis tahun 2000, ia hijrah ke Kota Bertuah Pekanbaru, melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Farmasi (SMF). Kesulitan keuangan membuatnya otomatis harus mencari biaya menghidupi dirinya selama di perantauan. Berbagai macam pekerjaan serabutan dilakoninya, seperti menjadi tukang cuci piring di warung pecal lele di belantara ibukota propinsi itu.

Kiprahnya di dunia politik sendiri secara resmi dimulai awal tahun 2005. Ketika itu ia digembleng di rumah politik PKS sebagai kader muda dalam bidang keagamaan, ekonomi, politik dan sosial budaya. Pada tahun itu juga ia ditunjuk sebagai ketua pembinaan kader di desa-desa untuk kecamatan Bengkalis.

Diantara orang-orang yang paling berpengaruh dalam perjalanan politiknya di PKS adalah Iskandar (ketua DPD PKS kabupaten Bengkalis) dan Firmansyah Putra, mantan anggota DPRD Bengkalis periode 2004-2009 yang sekarang menjabat ketua DPD PKS kabupaten Kepulauan Meranti. Dipenghujung tahun 2005 karena militansi serta loyalitasnya kepada partai, Jamal resmi dikukuhkan sebagai ketua DPC PKS kecamatan Bengkalis.

April 2009 adalah awal bersinarnya bintang politik seorang Jamal Abdillah yang biasa disapa dengan nama kecil Eden itu. Pada pemilu legisltaif, Jamal mencapai kuota perolehan suara untuk dapilnya, sekaligus ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis sebagai anggota DPRD terpilih periode 2009-2014.

Pasca dilantik menjadi wakil rakyat bulan September 2009, sampai dengan bulan September 2010, Eden hanyalah anggota DPRD biasa di Fraksi PKS. Nasib baik betul-betul berpihak kepadanya, karena pada tanggal 5 Agustus 2010, Suayatno yang sebelumnya menjabat wakil ketua DPRD dilantik sebagai wakil bupati Bengkalis yang diusung oleh PKS, dan Eden dipilih menggantikan Suayatno.

Keberuntungan Eden tak hanya sampai disitu. Setelah sebelumnya bulan Januari tahun 2010 dilakukan rasionalisasi di DPRD Bengkalis pasca terbentuknya pemerintahan dan DPRD di kabupaten kepulauan Meranti, posisi ketua DPRD otomatis bergeser ke PKS. Sempat menuai pro kontra soal jabatan ketua DPRD yang kala itu dipegang Golkar, akhirnya pada bulan Agustus 2011 melalui sidang paripurna DPRD, mayoritas anggota dewan mempercayakan Eden menahkodai lembaga legislatif itu. Tidak heran apabila menyangkutpautkan kiprah PKS sebagai partai Islam dengan basis dakwah.

Di partai berbasis ideologi Islam dan Pancasila inilah Eden sejak usia muda tekun menggali ilmu, meski diawal perjalanan politiknya ia malah tidak suka dengan PKS. Tapi kesadaran yang mendatanginya seperti matahari yang menyinari bumi dan seluruh isi jagat raya.

Sempat diejek orang-orang disekitarnya karena sejak kecil sudah dikenal bandel, suka berkelahi dan nilai rapornya selalu merah setiap akhir semester, mendorong nuraninya untuk menghilangkan semua tabiat buruk yang melekat di dirinya. Motivasi dari orang-orang disekitarnya agar berada dijalur hidup yang benar dan Islami, termasuk mulai menekuni dunia dakwah dan politik sambil belajar menjadi seorang wirausahawan, diamalkan Eden dengan serius.

Peningkatan SDM

Setelah dipercaya mengetuai lembaga wakil rakyat tersebut, berbagai terobosan dilakukan Eden. Kemiskinan yang menimpa dirinya sejak lahir jangan sampai menjalar terhadap generasi muda yang sedang tumbuh di kabupaten petro dollar itu. Berbagai konsep pemberdayaan ekonomi-pun dituangkannya melalui program pelatihan sumber daya manusia (SDM) dengan sasaran kalangan muda.

Ia-pun merancang sebuah formula peningkatan SDM secara komprehensif. Ujian hidup yang pernah menghadangnya, menjadi dorongan kuat untuk menghadirkan program peningkatan SDM yang bermuara kepada lahirnya entrypreneurship (wirausaha) yang handal dikemudian hari.

"Melalui program pelatihan peningkatan SDM diberbagai bidang ini, saya mentargetkan beberapa tahun mendatang harus lahir 1000 orang pelaku usaha yang handal disektornya. Kemiskinan harus diberantas secara sistematis, melalui formula yang kongkrit bukan sekedar hayalan," tegas Jamal, yang sejak kecil hanya bercita-cita menjadi orang kaya.

Disinggung soal cita-citanya yang hanya menjadi orang kaya, ia menyebut bahwa dengan kekayaan yang dimiliki, kita akan bisa memberi kepada orang yang tidak mampu. Sebaliknya apabila kita sendiri terus berada dalam lembah kemiskinan, hanya akan menerima pemberian.

"Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Baik itu dari ilmu yang berguna, sedekah yang ikhlas serta hal-hal positif lainnya, seperti yang diajarkan dalam Al-Quran," ujarnya.

Suatu hari nanti ia bertekat seluruh generasi muda di Bengkalis dapat membangun kemandirian ekonomi, yang berujung pada peningkatan kesejahteraan hidup. Prinsip hidup yang begitu kuat pada diri Eden itulah yang mendorong dirinya membuat sebuah program peningkatan SDM, bagi kalangan kawula muda.

Berpisah Dengan Anak Istri

Hal lain yang menarik dalam kehidupan Eden adalah, ia harus berpisah dengan anak istrinya dalam menjalankan tugas sebagai pejabat publik. Berpisah disini bukan dalam konotasi negatif yaitu bercerai, tapi istrinya Suryana saat ini berprofesi sebagai guru di Pekanbaru. Sedangkan ia sendiri lebih banyak berdomisili di kota Terubuk Bengkalis, menjalankan aktifitas sebagai wakil rakyat sekaligus mengetuainya.

"Berpisah dengan anak-anak dan istri adalah hal yang cukup berat bagi saya. Tapi ini adalah konsekwensi dari pekerjaan saya sebagai pejabat publik di lembaga legislatif, meski disaat penat ada kerinduan mendengar tawa dan canda anak-anak," kata Eden dengan nada romantis.

Dukungan partai yang begitu solid padanya harus dijawab dengan kepercayaan serta loyalitas yang tinggi. Malahan ia sedih ketika aspirasi masyarakat tak dapat terakomodir, karena keterbatasan wewenangnya serta kekurangan dirinya selaku makhuk Allah SWT. Disaat seperti itulah, ia meminta petuah dari orang tuanya serta sang istri tercinta.

Sinergitas Pembangunan

Menyorot soal pembangunan yang dilaksanakan di Bengkalis sejak bergulirnya otonomi daerah, Jamal menyebut masih banyak kekurangan yang harus dibenahi. Pembenahan tersebut menjadi tanggungjawab bersama dengan melakukan sinergi antara pihak eksekutif, legislatif, masyarakat serta seluruh stake holder di Negeri Junjungan.

Dimatanya, pemerintahan Herliyan Saleh-Suayatno sudah mengapungkan visi misi lima tahun kedepan. Untuk itu ia mengajak seluruh lapisan masyarakat mendukung pilar-pilar pembangunan yang akan dilaksanakan pemerintahan sekarang ini. Kesalahan pembangunan di masa pemerintahan sebelumnya jangan sampai terulang kembali.

"Semua stake holder di Negeri Junjungan ini harus bersinergi mensukseskan program pembangunan daerah. Pembangunan yang dirancang kepala daerah sekarang ini harus bergerak kearah yang lebih dinamis dengan terbukanya lapangan pekerjaan serta peningkatan kesejahteraan pada masyarakat," ungkap pria berkulit putih bersih ini.

Terakhir, ia mengajak seluruh masyarakat Bengkalis membangun hubungan yang harmonis dalam mensukseskan agenda pembangunan. Tanpa itu, mustahil masyarakat Bengkalis akan sejahtera dan kemiskinan akan menghadang setiap jiwa-jiwa yang tidak siap berkompetisi di era globalisasi sekarang. (Alf/MrNetwork)


BIODATA

Nama Lengkap                   : Jamal Abdillah

Nama Panggilan                 : Eden

Tempat/Tgl Lahir                : Bengkalis, 8 Agustus 1985

Agama                               : Islam

Alamat                               : Jalan Antara Kota Bengkalis (Rumah Dinas)

Pandangan Politik              : Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Jabatan                             : ketua DPRD Bengkalis

Tokoh Idola                       : Anis Matta (Politisi PKS), Barrack Obama

Cita-Cita                           : "Ingin Menjadi Orang Kaya"

Motto Hidup                      : "Belajar, Berfikir dan Berbuat Setiap Waktu"

Riwayat Pekerjaan           :

-Asisten penanggung jawab PT.Kumala Melur (2003)

-Karyawan Apotik Sumber Tenaga Bengkalis (2007)

-Pembina Pramuka di MTsN Bengkalis (2008)

-Anggota DPRD Bengkalis (2009-2014)


PENGALAMAN ORGANISASI

-Pratama Gudep Pramuka MTsN Bengkalis (1999)

-Ketua Palang Merah Remaja (PMR) Pekanbaru (2002)

-Ketua LDK STAI Bengkalis (2007)

-Ketua DPC PKS Kecamatan Bengkalis (2005)

-Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PKS (2010)

PENDIDIKAN

SDN 056 Kelapapati Bengkalis

MTsN Bengkalis

Sekolah Menengah Farmasi (SMF) Ikasari Pekanbaru

Diploma Dua (d2) STAI Bengkalis

Sedang Kuliah S1 di STIE Bengkalis

Istri                   : Suryana

Pekerjaan         : Guru

Orang Tua        : Abu Zakir (ayah)

                            Yustina (ibu)

 
Galeri Foto
Galeri Foto
Lantik Nanang Harianto, Indra Gunawan : Jabatan Merupakan Amanah
Galeri Foto
Dilantik Sebagai Ketua DPRD Bengkalis, Ini Harapan Abdul Kadir

+ INDEX BERITA

16:18 - Passing Grade Terlalu Ting...
16:34 - Terkait Rasionalisasi Angg...
15:06 - Soal WTP untuk Bengkalis, ...
20:44 - Berkah Ramadan, Ketua DPR...
16:45 - Abdul Kadir Bagi Sembako G...
17:04 - Dihadiri Ketua DPRD Bengka...
13:56 - TPP Cair 4 Bulan, BPKAD Be...
15:19 - Ungkap Sabu Senilai Rp 70 ...
11:24 - Nasib Dusun Bandar Sari, G...
23:16 - Reses di Pambang Pesisir, ...
12:55 - Pemberdayaan Ekonomi Masya...
18:32 - Rumah Dinas Ketua DPRD Ben...
23:39 - Ranperda Zakat Infak dan S...
19:42 - Komisi I Kunker ke Depdagr...
16:44 - Komisi II : Pelabuhan Haru...
16:27 - Sidang Paripurna, DPRD Be...
15:19 - Komisi III : Pembayaran Hu...
15:43 - Ketua DPRD : Birokrasi Ber...
11:32 - Dewan Minta PT.BLJ Kemban...
11:18 - Komisi C DPRD Bengkalis se...
 
Eksekutif : Pemprov RiauPekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2016 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved